x

Sancho dan Rashford dalam Bahaya! Bedah Kualitas Buruan Anyar Man United, Cody Gakpo

Rabu, 10 Agustus 2022 21:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

INDOSPORT.COM – Mengupas kualitas Cody Gakpo, winger PSV Eindhoven yang diburu Manchester United di bursa transfer musim panas ini.

Nama Cody Gakpo muncul ke daftar belanja Manchester United yang tengah membutuhkan tambahan di lini serangnya.

Baca Juga

Sebelum menyasar ke nama winger berusia 23 tahun itu, Man United sejatinya dirumorkan akan mengget Marko Arnautovic.

Man United disebut-sebut telah melayangkan tawaran ke Arnautovic itu. Namun tawaran yang diberikan mendapat penolakan dari Bologna selaku pemiliknya.

Disebutkan Man United bakal memberikan penawaran baru. Namun sebelum tawaran baru diberikan, Setan Merah lantas menarik diri.

Baca Juga

Alhasil, Man United kini mencari alternatif lain, di mana nama Cody Gakpo pun muncul sebagai salah satu targetnya di sisa bursa transfer musim panas ini.

Man United merasa Cody Gakpo akan menjadi pilihan tepat dan muda, mengingat usianya yang masih muda dan kemampuannya yang apik.

Selain itu, Cody Gakpo diketahui berada di bawah payung agen yang sama dengan pelatih Man United saat ini, Erik ten Hag.

Baca Juga

Dengan ketertarikan Man United ini, akankah Cody Gakpo menjadi opsi yang tepat untuk mengatasi krisis di lini serang Setan Merah?

Untuk menjawabnya, perlu adanya bedah kualitas pemain berkebangsaan Belanda itu. Seperti apa kualitas dan perbandingannya dengan para penyerang Man United lainnya?


1. Winger Tajam

Cody Gakpo

Nama Cody Gakpo melonjak ke permukaan usai tampil apik bagi PSV Eindhoven sepanjang musim 2021/22 lalu, baik di Eredivisie Belanda maupun di berbagai ajang.

Di musim lalu, Cody Gakpo mampu mencetak 12 gol dan 12 assist dari 27 penampilan bagi PSV Eindhoven di Eredivisie Belanda musim lalu.

Catatan itu pun semakin dipercantik dengan catatan di ajang lainnya, seperti Liga Europa 2021/22, di mana ia mampu mencetak 2 gol dan 4 penampilan.

Baca Juga

Bahkan di musim ini yang baru berjalan beberapa pekan, Cody Gakpo mampu meneruskan kiprahnya dengan mencetak 2 gol dari 1 pertandingan di Eredivisie Belanda 2022/23.

Catatan-catatan ini cukup untuk menunjukkan bahwa Cody Gakpo adalah sosok penyerang yang punya naluri gol tinggi.

Hebatnya, gol-gol yang diciptakannya itu dibuat saat dirinya bermain sebagai winger atau posisi penyerang sayap dalam formasi 4-3-3 maupun 4-2-3-1.

Baca Juga

Dengan kata lain, Cody Gakpo merupakan winger tajam yang bisa bertindak sebagai Inside Forward dalam sepak bola modern saat ini.

Namun apakah catatan gol dan kemampuannya memerankan Inside Forward dibutuhkan oleh Manchester United dan Erik ten Hag?

Apalagi Cody Gakpo berposisi sebagai Winger, di mana Man United masih memiliki nama-nama seperti Marcus Rashford dan Jadon Sancho.

Baca Juga

Akankah Cody Gakpo bisa menggusur posisi Jadon Sancho dan Marcus Rashford di posisi winger kiri Man United?

Untuk menjawabnya, perlu ada bedah kualitas antara ketiga pemain itu. Bagaimana hasilnya?


2. Cody Gakpo Lebih Unggul

Pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

Dilansir dari Matrix Squawka, ternyata Cody Gakpo unggul dalam hal menyerang bila dibandingkan Jadon Sancho maupun Marcus Rashford.

Sebagai winger kiri, ketiga pemain ini akan dibandingkan dengan beberapa poin seperti gol, assist, tembakan dan Take-ons atau caranya melewati lawan.

Melihat dari jumlah gol sepanjang musim lalu, jelas Cody Gakpo lebih unggul dengan rataan 0,6 gol per 90 menit. Unggul atas Sancho yang mencetak 0,2 gol per 90 menit dan Rashford dengan 0,3 gol per 90 menit.

Baca Juga

Pun perihal assist. Cody Gakpo mampu mencetak 0,7 assist per 90 menit, unggul atas Sancho dan Rashford yang sama-sama membuat 0,2 assist.

Dalam hal membuat peluang, Cody Gakpo kembali unggul, di mana ia rata-rata membuat 3,4 peluang per 90 menit, unggul atas Sancho dengan 2 peluang per 90 menit dan Rashford 0,7 peluang per 90 menit.

Soal urusan Take-ons, Sancho dan Rashford yang dicap jago dribel ternyata masih kalah dari Cody Gakpo yang membuat 3,7 kali Take-ons per 90 menit.

Baca Juga

Hanya saja, kelemahan Cody Gakpo terdapat pada kekurangannya terlibat dalam permainan tim, di mana ia rata-rata melepaskan 30,9 operan per 90 menit dengan akurasi hanya 77,18 persen.

Catatan itu masih kalah dari Sancho yang membuat rata-rata 44,3 operan per 90 menit dan akurasi mencapai 85,3 persen.

Meski punya kekurangan soal terlibat dalam permainan tim, Cody Gakpo akan menjadi pilihan yang tepat jika Ten Hag dan Man United tak memainkan penyerang nomor 9 murni.

Sebab, kemampuannya mengeksploitasi ruang dari sisi kiri lapangan dan kemampuan finishingnya akan memberika keuntungan dalam sistem serangan Man United.

Bursa TransferManchester UnitedPSV EindhovenIn Depth SportsMarcus RashfordJadon SanchoOne FootballCody Gakpo

Berita Terkini