x

3 Gelar Luar Biasa yang Siap Digondol Timnas Indonesia di Final Piala AFF U-16 2022

Kamis, 11 Agustus 2022 13:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Setidaknya tiga gelar/predikat bergengsi bakal dikantongi Timnas Indonesia jika berhasil menang di final Piala AFF U-16 2022.

Seperti diketahui, turnamen sepak bola Asia Tenggara untuk level U-16 yang digelar di Yogyakarta sejak akhir Juli lalu ini telah memasuki fase-fase akhir.

Baca Juga

Kemarin, Rabu (10/08/22) malam WIB, Timnas Indonesia U-16 memastikan tiket final berada dalam genggaman usai mengalahkan Myanmar lewat drama adu penalti.

Piala AFF U-16 2022 memang tidak memberlakukan perpanjangan waktu ketika dua tim di putaran gugur memiliki skor yang sama di akhir waktu normal.

Alih-alih memperpanjang permainan dengan tambahan waktu, laga langsung beranjak ke adu penalti, seperti yang terjadi di partai Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar semalam.

Baca Juga

Sempat tertinggal duluan oleh gol Nay Min Htet, Garuda Asia berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol Rizki Afrisal.

Saat adu penalti, Andika Fathir Rachman keluar sebagai pahlawan dengan menggagalkan penendang keempat Myanmar.

Sementara itu, eksekutor terakhir Garuda Asia, Nabil Asyura, melakukan tugasnya dengan baik dan memastikan ia dan tim menginjakkan kaki di partai puncak.

Baca Juga

Nantinya, Timnas Indonesia U-16 akan berjumpa Vietnam yang baru saja menghempaskan Thailand di semifinal.

Jadwal final Piala AFF U-16 antara Vietnam vs Indonesia begitu pula perebutan tempat ketiga bakal berlangsung pada Jumat (12/08/22).


1. Siap Sabet Gelar-Gelar Ini

Para pemain dan pelatih Timnas Indonesia U-16 ber-selfie merayakan keberhasilan lolos final Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Gelar Juara

Satu hal yang pasti, Timnas Indonesia akan menggondol gelar juara Piala AFF U-16 2022 apabila bisa menang di partai final melawan Vietnam besok.

Kans Garuda Asia untuk memenangkan pertandingan ini pun terbuka lebar. Selain memiliki kualitas tim yang mumpuni, mereka juga akan bermain di kandang sendiri.

Baca Juga

Mendapat dukungan penuh dari para suporter setia Timnas tentu penambah semangat tersendiri bagi anak-anak asuh Bima Sakti.

Jika berhasil tampil sebagai juara di Piala AFF U-16 2022, Indonesia akan mengulang kesuksesan pada edisi 2018 lalu.
Saat itu, Indonesia menaklukkan Thailand di final lewat adu penalti 4-3 setelah laga berakhir imbang 1-1 pada waktu normal.

Kemanangan di edisi 2022 ini akan menambah catatan Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 menjadi dua kali sepanjang sejarah.

Baca Juga

Begitu pula jika kalah, 2022 bakal jadi gelar runner-up kedua mereka setelah gelaran edisi 2013 silam, saat tim masih diperkuat oleh Asnawi Mangkualam dkk.

Timnas Vietnam di final Piala AFF U-16 2022, kemungkinan bakal kehilangan dua pemain saat nanti berhadapan dengan Indonesia.

Mereka adalah Pham Dinh Hai yang mengalami cedera, dan Hoang Cong Hau yang diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Thailand di semifinal kemarin.

Baca Juga

Jelang final, sebelumnya Timnas Indonesia dan Vietnam sudah berjumpa di putaran grup Piala AFF U-16.

Garuda Asia lolos ke semifinal sebagai pemuncak klasemen Grup A, sedangkan Vietnam adalah penyandang gelar runner-up terbaik.

 

2. Gelar-Gelar Lainnya

Para pemain dan pelatih Timnas Indonesia U-16 ber-selfie merayakan keberhasilan lolos final Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Top Skor

Selain berpotensi meraih gelar juara untuk kedua kalinya di Piala AFF U-16, Timnas Indonesia di edisi kali ini juga bisa mencatatkan satu wakilnya di puncak top skor kompetisi.

Adalah Nabil Asyura, yang beberapa waktu lalu melejit di daftar top skor setelah mencetak hattrick di pertandingan kontra Singapura.

Baca Juga

Setelah itu, ia menambah raihan golnya menjadi 4 di laga pamungkas Timnas Indonesia di Grup A, yakni melawan Vietnam pada 6 Agustus 2022.

Jumlah gol Nabil Asyura tersebut sejauh ini masih yang tertinggi dari rekan-rekannya di skuat Garuda Asia.

Dengan melajunya Timnas Indonesia U-16 ke final, pemain asal Sumatra Barat tersebut berpotensi finis sebagai top skor kompetisi.

Baca Juga

Hanya saja, sejauh ini 4 golnya tersebut masih sama kuat dengan pemain Timnas Vietnam U-16, Phan Thanh Duc Thien.

Selain itu, para pemain nonfinalis yang telah mencatatkan 4 gol adalah Sayfon Keohanam, Thanousack Nanthavongdouansy (Laos); Tontawan Puntamunee (Thailand); dan Alexandro Lemos (Timor-Leste).

Tim Tersubur

Memasuki final, Timnas Indonesia tercatat sebagai tim tersubur di Piala AFF U-16 2022. Kini mereka sudah mengumpulkan 14 gol yang membentang sejak putaran Grup A hingga semifinal.

Baca Juga

Pesaing terdekat Indonesia adalah sang calon lawan di final, Vietnam. Para pemain muda The Golden Star Warriors sejauh ini telah membukukan 13 gol.

Jadi, apabila tampil produktif sekaligus berhasil memenangkan pertandingan final, Timnas Indonesia U-16 dipastikan akan menggondol gelar juara sekaligus tim tersubur di Piala AFF U-16 2022.

VietnamTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini