x

3 Klub Liga 1 yang Berpotensi Jadi Pelabuhan Baru Robert Rene Alberts Usai Didepak Persib

Jumat, 12 Agustus 2022 14:02 WIB
Editor: Juni Adi
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Robert Rene Alberts saat ini tengah menganggur usai didepak oleh Persib Bandung karena performa tim buruk di Liga 1 musim ini. Kemana dia akan berlabuh?

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2022/23, telah memakan 'korban' untuk posisi pelatih.

Baca Juga

Robert Rene Alberts jadi juru taktik pertama yang harus meletakan jabatannya dari kursi pelatih Persib Bandung.

Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh klub melalui laman resminya, jelang pekan keempat Liga 1, Rabu (10/08/22) lalu.

Selain itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menegaskan kepastian tersebut kepada Bobotoh yang menggelar aksi di depan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

Baca Juga

Menurut Umuh, pada pertandingan pekan keempat menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (13/08/22), Robert Alberts dipastikan tidak lagi mendampingi tim.

"Sekarang Rene (Robert) sudah tidak ada lagi di Persib, pada saat lawan Semarang (PSIS), sudah tidak lagi bersama kita," kata Umuh di hadapan aksi ribuan Bobotoh di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (10/08/22).

Sebagai informasi, ribuan Bobotoh menggelar aksi di Graha Persib, mereka tidak hanya berasal dari Bandung saja.

Baca Juga

Namun dari beberapa daerah di Jawa Barat, DKI, Banten dan Jawa Tengah rencananya bakal ikut demo di Graha Persib.

Sebelumnya, Bobotoh berkumpul dulu di GOR Saparua, Kota Bandung dan menggelar aksi sekitar pukul 12.00 WIB.

Pada aksi tersebut Bobotoh menyampaikan dua tuntutan yang disampaikan kepada manajemen, yakni Robert Rene Alberts Out dan perbaikan sistem tiketing.

Bobotoh sengaja menggelar aksi, karena tidak puas dengan hasil yang diraih Persib pada tiga pertandingan awal Liga 1.

Persib ditahan imbang 2-2 oleh Bhayangkara FC di pekan pertama, lalu tunduk dari Madura United 1-3 di pekan kedua, dan digulung Borneo FC 4-1 di pekan ketiga.

Lantas kemana Robert Rene Alberts melanjutkan karier kepelatihannya di Indonesia? ada tiga tim Liga 1 yang saat ini bisa ia tangani.


1. Persik Kediri

Pemain Persik Kediri, Bagas Satrio

Sama seperti Persib Bandung, Persik Kediri menjadi salah satu tim yang harus mengawali kompetisi musim ini sangat buruk.

Dari tiga pertandingan, mereka belum sekalipun mampu meraih kemenangan. Di pekan pertama, Persik ditumbangkan oleh Persita Tangerang 2-0.

Baca Juga

Kemudian di pekan kedua, mereka sukses menahan imbang 1-1 Bhayangkara FC. Sayang hasil positif itu gagaol jadi momentum kebangkitan Macan Putih di pekan berikut.

Di pekan ketiga, Persik kembali kalah dari Madura United 0-1. Alhasil mereka saat ini terjerembab di zona degradasi menempati posisi ke-16 dengan satu poin.

Javier Roca menjadi sosok yang paling disorot atas performa negatif tim asuhannya di awal musim ini.

Baca Juga

Bahkan baru-baru ini ada rumor kalau Javier Roca sudah memutuskan untuk mundur. Hal itu terindikasi dari absennya pria asal Chile ini saat konferensi pers jelang  melawan Borneo FC, Jumat (12/08/22).

Dalam sesi tersebut diwakili oleh asisten pelatih, Johan Prasetyo. Hingga saat ini manajemen belum memberi penjelasan terkait kabar mundurnya Javier Roca ini.

Baca Juga

Jika benar, Persik bisa mempertimbangkan untuk merekrut Robert Rene Alberts.

Pengalamannya sebagai pelatih di Liga Indonesia sudah tidak perlu diragukan, karena ia pernah beberapa kali menorehkan prestasi di sejumlah klub.


2. Persis Solo

Pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Jacksen F Tiago (Prabowo/INDOSPORT)

Selanjutya ada Persis Solo. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu bisa mempertimbangkan untuk merekrut Robert Rene Albert sebagai pelatih menggantikan Jacksen F. Tiago.

Saat ini nasib Jacksen F Tiago sendiri tengah berada di ujung tanduk, menyusul hasil negatif tim di awal Liga 1 musim ini.

Baca Juga

Dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan, Persis belum sekalipun meraih kemenangan. 

Mereka kalah dari Dewa United 2-3, kalah dari Persija 1-2, dan kalah dari Persikabo 0-2. Alhasil Persis saat ini tenggelam di dasar klasemen tanpa satupun poin.

Atas hasil buruk, masa depan Jacksen F Tiago sebagai pelatih Persis tengah tergoyang. Ia bahkan menyatakan siap jika dipecat sewaktu-waktu oleh menejemen.

Baca Juga

Jacksen pun sadar dengan banyaknya tekanan yang mengarah kepada dirinya. Ia pun siap jika diganti dengan pelatih lain oleh manajemen Persis Solo.

"Kalau hari ini saya dapat kabar ini pertandingan terakhir saya harus berjiwa besar," kata Jacksen dalam sesi konferensi pers selepas pertandingan di Stadion Pakansari Bogor.


3. Rans Nusantara FC

Pelatih Rans, Rahmad Darmawan dan Adi Setiawan. Foto: Rans Nusantara FC

Terakhir ada klub promosi lain yang juga harus mengalami start buruk di Liga 1 yakni Rans Nusantara FC. Dari tiga pertandingan, mereka baru mengumpulkan dua poin.

Dua poin itu didapat dari dua kali hasil imbang dan sudah satu kali menelan kekalahan.

Baca Juga

Rans Nusantara pun saat ini bercokol di peringkat ke-14 di papan klasemen Liga 1 dengan dua poin.

Rahmad Darmawan tentu jadi orang yang disorot karena ia adalah sang pelatihnya. Bukan tidak mungkin ia akan kehilangan jabatannya jika tak bisa memberikan hasil positif.

Baca Juga

Padahal Rahmad Darmawan adalah salah satu pelatih senior di Liga 1 yang rekam jejaknya sudah teruji. Sayang, ia belum mampu mengangkat performa tim milik artis Raffi Ahmad itu.

Merekrut Robert Rene Alberts bisa segera dipertimbangkan oleh manajemen, agar tim tak terlalu panjang menelan hasil negatifnya di Liga 1.

Persib BandungPersik KediriRans Nusantara FCPersis SoloRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini