x

Daftar Penghargaan Piala AFF U-16 2022: Kapten Timnas Indonesia Jadi Pemain Terbaik

Jumat, 12 Agustus 2022 23:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Daftar penghargaan individu usai partai final Piala AFF U-16 2022, di mana kapten Timnas Indonesia berhasil sabet gelar pemain terbaik pada ajang ini.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan penghargaan individu usai partai final Piala AFF U-16 2022, di mana kapten Timnas Indonesia berhasil sabet gelar pemain terbaik pada ajang ini.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 sukses angkat trofi Piala AFF U-16 2022 dalam partai final kontra Vietnam yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Jumat (12/08/22) malam WIB.

Baca Juga

Sejak awal pertandingan final Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia langsung memberikan tekanan kepada Vietnam.

Pada menit ke-12, Timnas Indonesia, membuka peluang tapi sayang tendangan yang dilakukan masih terlalu lemah.

Vietnam pun bukannya tanpa peluang. Sesekali The Golden Stars melancarkan serangan balik dan menciptakan peluang.

Baca Juga

Hanya berselang satu menit, Vietnam langsung melakukan serangan dan membuat situasi menjadi berbahaya bagi Timnas Indonesia U-16.

Terus jual beli serangan, Timnas Indonesia akhirnya berhasil membuka skor pada injury time babak pertama lewat sontekan Muhammad Kafiatur.

Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga babak pertama berakhir. Pada babak kedua, Vietnam tampil lebih agresif dan lebih sering menekan pertahanan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Akan tetapi, rapatnya lini belakang serta tangguhnya pemain bertahan skuat Garuda Asia membuat Vietnam gagal menyamakan kedudukan hingga 90 menit laga berjalan.

Timnas Indonesia U-16 pun sukses mempertahankan skor 1-0 dan berhasil memastikan gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Tak hanya meraih gelar juara, pada daftar penghargaan individu pun Timnas Indonesia sukses amankan satu tempat yang diraih sang kapten, Muhammad Iqbal Gwijangge.


1. Penghargaan Individu Piala AFF U-16 2022

Kapten Timnas U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge

Selepas final Piala AFF U-16 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, pihak penyelenggara mengumumkan daftar penghargaan individu untuk para pemain.

Dimulai dari kiper terbaik, yang kali ini jatuh kepada pemain Timnas Thailand yakni Tissanu Khuptanawin.

Baca Juga

Pemain Thailand ini memang tampil cukup impresif sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2022. Meski gagal membawa timnya lolos ke final, namun Tissanu Khuptanawin sukses catatkan tiga kali clean sheets.

Tak hanya gelar kiper terbaik, Timnas Thailand juga menyabet satu penghargaan individu lain di Piala AFF U-16 2022 kali ini, yakni pencetak gol terbanyak alias top skor.

Penyerang Tontawan Puntamunee, berhasil menjadi striker tersubur dengan torehan 4 gol. Sejatinya jumlah tersebut sama dengan milik bintang Timnas Indonesia, Nabil Asyura.

Baca Juga

Akan tetapi, Tontawan Puntamunee berhak mendapat gelar sepatu emas Piala AFF U-16 2022 lantaran memiliki menit bermain dan jumlah assists lebih banyak, serta tampil tajam hingga pertandingan terakhir di perebutan tempat ketiga.

Timnas Indonesia sendiri meraih satu gelar individu pada gelaran Piala AFF U-16 2022, yakni Most Valuable Player alias pemain terbaik sepanjang turnamen.

Gelar ini dimenangkan sang kapten skuat Garuda Asia, Muhammad Iqbal Gwijangge yang memang tampil tenang dan spartan sejak babak penyisihan grup.

Baca Juga

Berkat kepiawaiannya menjaga lini pertahanan, membuat Timnas Indonesia hanya kebobolan satu gol di fase grup dan membawa timnas ke semifinal dengan status juara grup.

Sementara di fase knockout, Muhammad Iqbal Gwijangge juga sukses membantu Timnas Indonesia U-16 melangkah ke partai final dan menjadi juara usai mengalahkan Vietnam.


2. Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Netizen: Kado Kemerdekaan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

Timnas Indonesia U-16 sukses menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Timnas Vietnam U-16 di partai puncak. Netizen pun turut berkomentar.

Kebanyakan warganet mengaitkan kemenangan Garuda Muda dengan kado kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti sendiri mampu memenangi turnamen kelompok umur Piala AFF -16 2022.

Bertanding dengan Timnas Vietnam U-16 di partai final, Muhammad Iqbal Gwijangge dan kolega menang dengan skor akhir 1-0.

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Netizen: Kado Kemerdekaan

VietnamTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Bola InternasionalPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini