x

Piala AFF U-16: Psywar Makin Panas! Media Vietnam Sindir Tangisan Timnas di Fase Grup

Jumat, 12 Agustus 2022 09:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Jelang final Piala AFF U-16 2022 antara Timnas Indonesia kontra Vietnam, media rival beri psywar dan sindir soal aksi tangisan skuat Garuda di penyisihan grup.

INDOSPORT.COM – Jelang final Piala AFF U-16 2022 yang mempertemukan Timnas Indonesia U-16 kontra Vietnam, media rival berikan psywar dan sindir soal aksi tangisan skuat Garuda di penyisihan grup.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 kembali bakal bersua Vietnam di partai final Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/08/22) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-16 sukses menembus partai final setelah mereka mengalahkan Myanmar dengan skor 5-4 di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Saat itu pasukan Bima Sakti sempat tertinggal lebih dulu. Myanmar mencetak gol pembuka pada menit ke-44 lewat Nay Min Htet dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Beruntung, di babak kedua Garuda Asia mampu bangkit dan mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-69 lewat tembakan bebas dari Riski Afrisal.

Baca Juga

Tidak ada babak perpanjangan waktu dan pertandingan langsung dilanjutkan lewat drama adu penalti. Dewi Fortuna berpihak kepada skuat Garuda Asia karena memenangkan laga dengan skor 5-4.

Sementara Vietnam berhasil mengalahkan Thailand di semifinal dengan skor 2-0 untuk memastikan satu tiket ke partai puncak Piala AFF U-16 kali ini.

Vietnam dan Timnas Indonesia U-16 sejatinya sudah pernah bertemu di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga

Saat itu, skuat Garuda Asia sukses mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 2-1 sekaligus melakukan epic comeback fantastis di babak kedua.

Jelang pertemuan kedua di Piala AFF U-16 2022, salah satu media asal Vietnam tampaknya sudah berikan psywar kepada Timnas Indonesia U-16 dengan menyindir aksi saat laga penyisihan Grup A kemarin.


1. Tangisan Skuat Timnas Indonesia Jadi Sorotan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

Melansir dari laman Soha, disebutkan bahwa Timnas Indonesia terlihat begitu bahagia setelah berhasil mengalahkan Vietnam di penyisihan grup, bahkan skuat Garuda Asia sampai menangis di akhir laga.

Aksi haru Timnas Indonesia ini rupanya jadi sorotan media Vietnam, di mana mereka seolah membandingkan antusiasme pemain Timnas saat berhasil mengalahkan Vietnam dengan Myanmar di semifinal kemarin.

Baca Juga

“Jelang melawan Vietnam di final, seluruh personel Timnas Indonesia U-16 kembali menangis,” tulis laman Soha dalam judulnya.

Laman Soha berpendapat, bahwa kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Vietnam di penyisihan grup jauh lebih berharga ketimbang kemenangan atas Myanmar di semifinal.

Terbukti, saat berhasil mengalahkan Myanmar tidak ada satupun penggawa Timnas Indonesia yang merasa haru hingga menangis.

Baca Juga

“Perasaan bahagianya mungkin tidak sehebat saat menang 2-1 atas Vietnam di fase grup,”

“Saat itu, banyak pemain Timnas Indonesia U-16 yang langsung ambruk di lapangan dan menangis terisak-isak, tepat setelah peluit akhir berbunyi,” tulis Soha di ulasannya.

Tak hanya jelang pertandingan final Piala AFF U-16 saja laman Soha menyindir aksi Timnas Indonesia, bahkan setelah laga melawan Vietnam pun skuat Garuda Asia mendapat psywar cukup keras.

Baca Juga

Dalam ulasannya pada Minggu 7 Agustus 2022 lalu, laman Soha menyebut Timnas Indonesia menangis seperti hujan setelah kemenangan atas Vietnam U-16.


2. Media Vietnam Juga Ejek PSSI

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar U-16 semifinal Piala AFF U-16, Rabu (10/08/22).

Menyongsong final Piala AFF U-16 2022, Media Vietnam coba menerapkan perang pemikiran dengan kembali mengungkit niatan PSSI untuk meninggalkan AFF dan pindah ke EAFF yang akhirnya batal dilaksanakan.

Mereka menyebut jika federasi sepak bola Indonesia tersebut plin plan dalam pengambilan keputusan dan akhirnya bertahan hanya karena alasan yang konyol.

Baca Juga

Salah satu media Vietnam yang mengkritisi langkah PSSI adalah Soha. Komentar dari sekjen Yunus Nusi soal alasan Timnas Indonesia tidak jadi pindah ke EAFF karena nantinya sepi tontonan bagi publik negerinya.

EAFF yang merupakan federasi wilayah Asia Timur tidak banyak memiliki agenda turnamen baik itu untuk level senior maupun kelompok umur.

Sangat berbeda dengan AFF di Asia Tenggara. Selain menggelar Piala AFF tiap dua tahun sekali, mereka juga rajin menggelar ajang usia muda hingga U-15 dan berlaku juga untuk sepak bola putri.

Baca selengkapnya: Jelang Final Piala AFF U-16, Media Vietnam Ejek PSSI

VietnamTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini