x

Piala AFF U-16: Kans Balas Dendam! Media Vietnam Sebut Jumpa Timnas Indonesia adalah Final Ideal

Kamis, 11 Agustus 2022 19:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Bertemunya kembali Timnas Indonesia dan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022 diklaim Soha sebagai skenario terbaik untuk mengakhiri turnamen.

INDOSPORT.COM - Setelah sempat bersua di babak grup, Timnas Indonesia U-16 akhirnya dipastikan harus menghadapi Vietnam lagi di final Piala AFF U-16 2022.

Banyak yang menganggap jika partai tersebut layak jadi penentuan gelar juara bahkan media Negeri Kopi pun berpendapat demikian.

Baca Juga

Salah satu media Vietnam, Soha, mengklaim jika duel Garuda Muda vs The Golden Star Warriors pantas disebut sebagai final impian.

Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam memang menunjukkan performa apik sepanjang turnamen sehingga layak bereuni pada babak puncak.

Baca Juga

Vietnam lebih dulu memastikan kelolosan usai menggulung favorit juara lainnya, Thailand, dengan skor 2-0 di semifinal.

Sedangkan Timnas Indonesia harus sedikit bersusah payah untuk menyingkirkan Myanmar via adu penalti usai skor imbang 1-1 bertahan hingga habis 90 menit.

Baca Juga

"Menang terengah-engah lewat penalti, Indonesia U-16 bertemu kembali dengan Vietnam U-16 di final ideal," tulis Soha dalam artikel mereka edisi Rabu (10/08/22).

"Stadion Maguwoharjo Sleman, seperti biasa, menunjukkan atmosfer menggelegar dan saat menjamu Myanmar di semifinal namun jelang babak pertama usai Indonesia secara tidak terduga malah tertinggal lebih dulu,"


1. 2 Tim Terbaik

Piala AFF U-16.

"Indonesia baru bisa membalas pada menit ke-69 lewat tendangan bebas berkelas Muhammad Afrizal. Penalti pun dilakukan untuk menentukan pemenang. Kapten Myanmar harus melihat eksekusinya mudah digagalkan dan Indonesia pun menang 5-4,"

"Dengan demikian Indonesia U-16 kembali akan berhadapan dengan Vietnam U-16. Ini adalah pertandingan yang pantas untuk final Piala AFF U-16 2022," sambung Soha lagi.

Baca Juga

Sama-sama berasal dari Grup A, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama melewati jalur penuh drama untuk melaju ke babak puncak.

Sistem turnamen yang berisikan tiga kumpulan membuat salah satu dari kedua negara terancam absen dari fase gugur.

Baca Juga

Dengan Timnas Indonesia lolos sebagai juara grup, Vietnam harus bersaing 'melawan' Laos dan Malaysia demi predikat runner-up terbaik.

Hanya ada satu poin yang memisahkan Vietnam dan Laos yang punya produktivitas lebih baik dalam urusan gol.

Baca Juga

Iklim dan sistem sepak bola yang sedikit lebih baik dan pengalaman juara yang lebih banyak mungkin akan membuat Vietnam diunggulkan pada duel di Jumat (12/08/22) nanti.

Hanya saja status tuan rumah dan motivasi tinggi usai sudah pernah menang 2-1 pada babak grup bisa menjadi modal besar Timnas Indonesia untuk sekali lagi menjuarai Piala AFF U-16 yang terakhir mereka gondol empat tahun lalu.


2. Media Vietnam Sindir PSSI Soal Gabung EAFF

Para pemain Vietnam merayakan gol ke gawang Thailand. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Menyongsong final Piala AFF U-16 2022, Media Vietnam coba menerapkan perang pemikiran dengan kembali mengungkit niatan PSSI untuk meninggalkan AFF dan pindah ke EAFF yang akhirnya batal dilaksanakan.

Mereka menyebut jika federasi sepak bola Indonesia tersebut plin plan dalam pengambilan keputusan dan akhirnya bertahan hanya karena alasan yang konyol.

Salah satu media Vietnam yang mengkritisi langkah PSSI adalah Soha. Komentar dari sekjen Yunus Nusi soal alasan Timnas Indonesia tidak jadi pindah ke EAFF karena nantinya sepi tontonan bagi publik negerinya.

EAFF yang merupakan federasi wilayah Asia Timur tidak banyak memiliki agenda turnamen baik itu untuk level senior maupun kelompok umur.

Sangat berbeda dengan AFF di Asia Tenggara. Selain menggelar Piala AFF tiap dua tahun sekali, mereka juga rajin menggelar ajang usia muda hingga U-15 dan berlaku juga untuk sepak bola putri.

Baca selengkapnya:  Mulai Tebar Psywar Jelang Final Piala AFF U-16 vs Timnas Indonesia, Media Vietnam Ejek PSSI!

VietnamTimnas Indonesia U-16Bola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini