x

Bakal Gabung Persib, Ini 3 Bintang Timnas Korea yang Pernah Rasakan Tangan Dingin Do-hoon Kim

Senin, 15 Agustus 2022 21:14 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bintang Timnas Korea Selatan yang pernah rasakan tangan dingin Do-hoon Kim, pelatih asing calon pengganti Rene Alberts di Persib dalam gelaran Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga bintang Timnas Korea Selatan yang pernah rasakan tangan dingin Do-hoon Kim, pelatih asing calon pengganti Rene Alberts di Persib dalam gelaran Liga 1 Indonesia.

Seperti diketahui, Robert Rene Alberts merupakan juru taktik pertama yang jadi korban keganasan kompetisi Liga 1 musim ini usai dipecat dari Persib Bandung.

Baca Juga

Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh klub melalui laman resminya, jelang pekan keempat Liga 1, Rabu (10/08/22) lalu.

Selain itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menegaskan kepastian tersebut kepada Bobotoh yang menggelar aksi di depan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

"Sekarang Rene (Robert) sudah tidak ada lagi di Persib, pada saat lawan Semarang (PSIS), sudah tidak lagi bersama kita," kata Umuh di hadapan aksi ribuan Bobotoh di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (10/08/22).

Baca Juga

Sepanjang tiga pekan awal Liga 1 di era kepelatihan Robert Rene Alberts, penampilan Persib memang terbilang cukup buruk.

Dari tiga laga, Persib tak sekalipun catatkan kemenangan bahkan telan dua kekalahan beruntun atas Borneo FC dan Madura United.

Usai ditinggal Rene Alberts, sejumlah nama pelatih masuk dalam radar bidikan Persib Bandung, salah satunya adalah Kim Do-hoon, sang juru latih asal Korea Selatan.

Baca Juga

Peluang Persib untuk menggaet Kim Do-hoon terbilang cukup besar, lantaran sang pelatih saat ini berstatus bebas transfer usai tak memperpanjang kontrak bersama klub Singapura, Lion City Sailors.

Selama berkarier, Kim Do-hoon punya pengalaman melatih bersama pemain-pemain top Korea Selatan cukup banyak. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan bintang Timnas Korea Selatan.

Lantas siapa sajakah pemain tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Min-soo Kang

Persib Bandung vs PSIS Semarang di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (13/08/22).

Nama pertama adalah Min-soo Kang. Pemain berusia 36 tahun tersebut pernah jadi salah satu pilar penting buat Kim Do-hoon di klub Ulsan Hyundai.

Tercatat, ada 98 pertandingan yang dicatatkan Min-soo Kang bersama Kim Do-Hoon dengan torehan 4 gol serta dua assists di semua kompetisi.

Baca Juga

Di level timnas, Min-soo Kang pernah tampil untuk sejumlah kelompok umur Korea Selatan mulai dari Timnas Olympic, Timnas U-23 hingga Timnas Korea Selatan senior.

Sejak debut pada 2 Juni 2007 silam, Min-soo Kang sudah bermain dalam 33 pertandingan buat Timnas Korea Selatan senior.

Berposisi sebagai bek, Min-soo Kang pernah tampil di ajang Piala Dunia bersama Korea Selatan pada tahun 2010 lalu.

Baca Juga

Chang-soo Kim
Berikutnya adalah Chang-soo Kim. Wingback senior milik Incheon United FC ini juga merupakan salah satu pemain vital dalam taktik Kim Do-hoon.

Total ada 85 pertandingan yang dimainkan Chang-soo Kim saat berada di bawah kepelatihan Kim Do-hoon dan mampu menorehkan 4 assists.

Chang-soo Kim juga berperan besar saat membantu Ulsan Hyundai arahan Kim Do-hoon dalam meraih gelar juara South Korean Cup Winner musim 16/17 silam.

Baca Juga

Sementara untuk level timnas, Chang-soo Kim juga punya jam terbang di sejumlah jenjang mulai dari skuat Olimpiade, Timnas U-23 hingga level senior.

Tercatat, ada 25 pertandingan yang sudah dijalani Chang-soo Kim untuk Timnas Korea Selatan senior sejak debut pada Februari 2009 lalu.

Sejumlah turnamen bergengsi FIFA pun pernah dirasakan Chang-soo Kim, seperti Piala Asia hingga gelaran Piala Dunia tahun 2014 lalu.


2. Ju-ho Park

Persib Bandung vs PSIS Semarang di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (13/08/22).

Terakhir adalah Ju-ho Park. Kapten dari Suwon FC sekaligus mantan penggawa klub Liga Jerman, Borussia Dortmund ini juga sempat rasakan tangan dingin pelatih Kim Do-hoon.

Berposisi sebagai bek sayap, Ju-ho Park telah bersama dengan Kim Do-hoon selama tiga musim dengan catatkan 74 pertandingan serta torehan tiga assists.

Baca Juga

Ju-ho Park merupakan pemain penting Kim Do-hoon saat membawa Ulsan Hyundai menjuarai Liga Champions Asia pada musim 19/20 lalu.

Untuk level timnas, nama Ju-ho Park bisa dibilang sebagai salah satu pemain paling banyak terbang bersama skuat Taeguk Warriors.

Sejak debut di tim senior pada Januari 2010 lalu, pemain berusia 35 tahun ini sudah catatkan 44 pertandingan di semua kompetisi dan menorehkan satu gol.

Dalam urusan gelar juara, Ju-ho Park berhasil dua kali membantu Timnas Korea Selatan menjuarai East Asian Championship, serta dua kali tampil di gelaran Piala Dunia pada tahun 2014 dan 2018.

Persib BandungKorea SelatanRobert Rene AlbertsLiga 1

Berita Terkini