x

8 Pemain Brasil yang Bernasib Apes di Man United, Casemiro Korban Selanjutnya?

Jumat, 19 Agustus 2022 14:29 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi gol Casemiro di laga Real Madrid vs Granada.

INDOSPORT.COM - Berikut delapan pemain Brasil yang bernasib apes ketika berseragam klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United. Casemiro jadi korban selanjutnya?

Seperti diketahui, fans Manchester United baru saja mendapat kabar baik karena Casemiro dilaporkan bakal gabung Setan Merah di bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga

Jurnalis Italia, Fabrizio Romano menjelaskan kalau kesepakatan Manchester United dengan Real Madrid kemungkinan rampung pekan ini.

"Manchester United akan mengajukan proposal resmi untuk Casemiro malam ini untuk menutup kesepakatan pada Jumat (19/08/22), pembicaraan berada di tahap akhir," tulis Fabrizio Romano di Instagram.

Baca Juga

Manajemen Setan Merah dikabarkan sudah melempar tawaran pertama senilai 60 juta euro (Rp897 miliar) plus tambahan 10 juta euro (Rp149,6 miliar)  untuk mendaratkan Casemiro.

Selain itu, Manchester United juga menawarkan Casemiro kontrak jangka panjang yang berlaku hingga Juni 2026 ditambah opsi perpanjangan kontrak pada musim selanjutnya.

Jika tawaran diterima, maka dalam waktu 48 jam sang gelandang akan menjalani tes medis dan kemudian mempersiapkan dokumen kepindahan dari Real Madrid.

Baca Juga

Namun sebelum menerima tawaran tersebut, Casemiro sepertinya harus melihat bagaimana rekam jejak para pemain Brasil di Manchester United.

Sejak berdiri pada 1878 silam, Manchester United tercatat sudah pernah mendaratkan delapan pemain asal Brasil. Namun tidak ada satupun daru mereka yang mampu tampil gemilang. Siapa saja mereka?


1. 1. Kleberson

Kleberson (kiri) tampil di final Piala Dunia 2002 saat menghadapi Jerman.

Pemain yang memiliki nama lengkap Jose Pereira Kleberson ini merupakan pemain Brasil pertama yang berseragam Manchester United.

Ia diboyong Setan Merah setelah berhasil membawa Brasil meraih juara Piala Dunia 2002. Akan tetapi, performanya di klub berbeda jauh ketika main untuk tim nasional.

Baca Juga

Kleberson lebih sering masuk ruang medis karena diterpa cedera. Hal itu membuatnya hanya mampu bermain dalam 30 laga selama dua musim di Manchester United.

2. Anderson

Pada bursa transfer musim panas 2007 silam, Manchester United resmi mendaratkan Anderson dari FC Porto dengan mahar 30 juta euro.

Baca Juga

Ia menjadi pemain Brasil paling lama yang memperkuat Setan Merah (delapan musim). Anderson sempat menjadi salah satu penendang penalti yang membawa MU juara Liga Champions 2008.

Namun sering diterpa cedera membuat penampilannya makin menurun. Anderson kemudian hengkang dari Manchester United ke Internacional pada 2015.

3. Rodrigo Possebon

Rodrigo Possebon sempat disebut sebagai bintang masa depan Manchester United seusai direkrut dari akademi Internacional pada 2008 silam.

Namun, karier Rodrigo Possebon di Old Trafford berlangsung sangat singkat. Ia mengalami cedera serius ketika menerima tekel keras dari Emanuel Pogatetz, ketika Manchester United bersua Middlesbrough di ajang Piala Carling.

4. Rafael da Silva

Rafael da Silva sempat menjadi andalan Sir Alex Ferguson saat direkrut dari akademi Fluminense di Brasil.

Rafael adalah pemain serba bisa yang sering dipercaya main di pos bek kanan dan sayap kanan. Ia tampil sebanyak 170 kali hingga 2015, dengan catatan 5 gol dan 15 assist.

Baca Juga

Rafael juga sukses meraih sembilan trofi bersama Man United, termasuk tida gelar Liga Inggris dan satu gelar Piala Dunia Antarklub.

Namun kepergian Sir Alex Ferguson dari kursi kepelatihan membuatnya mulai kehilangan kepercayaan. Rafael jarang dipakai David Moyes hingga akhirnya dijual Louis van Gaal ke Lyon pada 2015.


2. 5. Fabio da Silva

Fabio dan Rafael Da Silva yang sempat memperkuat Manchester United.

Fabio da Silva merupakan saudara kembar Rafael. Ia direkrut dari akademi Brasil bernama Fluminense pada 2008 silam.

Mereka berdua diplot sebagai pelapis sekaligus penerus Gary Neville dan Patrice Evra. Namun penampilan konsisten Evra di sisi kiri pertahanan Manchester United membuat Fabio kesulitan menjadi pilihan utama.

Ia akhirnya hengkang ke Cardiff City setelah hanya mencatatkan 56 penampilan selama lima musim di Old Trafford.

6. Andreas Pereira

Andreas Pereira merupakan pemain jebolan akademi Manchester United dan menjalani debut untuk tim senior pada 2014.

Namun, Andreas Pereira tak pernah tampil mengesankan dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Selama "disekolahkan", ia tak kunjung menemukan penampilan terbaik.

7. Alex Telles

Alex Telles tercatat membuat 50 penampilan di semua kompetisi sejak diboyong Manchester United dari FC Porto pada bursa transfer musim panas 2020 lalu.

Namun Alex Telles kalah bersaing dengan Luke Shaw di sisi kiri pertahanan Setan Merah. Ia akhirnya harus pergi ke Sevilla sebagai pemain pinjaman pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

8. Fred

Fred merupakan salah satu pembelian termahal Manchester United ketika dibeli dari Shakhtar Donetsk pada 2018 lalu.

Namun, Fred malah membuat banyak fans kecewa. Ia sering dibully oleh netizen di media sosial karena penampilan lucunya di lapangan.

Terbaru, Fred menjadi salah satu pemain yang mendapat kritik tajam saat Manchester United tumbang 1-2 dari Brighton di laga perdana Liga Inggris 2022-2023.

Premier LeagueManchester UnitedBrasilKlebersonLiga Primer InggrisAndersonAndreas PereiraRafael da SilvaCasemiroAlex TellesLiga Inggris

Berita Terkini