x

Kabar Gembira! Klub Liga 1 Dapatkan 1 Slot Lolos Langsung ke Fase Grup Liga Champions Asia 2024/2025

Kamis, 25 Agustus 2022 17:38 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Isman Fadil
Dalam gelaran Asian Champions League 2024/25, salah satu klub Liga Indonesia mendapatkan satu slot di Group Stage.

INDOSPORT.COM – Dalam gelaran Liga Champions Asia 2024/2025, salah satu klub Liga Indonesia mendapatkan satu slot di Group Stage.

Hal tersebut disebabkan karena Korea Utara gagal memenuhi lisensi yang ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

Baca Juga

Sehingga, tiket play-off Liga 1 Indonesia naik kasta menjadi group stage. Bahkan, salah satu klub Indonesia akan langsung masuk group stage di Liga Champions 2024/25.

Kabarnya, tim yang akan masuk ke dalam Group Stage Liga Champions Asia 2024/25, diambil dari juara Liga 1 Indonesia.

Sebenarnya tim dari liga Korea Utara menempati peringkat ke 7 dan mendapatkan 1 slot otomatis di Liga Champions Asia 2024/2025.

Baca Juga

Sedangkan, tim dari Liga Indonesia saat ini berada di peringkat 11, karena baru mengumpulkan total poin sebanyak 14.702, dan hanya mendapatkan 1 tiket play off.

Liga Australia sendiri, untuk sementara waktu telah mengumpulkan 17.143 poin, dan hanya terpaut 3.500 poin dengan tim di Liga Indonesia.

Meski tim Liga Indonesia bisa berkesempatan untuk bisa menyalip Australia dan masuk dalam peringkat 10 besar ranking klub kompetisi AFC 2022.

Baca Juga

Namun, dengan kegagalan PSM Makasar menembus partai final AFC Cup 2021, maka kesempatan tersebut harus sirna.

Untungnya, tim dari Liga Kore Utara gagal mendapatkan lisensi dari AFC, sehingga salah satu klub asal Indonesia masih berkesempatan untuk mentas di Liga Champions Asia 2022.


1. Klub Liga 1 Mana yang Bisa Mewakili Indonesia di Liga Champions Asia?

Aksi legiun asing PSM Makassar, Wiljan Pluim, saat menghadapi Arema FC di pekan pembuka BRI Liga 1 2021-2022.

Klub Liga Indonesia, PSM Makassar memiliki peluang yang besar untuk bisa tampil dalam ajang Liga Champion Asia 2024/25.

Hingga saat ini, klub asal Makassar tersebut belum pernah mengalami kekalahan di kompetisi domestik, Liga 1 Indonesia 2022/23.

Baca Juga

Bahkan, dalam kompetisi AFC Cup, tim yang berjuluk Juku Eja itu juga mampu menyingkirkan Kedah Darul Aman di babak Central Asia Zona Final.

Sayangnya, tim asuhan Bernardo Tavares harus mengakui keunggulan dari klub asal Malaysia, Kuala Lumpur City, dengan skor 5-2.

Kendati demikian, dalam Liga Indonesia, PSM Makassar telah membukukan empat kali kemenangan satu kali hasil imbang.

Baca Juga

Will Jan Pluim dkk juga mampu menumbangkan Bali United dengan skor 2-0 dalam pertandingan pekan kedua Liga 1 yang tersaji di Stadion GBH.

Sedangkan hasil imbang diterima kala PSM menjamu tim besutan Thomas Doll, Persija Jakarta, dengan skor akhir 1-1.

Di sisi lain, tim lain dari Liga Indonesia yang nantinya menjadi juara Liga 1 Indonesia 2022/23 berpeluang mendapat kesempatan tampil di ajang Asian Champions League 2024/25.

Baca Juga

Namun, tidak seutuhnya menentukan lantaran ada aturan klub yang berpartisipasi di kompetisi AFC harus memiliki lisensi klub profesional AFC.

Pasalnya, hanya ada sembilan klub Liga 1 yang mendapatkan lisensi yakni, Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.


2. Debutnya Tercoreng, Jordi Amat Nyatakan Bangkit

Jordi Amat tiba di Jakarta.

Johor Darul Ta’zim (JDT) digilas Urawa Red Diamonds di babak 16 besar Liga Champions Asia 2022. Calon bek naturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat, menyerukan bangkit.

Menjalani laga debut bersama Johor Darul Ta’zim, Jordi Amat justru harus menelan pil pahit lantaran kalah dari jagoan Jepang, Urawa Reds Diamond.

Klub kaya raya Malaysia tersebut tak berdaya saat bertandang ke markas Urawa Reds di Saitama Stadium, Jumat (19/8/22) malam WIB.

Baca selengkapnya: Debutnya di JDT Tercoreng Kekalahan, Jordi Amat Langsung Serukan Bangkit!

AFCLiga Champions AsiaBola InternasionalLiga 1

Berita Terkini