x

Setelah Lama Menanti, Jordi Amat Berpeluang Debut bareng JDT di Liga Champions Asia!

Jumat, 19 Agustus 2022 15:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Setelah menanti selama kurang lebih dua bulan, Jordi Amat punya kans debut bersama Johor Darul Ta'zim di ajang Liga Champions Asia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Calon bintang anturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat, tampaknya punya kesempatan untuk akhirnya memainkan partai perdana untuk kesebelasan barunya yakni Johor Darul Ta'zim (JDT).

Tidak tanggung-tanggung, debut sang bek kelahiran Spanyol itu bisa terjadi di ajang Liga Champions Asia melawan salah satu raksasa Jepang, Urawa Red Diamonds.

Baca Juga

Laga antara Urawa vs JDT akan berlangsung pada hari ini, Jumat (19/8/22), pukul 18.00 WIB di Saitama Stadium.

Belum diketahui apakah Amat memang akan memainkan debutnya di partai tersebut mengingat saat ini Liga Champions Asia sudah memasuki babak 16 besar.

Sebelumnya JDT belum pernah melaju sejauh ini di kompetisi antar klub terbesar di Benua Kuning tersebut.

Baca Juga

Hanya saja tim asuhan Héctor Bidoglio itu secara mengejutkan bisa menjadi juara di fase grup meski harus berjumpa dengan Kawasaki Frontale, Ulsan Hyundai, dan juga Guangzhou FC.

Akan tetapi setidaknya nama Jordi Amat ada dalam skuat yang berangkat ke Jepang sejak Minggu (14/08/22) lalu.

Amat sebenarnya sudah resmi diperkenalkan Johor Darul Ta'zim sebagai rekrutan anyar mereka sejak medio Juni 2022 lalu namun belum juga bisa memainkan laga kompetitif hingga detik ini.

Baca Juga

Pasalnya ia belum juga mendapatkan paspor Indonesia. Sedangkan JDT sudah melebihi batas kepemilikan pemain asing non-Asia dalam skuat mereka.

Perbedaan peraturan di Liga Malaysia dan Liga Champions Asia memungkinkan untuk defender sentral berusia 30 tahun itu merumput lagi pada hari ini. Begitu juga rekrutan asing lain JDT asal Gabon, Kevy Madinda.


1. JDT Mulai Disegani

Suporter JDT.

Meskipun Urawa Red Diamonds lebih berpengalaman di panggung Liga Champions Asia dengan pernah menjadi dua kali juara, namun mereka sama sekali tidak meremehkan Johor Darul Ta'zim.

Kesebelasan berjuluk Akai Akuma tersebut justru kagum dengan progres cepat sang Harimau Selatan terutama di ajang kontinental.

Baca Juga

Sejak debut mereka di 2019, JDT yang pada awalnya hanya peserta 'penggembira' kini sudah bisa menembus fase gugur.

Pemilihan pemain asing yang tepat untuk dipadukan dengan talenta-talenta lokal terbaik plus dukungan finansial luar biasa dari pemilik mereka jadi alasan kenapa JDT begitu bertaring saat ini.

Selain Jordi Amat, JDT juga punya pemain asing lain yang pernah mencicipi liga top Eropa seperti contohnya Fernando Forestieri.

Baca Juga

"Anda bisa lihat sendiri bagaimana bagusnya kualitas pemain asing mereka. Sebelum ini tim dari Malaysia tidak begitu kuat namun sekarang berbeda," tutur Shusaku Nishikawa selaku kiper Urawa.

"Saya senang dengan progres mereka karena jujur saja saya bosan melihat klub Jepang bertemu terus dengan wakil Korea Selatan ataupun China tiap tahun,"

Baca Juga

"Dalam dua atau tiga tahun lagi saya rasa JDT akan mampu bersaing rutin di fase knock-out Liga Champions Asia," tambahnya lagi.

Patut dinantikan bagaimana serunya duel Urawa Red Diamonds vs Johor Darul Ta'zim di 16 besar Liga Champions Asia nantinya. Terutama dengan prospek debut dari Jordi Amat yang sudah lama dinantikan.


2. Agustus PSSI Janjikan Naturalisasi Amat cs Rampung

Jordi Amat. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani mengatakan proses naturalisasi Sandy Walsh Cs menuju kabar baik, Selasa (09/08/22).

Proses naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia, Shandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama memang belum juga rampung.

Proses ketiganya masih mentok di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang sedang masa reses. Namun kini kabar baik menyambangi proses naturilsasi ketiganya.

Diutarakan oleh Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani melalui sosial media pribadinya bahwa sudah ada kabar baik terkait perkembangan proses naturalisasi ketiganya.

Bahkan Hasani mengatakan ada kabar gembira untuk ketiganya pada 22 Agustus 2022 nanti.

Baca selengkapnya:  Ada Kabar Baik Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs, 22 Agustus Jadi WNI?

Liga Champions AsiaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalJohor Darul Ta'zimUrawa RedsJordi Amat

Berita Terkini