x

Liga 1: Sudahi Keterpurukan, Persik Kediri Rekrut Pelatih Portugal Berpengalaman

Minggu, 28 Agustus 2022 11:06 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Skuat Persik Kediri. Foto: MO Persik Kediri

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persik Kediri tidak membutuhkan waktu lama untuk menentukan perihal siapa sosok pelatih baru yang menggantikan Javier Roca.

Beberapa saat selepas kekalahan telak 0-4 di markas Bali United, Sabtu (27/8/22), Persik Kediri mengumumkan status Divaldo Alves.

Baca Juga

Ya, pelatih kebangsaan Portugal itu diharapkan mampu menyudahi keterpurukan tim berjulukan Macan Putih yang tak pernah menang di Liga 1.

"Manajemen memutuskan bekerja sama dengan Coach Divaldo Alves," ujar Direktur Teknik Persik Kediri, Danilo Fernando dalam rilis resmi klub.

"Kami berharap Coach Divaldo membawa pengaruh positif agar tim ini segera bangkit dan keluar dari situasi ini untuk meraih kemenangan," tambah dia.

Baca Juga

Klub tentu menaruh ekspektasi tinggi terhadap pelatih yang memegang lisensi kepelatiha UEFA Pro tersebut.

Terlebih, Divaldo punya nilai plus dengan memahami kultur sepak bola Indonesia. Dia pernah 5 musim melatih tim-tim di tanah air.

Ditambah lagi, persamaan bahasa dengan sejumlah pilar penting juga menjadi pertimbangan lain dibalik perekrutannya.
Lantaran 3 pemain asing Persik juga berasal dari Brasil, dengan Bahasa Portugis. Mereka adalah Arthur Felix Silva, Renan Da Silva dan Joanderson de Assis.

Baca Juga

"Diharapkan pengalamannya di Indonesia dapat mempercepat komunikasi serta adaptasi dengan seluruh anggota tim," jelas Danilo.


1. Cukup Berpengalaman

Pelatih asal Portugal Divaldo Alves saat dikenalkan klub Liga Primer Kenya, Sofapaka FC

Divaldo Alves sendiri bukan sosok baru di sepak bola Indonesia, lantaran sudah pernah membesut sejumlah tim lebih dari satu dekade lalu.

Divaldo pertama kali tampil di Kompetisi Indonesia Super League saat menangani PSMS Medan (2008) dan berlanjut ke Persijap Jepara (2009).

Baca Juga

Dia kemudian eksis di Kompetisi Liga Primer Indonesia dengan melatih Minangkabau FC (2010) sebelum berlabuh ke Persebaya 1927 (2011).

Selepas dari Indonesia, Divaldo kemudian masih berkarir di sepak bola Asia Tenggara. Yakni melatih dua klub Malaysia, Negeri Sembilan (2012-2013) dan Perak FA (2014).

Baca Juga

Sementara sebelum ke Persik Kediri, Divaldo tercatat berkiprah di Liga Kenya, Afrika. Dia membesut klub Sopafaka FC pada 2019-2020 lalu.
 

Persik KediriLiga IndonesiaLiga 1Divaldo Alves

Berita Terkini