x

Akhirnya! Shin Tae-yong Kembali Panggil Pemain Barito Putera ke Timnas Indonesia U-19

Minggu, 28 Agustus 2022 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Rahmat Beri Santoso, pemain muda Barito Putera dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong akhirnya kembali memanggil pemain muda Barito Putera, untuk memperkuat timnas Indonesia U-19. Ia adalah striker Rahmat Beri Santoso.

Beberapa tahun lalu, Barito Putera dikenal sebagai lumbung pemain timnas Indonesia, baik di usia senior, maupun pemain akademi yang memperkuat Timnas kelompok umur.

Baca Juga

Namun belakangan, Barito Putera seret prestasi dan tercecer di peringkat bawah klasemen Liga 1. Pemain pun sulit bersaing.

Misalnya, Bagas Kaffa yang dulu menjadi langganan Timnas, kini sudah tak pernah dipanggil lagi. Yogi Hermawan yang sempat dipanggil, tapi hanya jadi pemain cadangan.

Ada pula Alexandro Felix Kamuru yang dipanggil seleksi Timnas, tetapi ia harus dipulangkan dalam seleksi tahap akhir.

Baca Juga

Setelah lama tak mengirimkan wakilnya, Barito akhirnya kini kembali berkontribusi untuk Timnas. Salah satu penggawa muda mereka dilirik oleh pelatih Shin Tae-yong.

Ia adalah Rahmat Beri Santoso, pemain yang sebelumnya berkiprah di Barito U-18, namun langsung dipromosikan ke tim senior.

Hal ini dikonfirmasi oleh asisten pelatih timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, dan akun media sosial Barito pun merilis bahwa Rahmat akan memperkuat Garuda Muda.

Baca Juga

"Penyerang muda Barito Putera, Rahmat Beri Santoso dipanggil untuk mengikuti TC timnas U-19, guna persiapan AFC U-20 Asian Cup 2023 Qualifiers 14-18 September mendatang di Surabaya," tulisnya.


1. Statistik Rahmat Beri Santoso

Rahmat Beri Santoso menjalani latihan bersama Barito Putera

Rahmat Beri Santoso adalah nama baru yang dilirik oleh Shin Tae-yong, untuk memperkuat timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 nanti.

Rahmat Beri Santoso merupakan penyerang muda milik Barito Putera yang baru berusia 18 tahun. Ia sendiri lahir pada 24 Februari 2004 di Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga

Rahmat mengawali kariernya di kampung halaman. Ia menimba ilmu sepak bola di PSID Jombang. Lalu ia bergabung di klub Persebaya Surabaya U-15 pada 2019.

Bakatnya di usia muda itu lantas membuat Barito Putera merekrutnya pada 2020, dan membinanya di akademi, sebelum akhirnya kini Rahmat masuk ke tim utama.

Baca Juga

Rahmat sendiri sudah masuk tim utama Barito Putera sejak Liga 1 2021-2022 lalu. Ia mendapat kesempatan tiga kali merumput. Namun, hanya sebagai pemain cadangan.

Barulah di era kepelatihan Dejan Antonic, Rahmat mendapat banyak kesempatan. Ia tercatat tampil sebanyak dua kali di ajang Piala Presiden 2022, dan lolos ke 8 besar.

Baca Juga

Kemudian di Liga 1 2022-2023, Rahmat makin mentereng karena menjadi starting line up saat Barito Putera menghadapi Bali United. Rahmat sudah mencatat 117 menit bermain.

Dengan catatan tersebut, dan posisinya sebagai striker, posisi yang dicari-cari oleh Shin Tae-yong, wajar kiranya Rahmat Beri Santoso mendapat tempat di timnas U-19.


2. Dukungan dari Dejan Antonic

Pelatih Barito Putera, Dejan Antonic.

Walau tak lagi melatih Barito Putera, Dejan Antonic tetap menyemangati Rahmat Beri Santoso yang akan berkiprah di timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong.

Ketika akun media sosial Barito Putera merilis bahwa Rahmat Beri Santoso akan membela timnas U-19, Dejan Antonic pun langsung mengirimkan semangat dan doa.

"Saya tetap berdoa untuk kamu Beri, kamu anak baik dan pemain yang baik sekali. Pasti kamu jadi superstar nanti, tetap kerja keras setiap hari," komentar Dejan Antonic.

Baca Juga

Dejan Antonic sendiri baru saja dipecat dari jabatan pelatih Barito Putera, Kamis (25/8/22), karena rentetan hasil minor yang ia dapatkan di sepanjang Liga 1 2022-2023.

Dari lima pertandingan yang sudah dilalui musim ini, Barito Putera baru meraih satu kali kemenangan, dan empat laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Barito PuteraDejan AntonicTimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Timnas Indonesia U-19Berita Liga 1Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongLiga 1 2022-2023Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini