x

Luis Milla Tak Dampingi Persib Saat Takluk 1-5 dari PSM, Ada Apa?

Selasa, 30 Agustus 2022 12:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih anyar Persib Bandung, Luis Milla, tidak mendampingi timnya di bench saat pertandingan pekan ketujuh Liga 1 lawan PSM.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Persib Bandung, Luis Milla, tidak mendampingi timnya di bench saat pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2022-2023 menghadapi PSM Makassar, Senin (29/08/22) malam.

Padahal pelatih asal Spanyol tersebut, ikut berangkat ke Parepare bersama rombongan tim dan memimpin latihan skuat Maung Bandung satu hari sebelumnya.

Baca Juga

Pertandingan yang berlangsung di Stadion B.J. Habibie Parepare, Sulawesi Selatan, kembali dipimpin oleh Budiman yang sebelumnya menjadi caretaker pelatih.

Budiman, membeberkan alasan Luis Milla belum berada di bench pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023.

Menurutnya, mantan pelatih timnas Indonesia tersebut tidak bisa memimpin langsung tim langganan kondisi kesehatannya.

Baca Juga

"Coach Luis Milla agak kurang sehat, jadi tidak bisa mendampingi di banch," kata Budiman saat konferensi pers setelah pertandingan.

Budiman menegaskan, tidak hadirnya Luis Milla di bench bukan alasan kekalahan tim Persib pada pertandingan yang disaksikan ribuan suporter tersebut.

Menurutnya, kekalahan yang didapat Persib pada pertandingan tersebut disebabkan mental bertanding anak asuhnya yang menurun, setelah PSM mencetak gol cepat pada menit ketiga melalui Yakob Sayuri.

Baca Juga

Sebagai informasi, pada pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023, skuat Maung Bandung harus mengakui keunggulan PSM Makassar dengan skor telak 5-1.

Lima gol PSM pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Yakob Sayuri (2', 50'), M Ramadhan Sananta (44', 18'), Willem Jan Pluim (64'). Sedangkan gol tunggal Persib dalam laga tersebut, dicetak oleh Marc Klok saat memasuki menit 31.

"Tidak (mempengaruhi), kekalahan ini karena pemain down karena gol cepat," jelas Budiman.


1. Kalah Telak

Caretaker Pelatih Persib Bandung, Budiman Yunus. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Sementara itu, Budiman tidak menyangka anak asuhnya bisa kalah dengan skor telak 5-1. Pasalnya, sebelumnya tim pelatih sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

"Pertandingan ini saya tidak menyangka akan kebobolan lima gol," kata Budiman saat konferensi pers setelah pertandingan.

Baca Juga

Budiman menuturkan, gol cepat dari PSM pada pertandingan tersebut, membuat mental anak asuhnya down. Pasalnya, gol Yakob Sayuri tercipta saat laga baru berjalan sekitar tiga menit. 

Mantan pelatih Persib U-19 ini menuturkan, setelah tertinggal satu gol skuat Maung Bandung mencoba untuk bangkit dan menyamakan kedudukan, namun tim kebanggaan Bobotoh ini sulit untuk mengembangkan permainannya.

"Tapi intinya dengan gol cepat yang didapat PSM membuat down kami. Jadi setelah gol menit ketiga, anak-anak sulit untuk mengembangkan permainan," ucapnya.

Selain itu, PSM berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 pada menit 18 melalui M Ramadhan Sananta, gol tersebut menurutnya semakin meruntuhkan mental bertanding pasukannya.

Baca Juga

Budiman menyadari, hasil buruk pada pertandingan tersebut merupakan tanggung jawabnya sebagai tim pelatih, pasalnya pada laga tersebut dia masih memimpin langsung tim kebanggaan Bobotoh di lapangan.

"Dan ada gol kedua, anak-anak makin down. Ini diluar perkiraan saya. Ini evaluasi buat saya," tegasnya.


2. Kekalahan Keempat

Caretaker Pelatih Persib Bandung, Budiman Yunus. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Hasil yang didapat pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023 menjadi kekalahan keempat Persib di musim ini.

Sebelumnya, tim kebanggaan Bobotoh takluk dari Madura United 1-3 pada pertandingan pekan kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 30 Juli lalu.

Kemudian pada pekan ketiga kompetisi Liga 1 2022-2023, skuat Maung Bandung harus mengakui keunggulan tuan rumah Borneo FC dengan skor 4-1 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (07/08/22).

Setelah itu, Persib menelan kekalahan ketiga pada pekan keenam kompetisi Liga 1 2022-2023, tim kebanggaan Bobotoh harus kehilangan poin di kandang di Stadion GBLA, usai takluk dari Bali United 2-3, Selasa (23/08/22).

Selain itu, kekalahan yang didapat dari PSM Makassar di pekan ketujuh, menjadi kekalahan terbesar bagi skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Persib BandungPSM MakassarLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini