x

Barito Putera Ajak Suporter Tentukan Pelatih? Ketum Bartman: Bukan Wewenang Kami

Rabu, 31 Agustus 2022 18:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pemusatan latihan Barito Putera di Banjarmasin, Rabu (18/5/22). Foto: MO Barito Putera

INDOSPORT.COM - Manajemen Barito Putera berencana menggandeng suporter untuk bersama-sama menentukan siapa pelatih yang akan direkrut di Liga 1 2022-2023.

Namun, Ketua Umum Barito Mania Bersatu (Bartman), Dedy Sattardi mengaku hal itu bukanlah wewenang suporter. Sebaiknya, manajemen sendiri yang memutuskan.

Baca Juga

Pernyataan ini berawal dari ungkapan CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, yang mengaku akan melibatkan suporter untuk menentukan siapa pengganti Dejan Antonic.

Hal ini dilakukan agar suporter juga bisa memahami dan tahu bagaimana kualitas pelatih yang terbaik untuk Laskar Antasari.

"Kita nanti akan melibatkan suporter dalam pemilihan kandidat pelatih, kita atur nanti pertemuannya," kata Hasnuryadi Sulaiman.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Hasnuryadi sempat mengisyaratkan, jika ia sudah mendapatkan tiga kandidat untuk mengisi posisi pelatih kepala, dan ketiganya adalah pelatih asing.

Nantinya, ia akan mencari sosok lokal untuk menjadi asisten pelatih, agar bisa meracik strategi yang pas untuk Laskar Antasari.

"Head coach-nya saja yang diganti. Asisten pelatih tetap yang ada, atau bisa kita ambil dari legend, mantan pemain Barito Putera yang juga jadi pelatih," jelas Hasnuryadi.

Baca Juga

"Kita cari sosok yang mengerti betul dengan budaya kita, karena itulah kita perlu pelatih lokal sebagai asistennya," pungkas Hasnur. 

Sebelumnya, manajemen Barito juga pernah menggandeng suporter dalam merumuskan para pemain musim ini. Namun, hasilnya tak sesuai dengan harapan kelompok suporter.


1. Siapa Calon Pelatih Barito Putera?

Barito Mania (Bartman) Awaydays Bekasi

Ketika manajemen Barito Putera merangkul suporter untuk sama-sama merumuskan pemain yang akan berlaga di Liga 1 2022-2023, hasilnya justru tak sesuai harapan suporter.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Umum Barito Mania Bersatu (Bartman), Dedy Sattardi, melalui rilis resmi yang unggahan melalui akun Instagram ofisial @baritomania.id.

Baca Juga

"Suporter, dalam hal ini Barito Mania dan segenap korwil dan komunitasnya, memang benar diundang oleh manajemen sebelum kompetisi dimulai," ungkap Dedy Sattardi.

"Di mana salah satu yang jadi topik pembicaraan adalah komposisi pemain, dimintai saran kira-kira siapa yang pantas dan sesuai kriteria untuk direkrut," ujarnya.

"Dari sekian banyak nama yang disebutkan pada pertemuan tersebut, kenyataannya 99 persen tidak ada yang terealisasi, terutama rekrutan pemain lokal," lanjut Dedy lagi.

Baca Juga

"Dari nama-nama tersebut (yang direkrut), tidak satu pun hasil rekomendasi suporter. Bahkan kami saja kurang familiar dengan mereka yang pada akhirnya dikontrak."

Dengan demikian, Barito Mania (Bartman) menegaskan bahwa saat manajemen Barito mengundang mereka untuk memilih pelatih, tapi keputusan tetap di tangan manajemen.

"Itu hanya sebatas tawaran dari manajemen untuk melihat langsung presentasi si calon pelatih dalam memaparkan visi misinya via Zoom," jelas Dedy Sattardi lewat rilis resmi.

Baca Juga

"Bukan wewenang suporter untuk menentukan, karena bukan kapasitasnya. Siapapun nantinya pelatih yang direkrut, itulah keputusan manajemen," imbuhnya.

"Tugas kita hanya mendukung, mendukung, mendukung! Namun, apabila takdir kembali mengharuskan, turun aksi selalu ada jadi opsi," pungkas Dedy mewakili Bartman.


2. Jadwal Liga 1 2022 Pekan 8

Duel gelandang Bali United, Eber Bessa dengan Winger Barito Putera, Mike Ott. Foto: Bali United

Jumat, 2 September 2022
Persebaya Surabaya vs Bali United
Persita Tangerang vs Madura United
Persik Kediri vs PSM Makassar

Sabtu, 3 September 2022
Persis Solo vs PSIS Semarang
Persikabo 1973 vs Borneo FC
Persija Jakarta vs Bhayangkara FC

Minggu, 4 September 2022
Persib Bandung vs Rans Nusantara FC
Dewa United FC vs PSS Sleman
Barito Putera vs Arema FC

Barito PuteraDejan AntonicSuporter sepakbolaSuporterPelatihLiga IndonesiaLiga 1Hasnuryadi SulaimanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini