x

Kolaborasi dengan KNVB, PSSI Bicara Mimpi Bermain di Piala Dunia 2034

Kamis, 1 September 2022 20:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Sekjen KNVB, Gijs de Jong bersama Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita terkait Kegiatan Festival Oranje Indonesia

INDOSPORT.COM - PSSI berbicara mengenai kolaborasi dengan Federasi sepak bola Belanda (KNVB), dalam kolaborasi ini, PSSI bicara untuk bisa tampil di Piala Dunia 2034, Kamis (01/09/22).

Kolaborasi antara PSSI dan KNVB memang terjadi saat Sekjen KNVB, Gijs de Jong menyambangi Indonesia.

Baca Juga

Dalam kunjungan ke Indonesia, KNVB berencana menggelar Oranje Indonesia Festival di Jakarta untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 25 September 2022.

Festival ini bakal digelar bertepatan dengan pertandingan kedua timnas Belanda melawan Ekuador di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Dalam kegiatan ini, PSSI turut diundang dalam agenda KNVB ini karena kedua federasi menjalin kolaborasi.

Baca Juga

Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita mengatakan bahwa ini menjadi yang terbaik karena kedua federasi juga berkolaborasi.

“Kami pasti mendukung. Apalagi ini membuka pintu kolaborasi," ucap Maaike.

"Hubungan kami dengan KNVB terjalin sejak 2020,” tambah dia.

Sementara itu, Sekjen KNVB, Gijs de Jong mengatakan harapannya untuk bisa melihat Indonesia tampil di Piala Dunia.

“Kedatangan mereka ke sini sekaligus membuka jalan buat kami. Seperti yang dibilang oleh Pak Gijs de Jong, mau melihat Indonesia bermain di Piala Dunia,” kata Ira.

“Kami memang punya target ke sana. Target kami adalah pada Piala Dunia 2034. Insyaallah kami bisa maju ke Piala Dunia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ira juga menjelaskan bahwa PSSI juga berbicara dengan KNVB soal program kepelatihan juga.

Baca Juga

“Kami banyak bicara soal transfer program hingga kepelatihan dengan KNVB. Jadi, ini akan menjadi fondasi yang bagus buat kami,” tuturnya.

Maaike hanya menyinggung target timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2034. Hanya saja tak dijelaskan secara rinci bagaimana timnas Indonesia untuk bisa lolos ke pesta sepak bola terbesar di dunia tersebut.


1. KNVB Gelar Oranje Indonesia Festival, Bakal Nobar Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Sekjen KNVB, Gijs de Jong, dalam persentasi kegiatan Festival Oranje Indonesia.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) akan menggelar Oranje Indonesia Festival. Festival ini menjadi festival pertama yang berlangsung di Indonesia, Kamis (01/09/22).

Festival Oranje Indonesia menjadi ajang untuk fans Timnas Belanda dalam memberikan dukungan untuk tim kesayangannya.

Baca Juga

Untuk merasakan atmosfer mendukung langsung Timnas Belanda bermain, maka dalam festival Oranje Indonesia nanti akan Nobar ketika Timnas Belanda bermain di Piala Dunia 2022.

Timnas Belanda tergabung di Grup A Piala Dunia 2022 bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal. Piala Dunia 2022 bakal berlangsung pada 20 November-18 Desember 2022 dalam lima kota di Qatar.

Festival Oranje Indonesia Festival akan berputar pada 25 November 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta atau berbarengan dengan partai kedua Timnas Belanda di Grup A Piala Dunia 2022.

Baca Juga

KNVB bakal menggelar nonton bareng (nobar) Timnas Belanda ketika berhadapan dengan Ekuador di Khalifa International Stadium, Al-Rayyan.

Tak hanya kegiatan Nobar, dalam festival nanti juga akan dimeriahkan oleh konser musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner, dan talk show bersama legenda Timnas Belanda yang namanya masih dirahasiakan.

"Festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan kami dalam menjaga hubungan baik dengan fans di Indonesia," ujar Sekjen KNVB, Gijs de Jong.

Baca Juga

"Kami sangat ingin menunjukkan apresiasi kami atas dukungan mereka selama ini dan berharap dukungan mereka sekali lagi pada Piala Dunia 2022," terangnya.

KNVB juga mengumumkan selebritas hingga pesepak bola sebagai duta Oranje Indonesia yang meliputi Vincent Rompies, Valentino Simanjuntak, Rebecca Rejjman, Ona Hetharua, dan Marc Klok.

Baca Juga

"Kami berterima kasih kepada mereka sebagai duta dari Oranje Indonesia, karena mereka semua memiliki hubungan yang baik dengan Oranje dan Indonesia dengan caranya sendiri," tutur Gijs de Jong.

KNVB tidak hanya fokus dengan Piala Dunia 2022, tetapi juga telah memasukkan Indonesia dalam strategi jangka panjang internasional.

Dalam strategi ini, KNVB ingin memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. Oleh karena itu, KNVB sudah menjalin hubungan jangka panjang dengan PSSI, Kementerian Pemuda & Olahraga, dan KBRI di Belanda.

BelandaPiala DuniaPSSIPiala Dunia 2022Bola Internasional

Berita Terkini