x

Kebobolan Menit Akhir Buyarkan Kemenangan Barito atas Arema, Pelatih Brasil Ungkap Penyebabnya

Senin, 5 September 2022 12:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Abel Camara jalani debut di Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Kebobolan di menit akhir saat menghadapi Arema FC, impian Barito Putera untuk meraih tiga poin pun kandas di pekan kedelapan Liga 1 2022.

Meladeni Arema FC di Stadion Demang Lehman, Minggu (4/9/22) malam, Barito Putera memang bisa memimpin babak pertama dengan keunggulan tipis 1-0.

Baca Juga

Gol tunggal Renan Alves dari tendangan bebas berhasil menggetarkan gawang yang dikawal oleh kiper terbaik, Adilson Maringa.

Memasuki babak kedua, Laskar Antasari lebih banyak menunggu. Namun hal yang ditakutkan terjadi. Tepat di menit ke-83, Arema FC menyarangkan gol balasan.

Umpan milik Ilhamudin Armayn diteruskan oleh Dedik Setiawan menjadi gol. Kiper Norhalid dan tiga bek Barito Putera pun tak bisa melakukan apa-apa di depan gawang.

Baca Juga

Tak ada tambahan gol yang tercipta di babak kedua. Skor 1-1 memperpanjang rekor tak pernah menang Barito Putera selama lima pekan terakhir di Liga 1 2022.

Dengan hasil ini, Arema FC menanjak ke peringkat delapan klasemen, tetap Barito Putera tetap menghuni zona merah Liga 1.

Usai pertandingan, Pelatih Arema FC, Eduardo Almeida mengatakan bahwa para pemainya sudah bermain maksimal, namun hasil akhir belum berpihak pada timnya.

Baca Juga

"Sebenarnya kita tidak bahagia dengan hasil ini, tetapi hasil imbang ini harus tetap kita syukuri," ungkap Eduardo Almeida di sesi konferensi pers usai pertandingan.

Dedik Setiawan sendiri mengaku bersyukur bisa mencuri satu poin dari markas Barito Putera, dan berjanji akan memperbaiki penampilannya untuk laga berikutnya.


1. Modal Hadapi Persija

Konferensi pers Barito Putera vs Arema FC, pelatih Vitor Tinoco dan pemain Norhalid. Foto: MO Barito Putera

Di sisi lain, hasil imbang 1-1 adalah pukulan telak bagi Barito Putera. Mereka tak pernah menang di lima laga terakhir. Empat kalah, dan satu hasil imbang kontra Arema FC.

Salah satu faktornya, tentu saja karena belum ada pelatih kepala yang memimpin latihan dan meracik strategi, setelah Dejan Antonic dilepas oleh manajemen bulan lalu.

Baca Juga

Pelatih fisik sekaligus caretaker Barito Putera, Vitor Tinoco, akhirnya mengucapkan permintaan maaf karena gagal membawa Laskar Antasari meraih kemenangan.

Namun, ia tetap mengapresiasi kinerja para penggawa Barito Putera yang telah tampil maksimal saat menghadapi Arema FC.

"Kita sudah berusaha lebih baik, tapi itu masih belum cukup," ungkap pelatih fisik asal Brasil yang sudah menukangi skuat Barito Putera sejak tahun 2017 tersebut.

Baca Juga

Menurut Vitor, permainan Barito mulai menurun pada babak kedua bukan karena masalah fisik pemain, melainkan tekanan yang dihadapi pemain di markas sendiri.

"Tidak ada masalah fisik, pemain sudah bermain maksimal. Tetapi tekanan dari dalam lah yang membuat para pemain bermain lebih tegang," tukas Vitor.

Baca Juga

Walau gagal mencuri poin, tetapi Barito mendapat pelajaran berharga, sebelum menghadapi lawan yang lebih sulit lagi, yakni Persija Jakarta pada Minggu (11/9).

Berdasarkan informasi dari CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, perkenalan pelatih anyar Barito Putera akan dilakukan segera, diusahakan sebelum lawan Persija.


2. Jadwal Liga 1 2022 Pekan 9

Logo Liga 1 2022-2023.

Kamis, 8 September 2022
Madura United vs Bhayangkara FC

Jumat, 9 September 2022
PSIS Semarang vs Persikabo 1973
Borneo FC vs Persita Tangerang

Sabtu, 10 September 2022
Bali United vs Dewa United FC
PSS Sleman vs Persis Solo
Rans Nusantara FC vs Persik Kediri
PSM Makassar vs Persebaya Surabaya

Minggu, 11 September 2022
Arema FC vs Persib Bandung
Barito Putera vs Persija Jakarta

Barito PuteraAremaLiga IndonesiaDedik SetiawanArema FCLiga 1Eduardo AlmeidaBerita Liga 1Renan AlvesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini