x

Luis Milla Bicara Strategi Persib Bandung yang Membuat Pelatih RANS Nusantara Kaget

Senin, 5 September 2022 09:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Luis Milla di pertandingan Persib Bandung vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (04/09/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, memberikan tanggapan mengenai jalannya pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2022-2023 menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (04/09/22).

Menurut Luis Milla, pada pertandingan tersebut anak asuhnya mampu menjalankan instruksi yang diberikan olehnya dengan baik, sehingga bisa menguasai jalannya laga terutama di babak pertama.

Baca Juga

Penampilan apik Rachmat Irianto dan kawan-kawan di babak pertama, membuat RANS Nusantara FC tidak dapat mengembangkan permainannya.

Bahkan skuad Maung Bandung mampu menciptakan banyak peluang, namun dari sekian banyak hanya dua yang dapat dimaksimalkan menjadi gol yakni melalui David da Silva menit 26 dan penalti Ciro Alves saat memasuki menit 45. 

"Mengenai pertandingan, di babak pertama tim bermain dengan sangat baik. Mereka menutup ruang bagi lawan dan RANS tidak punya ruang untuk mengembangkan permainan. Saya sangat senang," kata Luis Milla saat konferensi pers setelah pertandingan.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, Luis Milla mengintruksikan anak asuhnya untuk bermain lebih tenang dan mengatur tempo pertandingan. 

Meski demikian, Persib tetap mendapatkan peluang untuk menambah keunggulannya, diantaranya melalui David da Silva dan Febri Hariyadi, namun tidak ada yang dapat dimaksimalkan menjadi gol.

RANS Nusantara FC sendiri bisa memperkecil ketertinggalannya menjadi 2-1, melalui gol Wander Luiz saat memasuki menit 82.

Baca Juga

"Tapi di babak kedua tim harus lebih tenang dan lebih banyak memainkan bola di pertahanan. Tidak hanya bertahan tanpa bola," ungkapnya.

Luis Milla mengapresiasi kerja keras yang ditampilkan oleh pasukannya, pasalnya dengan bermain disiplin tim kebanggaan Bobotoh akhirnya bisa mempertahankan kemenangan di pekan kedelapan Liga 1 2022-2023.
 


1. Benahi Lini Belakang

Pertandingan Persib Bandung vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (04/09/22).

"Tapi saya tetap senang dengan tiga poin yang kami dapatkan," tegasnya.

Pada pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2022-2023, Persib di tangan Luis Milla menerapkan formasi yang berbeda dari laga sebelumnya, yakni menggunakan strategi 3-4-3 serta ada beberapa perubahan komposisi pemain.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, strategi tersebut sengaja diterapkan olehnya, karena skuad Persib memiliki kekurangan di lini pertahanan, hal itu bisa terlihat pada tujuh laga Persib sebelumnya di Liga 1 2022-2023.

"Tim memiliki masalah dengan pertahanan, kami punya masalah di sana dan kami ingin lebih aman di lini belakang," ucapnya.

"Jadi saya memilih untuk memainkan tiga bek tengah dan ditopang dua wing back, Henhen dan Zalnando. Dengan begitu kami lebih aman di jantung pertahanan karena ada Nick, Sato dan Irianto," ungkapnya menambahkan.

Baca Juga

Sebagai pelatih, Luis Milla berusaha membuat Persib lebih baik lagi salah satunya dengan memperbaiki lini pertahanan, agar kedepannya tim lawan tidak mudah untuk menembus lini belakang timnya.

"Tim harus kebobolan banyak gol di beberapa laga terakhir, jadi kami harus sebisa mungkin membenahinya dan itu adalah hal yang penting," tegasnya.

Sementara itu, strategi berbeda dari Persib, membuat membuat RANS Nusantara FC terkejut terutama di babak pertama.

Baca Juga

"Kemudian di pertandingan tadi sudah mencoba memberikan suatu perlawanan, karena ada sedikit terlalu banyak Persib skema diluar dugaan kami, (awalnya) 3-4-3, jadi 5-4-1 saat (RANS Nusantara) menyerang, saya antisipasi 4 bek tapi 3 bek," ucap pelatih RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan.

"Mengubah suasana babak pertama, babak kedua efektif kami memberikan tekanan kepada lawan, tapi secara keseluruhan ucapkan terima kasih kepada pemain-pemain saya," jelasnya.
 


2. Tetap Apresiasi

Pelatih Persib, Luis Milla foto bersama pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan.

Pelatih yang akrab disapa coach RD itu menyadari, anak asuhnya kesulitan menghadapi strategi yang diterapkan oleh Persib, pasalnya sebelumnya dia menyiapkan formasi untuk menghadapi lawan yang menerapkan strategi 4-4-2.

Meski demikian, RD tetap mengapresiasi kerja keras yang ditampilkan oleh pasukannya pada pertandingan pekan kedelapan kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Pasti ada kontra strategi tadi ubah jadi 4-4-2 semua ketemu lawan di posisi masing-masing, efektif kerja lebih mudah, melakukan beberapa pergantian kami juga supaya lebih efektif," ungkapnya.

"Dua pergantian yang saya lakukan. waktu gak bisa dibeli dan sayang situasi terbalik, saya apresiasi buat pemain-pemain," ucap RD menambahkan.
 

Persib BandungRahmad DarmawanRans Nusantara FCLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini