x

Waduh! Asisten Shin Tae-yong Sebut Beberapa Pemain Timnas Indonesia U-19 Terkena Star Syndrome

Selasa, 6 September 2022 20:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, mengatakan ada beberapa pemain yang mulai terkena star syndrome. Hal itu terlihat pada pemusatan latihan yang sedang berlangsung di Jakarta. 

Nova memaparkan, ada pemain yang mulai sombong dan mengalami penurunan performa. Situasi itu jelas tidak disukai dan mengecewakan buat tim pelatih. 

Baca Juga

"Pemusatan latihan di Jakarta dalam rangkaian persiapan kualifikasi Piala Asia akhirnya selesai dan selanjutnya tim akan memfokuskan persiapan di Surabaya," buka Nova yang telah memberikan izin ke INDOSPORT untuk mengutip pernyataannya di Instagram.

"Coaching staff fokus menyoroti beberapa pemain yang mulai tinggi hati dan mengalami penurunan performa setelah AFF U-19 kemarin," katanya. 

Nova Arianto tidak menyebutkan siapa saja nama pemain yang terkena star syndrome. Tetapi, dia memberikan peringatan keras ke anak asuhnya supaya fokus saat dipanggil ke tim nasional. 

Baca Juga

"Pemain harus lebih fokus karena bermain untuk Tim Nasional akan berbeda seperti pemain tampil di klub karena mereka tidak akan bermain untuk uang tetapi untuk sebuah kebanggaan negara. Jadi pemain harus bekerja lebih keras dan memberikan kemampuannya lebih dari 100 persen," ujar Nova.

Eks pemain Persib Bandung itu juga berpesan agar pemain Timnas U-19 bekerja keras di latihan. Alfriyanto Nico dkk tidak boleh cepat puas, karena ilmu sepak bola selalu berkembang.

Baca Juga

Jika tidak disiplin, maka karier para pemain muda tersebut tidak akan lama. Mereka bisa terjun bebas dan hal itu sudah terbukti pada beberapa pemain Timnas era sebelumnya. 

"Berlatihlah seperti di saat kalian belum menjadi pemain profesional dan pemain Tim Nasional. Karena di saat pemain merasa puas di situlah awal kehancuran kalian," tutur Vava, panggilan akrab Nova Arianto. 


1. Pemusatan Latihan

Usai memberikan wejangan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan berfoto bersama pemain Timnas Indonesia U-19. Foto: Triyoga Sandi Pamungkas/INDOSPORT

Pemusatan latihan Timnas U-19 saat ini untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ajang itu dijadwalkan 14-18 September mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Skuad Garuda Nusantara berada di Grup F dan bersaing dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste. 

Baca Juga

Sebelum turun di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas U-19 baru saja jalani dua laga uji coba. Tim asuhan Shin Tae-yong bermain imbang 0-0 kontra Persis Solo U-18 dan kalah 1-2 dari Persija Jakarta U-20. 

Timnas U-19 akan bertolak ke Surabaya pada Rabu (07/09/22) mendatang. Tim pelatih hanya akan membawa 23 pemain yang terpilih untuk ikut Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. 

Berdasarkan jadwal Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang telah dirilis, Indonesia akan melawan Timor Leste pada laga pertama, lalu kontra Hong Kong dan terakhir jumpa Vietnam. 

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 sendiri memang harus menelan hasil minor saat melakoni partai uji coba kontra Persija Jakarta junior pada Senin (05/09/22).

Bertanding di Stadion PTIK, Jakarta pasukan Shin Tae-yong tumbang dengan skor tipis 1-2 atas Macan Kemayoran.

Satu-satunya gol yang mampu ditorehkan oleh penggawa Timnas Indonesia U-19 adalah melalui Ronaldo Kwateh.

Baca Juga

Uji coba ini sore kemarin merupakan bagian dari persiapan mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14-18 September mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sebelumnya, Timnas U-19 telah jalani uji coba lawan Persis Solo U-19 dan berakhir imbang 0-0.


2. Nasib Timnas Indonesia 11-12 dengan Vietnam

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Timnas Indonesia U-19 harus bernasib seperti Vietnam buntut kekalahan di laga uji coba kontra Persija Jakarta pada Senin (05/09/22).

Pasalnya, The Golden Star juga harus menelan hasil yang sama saat melakoni uji coba sebelum Kualifikasi Piala AFC U-20 2023.

Timnas Indonesia U-19 sendiri memang harus menelan hasil minor saat melakoni partai uji coba kontra Persija Jakarta junior pada Senin (05/09/22).

Bertanding di Stadion PTIK, Jakarta pasukan Shin Tae-yong tumbang dengan skor tipis 1-2 atas Macan Kemayoran.

Satu-satunya gol yang mampu ditorehkan oleh penggawa Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong adalah melalui Ronaldo Kwateh.

Baca Selengkapnya: Gagal Kalahkan Persija dan Persis, Nasib Timnas Indonesia 11-12 dengan Vietnam

Nova AriantoTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini