x

Selain Pakansari dan JIS, 3 Stadion yang Bisa Jadi Alternatif untuk Duel Timnas Indonesia vs Curacao

Sabtu, 10 September 2022 15:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Stadion Pakansari, stadion bertaraf internasional yang terletak di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 stadion yang bisa jadi alternatif PSSI untuk laga Timnas Indonesia vs Curacao guna menengahi konflik pemilihan Stadion Pakansari dan JIS.

Seperti yang diketahui, jelang FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao pada tanggal 24 dan 27 September mendatang, PSSI tengah mencari stadion tempat pertandingan.

Baca Juga

Semula, dijadwalkan duel Timnas Indonesia vs Curacao akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Apik (GBLA) pada 24 September dan Jakarta International Stadium (JIS) pada 27 September.

Namun PSSI merevisi jadwal tersebut dan memindahkan venue yang semual di JIS ke Pakansari, dengan alasan stadion baru di bilangan Jakarta itu belum layak menggelar laga berlabel FIFA.

Hal ini kemudian dibantah oleh Jakpro selaku konstruktor JIS yang menyebut stadion tersebut sudah memenuhi standar FIFA.

Baca Juga

Polemik ini Jakpro dengan PSSI terkait pemilihan stadion untuk Timnas Indonesia vs Curacao kemudian menjadi perhatian.

Apalagi PSSI yang menunjuk Pakansari sebagai stadion laga Timnas Indonesia vs Curacao. Pemilihan ini pun mendapat penolakan dari pendukung Timnas Indonesia.

Penolakan ini utamanya karena Pakansari dianggap tak layak menggelar laga FIFA Matchday karena sempat banjir saat laga RANS Nusantara kontra PSM Makassar medio Agustus 2022 lalu.

Baca Juga

Di tengah konflik mengenai stadion untuk menggelar FIFA Matchday antara Pakansari dan JIS, ada baiknya PSSI melirik alternatif lain agar tak menimbulkan preseden buruk.

Berikut 3 stadion di Indonesia yang bisa dipilih sebagai tempat penyelenggaraan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao selain Stadion Pakansari dan JIS.


1. 1. Stadion Manahan Solo

Kondisi terkini salah satu venue Piala Dunia U-20 2021, Stadion Manahan Solo.

PSSI bisa saja meredam konflik pemilihan Stadion Pakansari dan JIS dengan menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao.

Sebagai informasi, Stadion Manahan sempat dikunjungi oleh FIFA yang melakukan peninjauan jelang dihelatnya Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Baca Juga

Stadion Manahan sendiri merupakan salah satu stadion yang dijadwalkan akan jadi salah satu venue di Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Stadion Manahan dianggap layak menggelar FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao memiliki fasilitas yang mewah dan berskala internasional.

Baca Juga

Sebagai contoh adalah soal kursi, di mana Stadion Manahan menggunakan kursi Single Seat. Selain itu, stadion ini juga memiliki lampu berkekuatan 2400 lux, sesuai dengan standar FIFA.

Tak cukup sampai di situ, di tengah memasuki musim penghujan saat ini, Stadion Manahan memiliki sistem drainase yang baik, yang akan memudahkan jalannya pertandingan di tengah guyuran hujan.


2. 2. Stadion Batakan Balikpapan

Kondisi lapangan Stadion Batakan yang disebut berkualitas internasional.

Tak hanya di Pulau Jawa, PSSI bisa saja mencoba menggelar FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao di pulau lainnya.

Salah satunya adalah Kalimantan, mengingat adanya stadion dengan fasilitas mumpuni dan bertaraf internasional pada Stadion Batakan.

Baca Juga

Stadion Batakan bisa jadi alternatif PSSI di tengah konflik Stadion Pakansari dan JIS, seiring lengkapnya fasilitan yang dimiliki Home Base Persiba Balikpapan tersebut.

Stadion Batakan memiliki kursi Single Seat. Meski tengah dalam tahap penambahan, beberapa kursi telah dipasang dan menambah kesan modern stadion ini.

Baca Juga

Selain itu, Stadion Batakan memiliki penerangan dengan 2500 lux serta memiliki sistem drainase yang baik, sehingga aman menggelar pertandingan di malam hari dan di saat hujan.

Dengan desain tanpa lintasan lari dan modern, Stadion Batakan bisa merepresentasikan kemajuan infrastruktur stadion-stadion Indonesia kepada dunia internasional di laga FIFA Matchday.


3. 3. Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Papan Skor Digital sudah terpasang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (21/11/19).

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) juga bisa menjadi alternatif bagi PSSI untuk menggelar laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao.

Stadion yang terletak di Surabaya ini menjadi salah satu stadion yang dijadwalkan akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Bahkan, stadion ini juga akan menggelar Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14-18 September 2022 mendatang. Dengan kata lain, stadion ini siap menggelar laga internasional.

Stadion yang juga jadi markas Persebaya Surabaya ini memiliki kapasitas 46 ribu kursi dan menggunakan rumput jenis Zoysia Japonica.

Baca Juga

Selain itu, stadion ini memiliki penerangan lampu sebesar 2400 lux yang sesuai dengan standar FIFA. Belum lagi dengan sistem drainase yang telah di-upgrade agar tak hadir genangan di kala hujan.

PSSITimnas IndonesiaStadion PakansariBola InternasionalTim Nasional CuracaoJakarta International Stadium (JIS)

Berita Terkini