x

Sukses Tekuk Persis Solo 2-1, Seto: PSS Sleman Main Buruk!

Minggu, 11 September 2022 13:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, menilai permainan timnya sangat buruk, tapi bisa menang atas Persis Solo 2-1 di Liga 1. Foto: PSS Sleman

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, menilai permainan timnya sangat buruk, tapi bisa menang atas Persis Solo 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (10/9/22). Seto pun berbicara campur tangan Tuhan atas kemenangan di Liga 1 ini.

Bermain tanpa Ze Valente benar-benar membuat permainan PSS Sleman kurang bergairah. Jihad Ayoub kesulitan untuk menghidupkan lini tengah PSS yang digempur Sutanto Tan dan Taufik Febriyanto.

Baca Juga

Sepanjang babak pertama, Persis Solo lebih banyak memiliki peluang. Untungnya, deretan peluang itu tak jadi gol. Situasi bertahan sampai awal babak kedua.

Persis Solo lagi-lagi memiliki peluang mutlak lewat Taufik dan Sutanto Tan, tapi belum bisa jadi gol. Justru satu peluang tak berbahaya PSS lewat sundulan Dave Mustaine berbuah gol menit ke-56.

Sundulan Dave sebenarnya cukup pelan. Tapi sundulan itu justru salah diantisipasi bek Persis Solo, Fabiano Beltrame. Berniat membuang bola, sundulan balasan Fabiano malah mengarah ke gawang timnya sendiri.

Baca Juga

Gol itu benar-benar mengubah situasi hingga akhirnya gol kedua didapat PSS lewat Irkham Zahrul Milla menit ke-68. Persis Solo hanya mendapat gol telat lewat Samsul Arif menit ke-93.

Seto Nurdiyantoro benar-benar bersyukur atas hasil yang didapat timnya. Seto mengakui timnya bermain buruk dari lini belakang hingga depan.

"Hasil ini pasti kami syukuri dan ini pasti campur tangan Tuhan, bagaimana tidak, kita bermain sangat buruk, tapi kami memenangkan pertandingan. Ini yang kami syukuri," ucap Seto usai pertandingan.

Baca Juga

Seto menilai performa buruk itu berkaitan dengan organisasi permainan yang tak berjalan sesuai rencana. Alhasil, dari sisi penguasaan bola, Persis Solo lebih unggul.

"Tuhan menginginkan kami menang, walaupun kami bermain sangat jelek. Bagaimana kami defense, bagaimana kami menyerang, tapi dua gol itu akhirnya efektif," tutur Seto.

"Ini menjadi pembelajaran buat kami untuk lebih memperbaiki diri, baik dari sisi organisasi defense, organisasi menyerang, hari ini sangat kacau, tapi kami bersyukur bisa menang," lanjut Seto.


1. Kemenangan untuk Suporter

Prediksi pertandingan antara PSS Sleman vs Persis Solo (BRI Liga 1).

Kemenangan justru didapat saat suporter Brigata Curva Sud dan Slemania tak hadir di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Kedua kelompok suporter itu pilih tak ke stadion karena sedang berduka, atas berpulangnya dua anggota BCS, Tri Fajar Firmansyah dan  Aditiya Eka Putranda.

Baca Juga

Seto pun mendedikasikan kemenangan ini untuk para suporter, terutama yang mau mengikuti tim Elang Jawa berproses di Liga 1 2022/2023.

"Kemenangan ini jelas kita tujukan untuk teman-teman suporter, yang selalu mendukung dan mendoakan kami. Ini khusus teman-teman yang tahu dari awal bagaimana proses kami terbentuk, ini untuk mereka. Harapannya ke depan kita akan lebih baik," ucap Seto.

Tambahan tiga poin membuat PSS Sleman naik ke peringkat delapan di klasemen Liga 1 2022/2023. PSS mengoleksi 12 poin hasil tiga kemenangan, tiga hasil seri dan menelan tiga kekalahan.

Baca Juga

Seto berharap tren positif ini akan berlanjut pada laga-laga berikutnya. Paling tidak, catatan buruk laga kandang sedikit tertutupi dengan kemenangan ini.

"Pertandingan hari ini, salah satunya mereka terbebani dengan hasil minor sebelumnya. Kemungkinan itu salah satu faktor kenapa organisasi permainan kacau, cara bertahan kacau, salah satunya itu," jelas Seto.

Baca Juga

"Mudah-mudahan kami bisa evaluasi, bicara dari hati ke hati dengan para pemain. Paling tidak dengan kemenangan ini sedikit meringankan beban mereka," imbuh Seto.

PSS Sleman akan kembali bertanding pada Kamis (14/09/22), dengan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Bogor.


2. Hasil Liga 1 PSS Sleman vs Persis Solo

Logo Liga 1 2022-2023.

Berikut adalah hasil pertandingan pekan kesembelian Liga 1 Indonesia 2022/23 antara PSS Sleman vs Persis Solo.

Pertandingan putaran kesembilan antara kedua tim tersebut akan tersaji di markas PSS Sleman, Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, pada Sabtu (10/09/22) pukul 18.15 WIB.

Sebagai tim tamu, Persis Solo memiliki rekor laga tandang yang buruk. Pasalnya, Laskar Sambernyawa selalu kalah saat melawat ke Stadion Maguwoharjo.

Walaupun keduanya berada di papan tengah klasemen sementara Liga 1 musim ini, PSS Sleman lebih baik, karena berada di peringkat 13, dengan membukukan sembilan poin.

Sementara Persis Solo berada di peringkat 15 klasemen, karena baru membukukan dua kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan lima kali kekalahan, dengan torehan tujuh poin.

Baca selengkapnya: Hasil Liga 1 PSS Sleman vs Persis Solo: Diwarnai Gol Bunuh Diri, Laskar Sambernyawa Keok Lagi

PSS SlemanPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroBerita Liga 1

Berita Terkini