x

Termasuk BIS, PSSI Daftarkan 4 Stadion Ini Bila Terpilih jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Selasa, 13 September 2022 15:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Stadion Banten International. Foto: Instagram@stadion.banten

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen), Yunus Nusi sudah menentukan empat stadion bila nantinya terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Selasa (13/09/22).

PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia diketahui memang sedang mengajukan diri untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga

Terkait pengajuan diri sebagai tuan rumah, PSSI pun sudah menyiapkan beberapa stadion yang akan menggelar turnamen ini.

Di mana PSSI telah menyiapkan empat stadion apabila nantinya Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ajang Piala Asia 2023.

Keempat venue itu yakni Stadion Pakansari (Cibinong), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), dan Banten International Stadium (Banten).

Baca Juga

Terkait empat stadion ini, PSSI pun menegaskan harus memutar otak dan sudah melakukan komunikasi dengan pihak AFC.

Sebab memang perhelatan Piala Asia 2023 berdekatan dengan Piala Dunia U-20 yang juga berlangsung di tahun 2023 dan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Baca Juga

Sebagai informasi, Indonesia tidak sendiri dalam mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Selain Indonesia, ada Qatar dan Korea Selatan yang juga ingin menjadi tuan rumah pada ajang bergengsi empat tahunan tersebut.


1. Alasan Utama

Stadion Pakansari salah satu yang dipersiapkan sebagai salah satu venue jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Yunus Nusi pun menjelaskan mengapa pada akhirnya pihak PSSI memilih empat stadion ini yang bakal diajukan kepada AFC.

Sebab menurutnya, alasan utama PSSI mendaftarkan stadion-stadion itu karena tidak digunakan dalam perhelatan Piala Dunia U-20 nanti.

Baca Juga

"Iya kita masukkan semua, memang salah satu persyaratan kan sebulan harus sudah clear," buka Yunus Nusi.

"Sudah kami masukan semuanya ada Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Patriot, BIS, dan itu venue-venue yang sangat memungkinkan karena tidak dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023," tambah Yunus Nusi.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Sementara Piala Asia dijadwalkan berlangsung 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Baca Juga

2. Stadion Representatif

Stadion Patriot salah satu yang dipersiapkan sebagai salah satu venue jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Sedangkan untuk ajang Piala Dunia U-20 memang agak berbeda, dimana PSSI menyiapkan enam stadion yang akan menggelar perhelatan tersebut.

Venue  antara lain, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga

Dengan adanya perhelatan Piala Dunia, maka Yunus tidak memasukan keenam stadion tersebut untuk Piala Asia 2023.

"Sementara kita ada Piala Dunia. Maka apabila  hambatannya adalah karena sebulan sebelum dimulainya Piala Asia untuk pilih stadion. Maka kami bisa saja mengajukan untuk menggunakan stadion stadion yang bukan digunakan untuk Piala Dunia," jelas Yunus Nusi.

"Kemudian stadion-stadion lain yang tak digunakan Piala Dunia. Kita ajukan beberapa stadion yang representatif, kira-kira 10 ada, lebih," tutup Yunus.

PSSITimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Stadion JIS

Berita Terkini