x

Melihat Kembali Aksi Borussia Dortmund Terakhir Kali Bermain di Indonesia Tahun 2007

Rabu, 14 September 2022 18:34 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Borussia Dortmund, Marco Reus merayakan gol bersama rekan setim REUTERS-Thilo Schmuelgen

INDOSPORT.COM - Borussia Dortmund sendiri ini adalah lawatan keduanya berkunjung ke Tanah Air. Sebelumnya, mereka sudah pernah mampir ke Indonesia pada tahun 2007 lalu.

Klub raksasa Liga Jerman Borussia Dortmund mengumumkan akan menjalani tur ke kawasan Asia Tenggara, tepatnya ke Singapura, Vietnam dan Indonesia pada akhir November mendatang.

Baca Juga

Dikutip dari situs resmi klub, Selasa, Borussia Dortmund akan menjalani tur tersebut berbarengan dengan gelaran Piala Dunia 2022, sehingga diperkirakan beberapa pemain utama mereka tidak akan ambil bagian.

Direktur manajemen Borussia Dortmund Carsten Cramer mengatakan pihaknya dengan senang hati untuk mengunjungi suporter mereka di kawasan Asia Tenggara.

Terlebih beberapa waktu sebelumnya mereka tidak bisa berkunjung karena larangan berpergian karena pandemi COVID-19.

Baca Juga

Di sisi lain, Direktur Olahraga Borussia Dortmund Sebastian Kehl mengatakan jeda kompetisi akibat Piala Dunia merupakan gangguan yang unik karena pertama kali dilakukan.

"Penting juga bagi kami untuk menggunakan minggu-minggu ini sebaik mungkin bagi para pemain yang tidak ambil bagian di Piala Dunia. Itu juga termasuk pemain dari U23 dan U19 kami, yang ingin kami perkenalkan ke skuad senior di level tinggi," ujar Kehl.

"Perjalanan yang mengasyikkan ini akan membantu dalam hal itu dan kami menantikannya, karena selain tantangan olahraga, kami melihatnya sebagai kewajiban bagi Borussia Dortmund untuk mewakili klub kami dan seluruh Bundesliga secara internasional," sambungnya.

Baca Juga

Senada dengan Kehl, pelatih Borussia Dortmund Edin Terzic mengatakan lawatan timnya ke kawasan Asia Tenggara untuk menghadapi beberapa klub lokal merupakan sesuatu yang penting.

"Ketika ada jadwal pertandingan yang ketat, biasanya hampir tidak ada waktu dalam perjalanan ke luar negeri untuk berhubungan dengan negara dan orang-orangnya," ungkap Terzic.

"Ini berbeda dalam kasus luar biasa ini, dan selain beberapa pertandingan olahraga yang menarik.

"Saya menantikan untuk bertemu sebanyak mungkin penggemar Hitam & Kuning dari negara-negara di Asia Tenggara dan merayakan semangat bersama kami untuk BVB kami dengan mereka," sambung dia.

Menurut kabar terbaru, Borussia Dortmund di Indonesia akan menghadapi Persib Bandung dan Persebaya Surabaya dalam pertandingan yang berbentuk trofeo di mana semua tim akan bertemu.

Hingga kini belum ada kabar pasti di mana Die Borussien akan bertanding menghadapi Persib dan Persebaya serta tanggal berapa mereka akan melakukan pertandingan tersebut.

Bagi Borussia Dortmund sendiri ini adalah lawatan keduanya berkunjung ke Tanah Air. Sebelumnya, mereka sudah pernah mampir ke Indonesia pada tahun 2007 lalu. Seperti apa kiprahnya?


1. Main Format Trofeo

Pemain Borussia Dortmund, Marco Reus merayakan gol bersama rekan setim REUTERS-Thilo Schmuelgen

Promotor Borussia Dortmund ke Indonesia, Ninesport mengungkapkan bahwa The Black and Yellows tertarik untuk berlatih tanding dengan Persija. Namun, gagal terwujud karena penyebab yang dirahasiakan.

"Kami juga sempat berkomunikasi dengan Persija. Pastinya Dortmund juga ingin melawan Persija karena ada Thomas Doll di situ," ujar CEO Ninesport, Arif Putra Wicaksono, di Maikeru Japanese Dining, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

"Cuma karena ada satu dan lain hal, akhirnya kami membawa Dortmund ke Persib dan Persebaya," katanya menambahkan.

Borussia Dortmund akan bertanding dalam format trofeo pada lawatannya ke Indonesia dengan melawan Persib dan Persebaya. Sebab, The Black and Yellows hanya bisa bertanding sekali.

"Saya melihatnya tetap bagus karena konsep trofeo. Dortmund cuma punya kesempatan sekali bermain di Indonesia," ucap Arif.

"Tentu dua klub Indonesia akan mendapatkan pengalaman. Fans-fansnya juga bisa merasakan menonton timnya melawan klub Eropa," tambahnya.


2. Dortmund Hanya Menang Tipis

Pemain Borussia Dortmund, Marco Reus merayakan gol bersama rekan setim REUTERS-Thilo Schmuelgen

Pada 2007 silam, mereka juga pernah hadir ke Indonesia. Ketika itu, Dortmund yang dimanajeri pelatih Persija sekarang, Thomas Doll. bersua Indonesia Selection.

Pertandingan digelar pada Desember 2007, Indonesia berkesempatan menjajal kekuatan Dortmund asuhan Thomas Doll.

Dalam laga yang diguyur hujan lebat sejak awal hingga akhir, skuad Garuda memberikan perlawanan ciamik kepada Dortmund.

Dortmund ketika itu diperkuat nama-nama lawas macam Roman Weidenfeller, Mladen Petric, Nelson Valdez, hingga Christian Worns.

Sedangkan Indonesia diperkuat Markus Horison, Firman Utina, Bambang Pamungkas, hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

Menekan sepanjang laga, Dortmund akhirnya hanya menang tipis 1-0, lewat gol penalti Mladen Petric.

Kebanggaan tersendiri bagi Indonesia mampu menahan Dortmund dengan skor 0-1 kala itu.

Untuk lawatannya kali ini, Dortmund akan melakukan uji coba dengan tim lokal. Namun, sejauh ini, belum ada informasi tentang tanggal, lokasi laga, dan juga siapa yang akan jadi lawan Dortmund.

Dortmund juga tidak akan datang dengan kekuatan penuh. Beberapa pemain mereka akan membela Timnas masing-masing di ajang Piala Dunia 2022. Alhasil, mereka akan banyak melibatkan pemain muda.

"Penting bagi kami untuk memaksimalkan para pemain yang tak ikut ke Piala Dunia 2022. Dalam tur nanti, kami akan memasukkan para pemain dari U-23 dan U-19," ujar Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Sebastian Kehl.

Kami ingin mengenalkan mereka ke tim senior yang bermain di level tinggi," sambungnya.

Bundesliga JermanPersija JakartaBorussia DortmundLiga Jerman

Berita Terkini