x

Tiru Manchester City, 3 Klub Portugal yang Bisa Dibeli Todd Boehly untuk Jadi ‘Adik’ Chelsea

Sabtu, 17 September 2022 18:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Todd Boehly, pemilik baru Chelsea. Foto: REUTERS-Tony Obrien

INDOSPORT.COM – Berikut tiga klub Portugal yang bisa coba dibeli Todd Boehly untuk menjadi ‘adik’ Chelsea, seiring keinginannya meniru langkah Manchester City.

Belakangan pimpinan konsorsium pemilik Chelsea, Todd Boehly, dilaporkan ingin membeli klub baru untuk menjadi ‘adik’ dari klub miliknya saat ini.

Baca Juga

Hal ini seperti halnya yang dilakukan Manchester City, di mana klub berjuluk The Cityzens itu memiliki beberapa ‘Sister’ klub.

‘Sister’ klub yang dimiliki itu berjumlah 11 klub dan tersebar di seluruh dunia, dari Brasil, Uruguay, Italia, Prancis hingga Jepang.

Karena kesuksesan Man City beserta induknya, City Football Group tersebut, Todd Boehly berencana menerapkannya di Chelsea.

Baca Juga

Selain terinspirasi oleh City Football Group milik Man City itu, pria asal Amerika Serikat ini juga terinspirasi oleh Red Bull Group yang memiliki banyak klub sepak bola.

““Kami akan terus menambah sumber daya dengan memiliki model multi-club. Saya ingin terus meninggalkan jejak,” ucap Boehly.

“Ada berbagai negara yang telah mendapatkan keuntungan dengan memiliki klub, seperti Red Bull dan Man City,” jelasnya.

Baca Juga

Dalam usahanya memilliki ‘adik’ untuk Chelsea, Todd Boehly dilaporkan akan membeli klub Portugal. Pasalnya, negara tersebut dirasa cocok mengembangkan bakat-bakat muda The Blues untuk tampil di Liga Inggris.

Jika rencana ini dijalankan, klub Portugal mana saja yang bisa dibeli oleh Todd Boehly untuk menjadi ‘adik’ Chelsea? Berikut daftar tiga klub tersebut.


1. 1. Rio Ave

Lucas Piazon, pemain Rio Ave FC.

Rio Ave merupakan salah satu klub di papan atas Portugal, Liga Bwin. Klub ini memiliki profil yang cocok untuk dijadikan ‘adik’ bagi Chelsea.

Alasan Rio Ave cocok menjadi ‘adik’ Chelsea karena hubungan kedua tim yang telah terjalin sejak era Roman Abramovich, atau pemilik The Blues sebelum Todd Boehly.

Baca Juga

Rio Ave pernah menjadi tempat beberapa pemain muda dari akademi Chelsea untuk menimba ilmu. Salah satu pemain yang terkenal adalah Lucas Piazon.

Lucas Piazon sempat dipinjamkan ke Rio Ave beberapa waktu silam, meski pada akhirnya dirinya tak bisa menembus skuad utama Chelsea dan terbuang.

Baca Juga

Selain itu, Rio Ave juga andal dalam mengolah para pemain muda, sama halnya seperti Benfica, Sporting CP, Braga dan juga FC Porto.

Todd Boehly pun bisa membeli klub tersebut dan mengirim para pemain muda Chelsea menjalani karier profesional pertamanya di Rio Ave sembari mengasah bakatnya.


2. 2. Vitoria Guimaraes

Vitoria Guimaraes vs Olympique Marseille.

Sama seperti Rio Ave, Vitoria Guimaraes merupakan salah satu klub mapan Portugal. Klub ini sering menghuni papan tengah dan empat besar Liga Portugal.

Meski tak memiliki hubungan spesial dengan Chelsea, tetapi tim ini bisa dikatakan andal dalam mengelola bakat-bakat muda di sepak bola.

Baca Juga

Di Liga Portugal U-19 grup Utara musim ini, Vitoria Guimaraes mampu bersaing di papan atas, dengan menempati peringkat ke-4 dari 12 tim.

Selain itu, Vitoria Guimaraes dikenal sebagai tim pemasok bakat-bakat muda Portugal untuk tim-tim besar di atasnya seperti FC Porto, Sporting CP dan Benfica.

Baca Juga

Salah satu jebolan Vitoria Guimaraes adalah Nuno Espirito Santo, yang berhasil membawa FC Porto menjuarai Piala UEFA dan Liga Champions.

Belum lagi dengan nama seperti Nuno Assis yang pernah menimba ilmu di Vitoria Guimaraes hingga akhirnya menjadi salah satu andalan Portugal.


3. 3. Boavista

Marlon da Silva saat masih berlatih bersama Boavista pada 2014.

Boavista merupakan klub terakhir yang bisa coba dibeli Todd Boehly untuk menjadi ‘Sister’ Chelsea dalam pengembangan bakat muda.

Dibandingkan Rio Ave dan Vitoria Guimaraes, Boavista lebih dikenal akan kehebatannya memoles produk-produk berkualitas untuk Timnas Portugal.

Baca Juga

Kebetulannya, beberapa pemain jebolan Boavista itu pernah mengecap sukses bersama Chelsea, kendati saat bergabung The Blues, mereka bermain di tim lain terlebih dulu.

Sebut saja nama-nama seperti Jose Bosingwa yang bergabung Chelsea dari FC Porto pada 2008 silam. Diketahui, ia pernah menimba ilmu di Boavista.

Baca Juga

Lalu ada pula nama Raul Meireles, yang bergabung Chelsea pada 2011 dari Liverpool. jauh sebelumnya, ia merupakan produk akademi Boavista.

Dengan pengaruh dua pemain jebolan akademi Boavista itu, klub Liga Inggris, Chelsea, bisa mencoba memberi penawaran kepada klub Portugal tersebut.

ChelseaManchester CityBola InternasionalTRIVIATodd BoehlyOne Football

Berita Terkini