x

Bedah Formasi Curacao Kontra Timnas Indonesia: Garuda Lawan Miniatur Liga Belanda!

Selasa, 20 September 2022 11:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat prediksi formasi yang bakal digunakan skuat Curacao saat hadapi Timnas Indonesia dalam ajang FIFA Matchday akhir pekan nanti.

INDOSPORT.COM – Melihat prediksi formasi yang bakal digunakan skuat Curacao saat hadapi Timnas Indonesia dalam ajang FIFA Matchday akhir pekan nanti.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah memiliki calon lawan untuk agenda FIFA Matchday terakhir di tahun 2022 ini.

Baca Juga

Melansir dari laman resmi PSSI, disebutkan bahwa skuat Garuda akan dijadwalkan menghadapi Curacao dalam agenda FIFA Matchday di bulan September mendatang.

Tak hanya sekali Timnas Indonesia menghadapi Curacao, tetapi duel internasional dari dua konfederasi yang berbeda ini akan dilangsungkan sebanyak dua kali.

Duel pertama Timnas Indonesia kontra Curacao terjadi pada 24 September di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sementara kedua terjadi pada 27 September di Pakansari.

Baca Juga

Dirtek PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa lawan Timnas Indonesia tak hanya berhenti di curacao, melainkan sudah ada lawan untuk di FIFA Matchday tahun 2023 mendatang.

Diatas kertas, Curacao sendiri merupakan lawan yang cukup berat buat Timnas Indonesia lantaran perbedaan ranking FIFA yang jauh.

Per 2022 ini, Curacao yang merupakan wakil wilayah CONCACAF berada di urutan 84 FIFA. Sementara Timnas Indonesia dari ASIA hanya bertengger di peringkat 155.

Baca Juga

Selain itu, skuat asuhan Remko Bicentini ini juga dipenuhi dengan sejumlah pemain yang mentas di kompetisi top Eropa seperti Liga Belanda dan Liga Inggris.

Bermaterikan pemain yang mentas di sejumlah kompetisi top Eropa, bakal seperti apakah kekuatan Curacao saat hadapi Timnas Indonesia nanti? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Formasi Curacao Kontra Timnas Indonesia

Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket

Melansir dari laman Transfermakt dan laman resmi sepak bola Curacao, ada 23 nama pemain yang akan dibawa pelatih Remko Bicentini ke Indonesia untuk hadapi laga persahabatan FIFA akhir pekan nanti.

Dari daftar pemain tersebut, diketahui bahwa Timnas Curacao hanya membawa 2 pemain yang bermain di liga lokal mereka.

Baca Juga

Selain itu, ada juga lima pemain yang saat ini masih berstatus tanpa klub namun mempunyai rekam jejak tampil di Eropa seperti Leandro Bacuna yang sempat bermain buat Cardiff dan Aston Villa.

Sementara sisanya adalah pemain-pemain keturunan dengan darah Belanda dan kini sedang bermain di level Eredivisie serta Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda.

Dengan materi pemain seperti itu, tak heran jika Timnas Indonesia bakal mendapat perlawanan cukup sengit dari Curacao pada ajang FIFA matchday nanti.

Baca Juga

Bersama pelatih Remko Bicentini, tampaknya Timnas Curacao akan mengandalkan formasi 4-2-3-1 yang memang sudah jadi trademark sang juru latih saat membesut La Familia Azul tahun 2016 hingga 2020 lalu.

Lewat formasi tersebut, maka lini belakang Curacao akan memainkan kuartet pertahanan alias empat pemain yang akan membantu penjaga gawang menahan gempuran lawan.

Empat pemain bertahan yang bakal mengisis pos ini adalah Michael Maria, Leandro Bacuna, Cuco Martina serta Jurien Gaari.

Baca Juga

Selain Leandro Bacuna yang sudah diketahui banyak jam terbang di Eropa, ketiga pemain lain di lini pertahanan Curacao ternyata juga merupakan bintang di level Eropa.

Di mulai dari dua wingback Michael Maria dan Jurien Gaari, keduanya adalah pemain dari Liga Eredivisie. Michael Maria merupakan eks NAC Breda, sementara Jurien Gaari adalah tumpuan RKC Waalwijk.

Keempat pemain tersebut akan saling bahu membahu untuk membantu kiper Tyrick Bodak menghalau serangan pemain-pemain Indonesia pada uji coba nanti.


2. Eks Liga Belanda Milik Curacao Jadi Ancaman Timnas Indonesia

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Untuk lini tengah, kekuatan Curacao juga tak kalah mentereng lantaran dihuni bintang-bintang top seperti Vurnon Anita dan Roly Bonevacia sebagai holding midfielder, serta duet Kenji Gorre dan Elson Hooi di sisi sayap.

Sama seperti pos sebelumnya, pemain di sektor tengah ini juga pengalaman bermain di kompetisi top Eropa.

Baca Juga

Vurnon Anita adalah gelandang jangkar milik RKC Waalwijk, sedangkan Roly Bonevacia sempat jadi andalan Roda JC sebelum akhirnya hengkang ke Al-Tadamon SC di Liga Kuwait.

Untuk membantu penyerangan dari second line, Curacao dipastikan akan mengandalkan kecepatan serta akurasi tembakan Juninho Bacuna di posisi attacking midfielder.

Pemain berusia 25 tahun tersebut memang cukup bersinar sepanjang musim ini, lantaran mampu catatkan tiga assists dari 10 pertandingan bersama Birmingham di divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris.

Terakhir adalah sektor penyerang alias striker tunggal yang tampaknya akan ditempati Rangelo Janga. Penyerang berusia 30 tahun tersebut merupakan mesin gol Timnas Curacao dan bertengger di urutan kedua top skor sepanjang masa dengan koleksi 13 gol.

Secara karier, Rangelo Janga sempat memperkuat sejumlah tim Eropa seperti Willem II, Excelsior, Gent hingga CFR Cluj yang bertahan sampai musim ini.

Lantas dengan formasi diatas, akankah Timnas Indonesia menumbangkan Curacao dan amankan poin pada ajang FIFA matchday kali ini? Menarik dinantikan.

Prediksi Formasi Timnas Curacao (4-2-3-1):
Tyrick Bodak; Michael Maria, Leandro Bacuna, Cuco Martina, Jurien Gaari; Vurnon Anita, Roly Bonevacia; Kenji Gorre, Juninho Bacuna, Elson Hooi; Rangelo Janga.

Timnas IndonesiaTim Nasional CuracaoOne Football

Berita Terkini