x

Tak Disangka! 9 Bintang Naturalisasi Gaek Indonesia Ini Masih Aktif Bermain dan Eksis di Liga 2

Selasa, 20 September 2022 19:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Deretan pemain naturalisasi gaek Indonesia yang ternyata masih aktif bermain dan kini sedang eksis di Liga 2 Indonesia musim 22/23.

INDOSPORT.COM – Melihat deretan pemain naturalisasi gaek Indonesia yang ternyata masih aktif bermain dan kini sedang eksis di Liga 2 Indonesia musim 22/23.

Pada gelaran Liga 2 musim ini, cukup banyak kejutan yang terjadi dan diprediksi bakal semakin memanaskan kompetisi kasta kedua Liga Indonesia tersebut.

Baca Juga

Salah satunya adalah kehadiran tim legendaris dan penuh prestasi, Persipura Jayapura sebagai peserta usai musim lalu terdegradasi dari Liga 1.

Berbekal pemain bintang jebolan Timnas Indonesia sekelas Ramai Rumakiek, Patrich Wanggai hingga Ricardo Salampessy, membuat Persipura dipastikan bakal jadi penantang juara musim ini.

Selain Persipura, kehadiran tim-tim legendaris Liga Indonesia seperti Sriwijaya FC, Semen Padang, Persela Lamongan hingga PSMS Medan juga kian membuat kompetisi semakin menarik.

Baca Juga

Tak cuma dari sisi tim, kehadiran para pemain naturalisasi senior di sejumlah klub turut menjadikan Liga 2 musim ini banjir sorotan dari penonton.

PSIM misalnya, demi mengusung misi lolos ke Liga 1 musim depan mereka resmi merekrut salah satu mesin gol dan eks striker naturalisasi Timnas Indonesia, Cristian Gonzales.

Pemain berusia 46 tahun direkrut PSIM dengan status pinjaman dari klub RANS Nusantara.

Baca Juga

Hengkangnya striker berjuluk El Loco tersebut diakui COO RANS Nusantara, Darius Sinathrya sebagai keinginan sang pemain demi mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Selain Cristian Gonzales, ternyata cukup banyak pemain naturalisasi gaek Indonesia yang kini masih eksis bermain dan mentas di kompetisi Liga 2 22/23.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum:


1. Guy Junior Ondoua

Striker anyar Sriwijaya FC, Guy Junior.

Nama pertama adalah Guy Junior Ondoua. Pemain kelahiran Kamerun tersebut merupakan striker yang jadi ujung tombak klub asal Sumatera Selatan, Sriwijaya FC.

Pada tahun 2016 lalu, pemain berusia 36 tahun ini resmi menjadi WNI setelah sebelumnya memperkuat sejumlah tim lokal Liga Indonesia seperti PS Palembang, Gresik United, Persidafon, Persebaya dll.

Baca Juga

Sepanjang gelaran Liga 2 musim ini, Guy Junior tampil cukup moncer dengan mencetak dua gol dari empat pertandingan bersama Sriwijaya FC.

Yoo Hyun-goo
Berikutnya ada Yoo Hyun-goo. Gelandang asal Korea Selatan yang sudah tampil di Liga Indonesia sejak tahun 2010 ini, juga masih eksis di Liga 2 dan memperkuat Sriwijaya FC.

Setelah berkarier dan menetap cukup lama di Indonesia, akhirnya pada tahun 2021 lalu sang gelandang yang kini berusia 39 tahun itu resmi mendapat kewarganegaraan Indonesia.

Baca Juga

Silvio Escobar
Usai pertama kali tiba di Liga Indonesia pada tahun 2014 lalu dengan memperkuat Persepam Madura Utama, tampaknya Silvio Escobar sudah langsung jatuh hati dengan Tanah Air.

Terbukti, stiker kelahiran Paraguay ini tak pernah keluar dari Indonesia selama lima tahun berturut-turut hingga akhirnya ia mendapat status WNI pada 2019 lalu.

Di musim ini, Silvio Escobar yang sudah berusia 36 tahun masih eksis bermain dengan memperkuat Semen Padang. Statistiknya pun terbilang oke, yakni mencetak tiga gol dari tiga laga.

Baca Juga

Mamadou Barry
Satu lagi striker naturalisasi yang kini eksis di Liga 2 yakni Mamadou Barry bersama klub Persewar Waropen.

Pemain kelahiran Guinea tersebut sempat bermain di Liga Indonesia pada musim 2006 hingga 2010 dengan memperkuat Persipal Palu, kemudian tampil bersama Persires Rengat selama satu tahun.

Meski sudah cukup lama memenuhi persyaratan untuk menjadi WNI, namun baru pada tahun 2021 lalu Mamadou Barry resmi mendapat kewarganegaraan Indonesia.


2. Herman Dzumafo

Herman Dzumafo melakukan selebrasi usai berhasil membobol gawang Barito Putera pada laga Liga 1. FOTO: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Bagi pecinta sepak bola nasional, nama Herman Dzumafo mungkin sudah tak asing lagi lantaran stiker kelahiran Kamerun itu sudah malang melintang memperkuat klub Liga Indonesia sejak musim 2008 lalu.

Saat ini, Herman Dzumafo yang sudah berusia 42 tahun tersebut masih aktif bermain dengan memperkuat Bekasi City di Liga 2 dan mencetak satu gol dari empat pertandingan.

Baca Juga

Sackie Doe
Berikutnya ada Sackie Doe. Sama dengan Herman Dzumafo, pemain kelahiran Liberia ini juga sempat malang-melintang di Liga Indonesia dengan memperkuat Deltras Sidoarjo, Bhayangkara FC, Barito Putera, PS Bangka dan beberapa klub lokal lain.

Usai menjadi WNI, Sackie Doe kini masih aktif bermain di Liga Indonesia dengan memperkuat Gresik United pada gelaran Liga 2 musim 22/23.

Khairallah Abdelkbir
Sejak hengkang ke Bhayangkara FC pada 2016 lalu, Khairallah Abdelkbir terus menetap di Indonesia dan memperkuat sejumlah klub lokal Tanah Air.

Di tahun 2021 lalu, gelandang kelahiran Maroko tersebut resmi mendapat status WNI dan membuatnya kian eksis di Liga 2 musim ini dengan memperkuat Persekat Tegal.

Godstime Ouseloka
Terakhir adalah Godstime Ouseloka. Pemain asal Nigeria ini tercatat pernah bermain untuk klub Divisi Utama (Liga 2) Persebaya Surabaya DU pada musim 2013 dan sukses membawa timnya juara pada waktu itu.

Selain itu, Godstime Ouseloka diketahui juga pernah memperkuat PSBK Blitar dan PSMS Medan pada musim kompetisi 2014.

Usai menjadi WNI, kini Godstime Ouseloka tampil di Liga 2 dengan memperkuat klub asal Sumatera Utara, PSDS Deli Serdang.

NaturalisasiLiga 2

Berita Terkini