x

Shin Tae-yong, Dulu Tumbangkan Jerman kini Bawa 2 Generasi Timnas Indonesia Lolos Piala Asia

Senin, 19 September 2022 16:37 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Statistik mentereng Shin Tae-yong saat melatih, mulai dari tumbangkan Jerman di Piala Dunia hingga bawa Timnas Indonesia berbeda generasi lolos Piala Asia.

INDOSPORT.COM – Statistik mentereng Shin Tae-yong saat melatih sampai saat ini, mulai dari tumbangkan Jerman di Piala Dunia hingga bawa Timnas Indonesia berbeda generasi lolos Piala Asia.

Pada Minggu (18/09/22) malam WIB, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengikuti langkah sang senior dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 yang digelar tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

Dalam laga pamungkas kualifikasi Grup F yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, skuat Timnas Indonesia U-19 harus menghadapi rival sesama ASEAN yakni Vietnam untuk amankan tiket lolos.

Ditengah dukungan penuh suporter, Hokky Caraka nyaris saja membuka keunggulan timnas Indonesia di menit ke-4, namun ia tampak tidak tenang sehingga bola justru melebar tipis.

Selang beberapa menit, kombinasi ciamik dari Ronaldo Kwateh juga hampir saja membuat gawang Vietnam kebobolan. Tetapi, sang pemain justru gagal mengejar bola.

Baca Juga

Meski banyak menekan, namun hingga peluit tanda jeda turun minum berbunyi tidak ada gol yang berhasil dicetak para pemain Timnas Indonesia U-19.

Drama pun terjadi pada babak kedua. Setelah sekian banyak serangan, akhirnya Marselino mampu memecah kebuntuan dan membawa Timnas Indonesia unggul di menit ke-61’.

Namun hanya dalam tempo 13 menit, Vietnam secara mengejutkan mampu membalikkan kedudukan lewat gol bunuh diri Ferrari serta Xuan Tien.

Baca Juga

Di sisa 10 menit pertandingan, semangat pantang menyerah yang ditampilkan anak asuh Shin Tae-yong akhirnya berbuah manis usai Ferrari dan Rabbani cetak gol pembalik keadaan sekaligus membawa Timnas Indonesia menang 3-2.

Dengan hasil ini, maka skuat Garuda Muda berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-20 dengan status sebagai juara Grup F.

Tak hanya melanjutkan tren lolos Piala Asia U-20 yang sudah terjadi sejak 2018 lalu, ada satu catatan manis yang juga berhasil ditorehkan pelatih kepala Shin Tae-yong.


1. Shin Tae-yong Buktikan Kualitas

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan.

Dengan keberhasilan lolos Piala Asia U-20, maka Shin Tae-yong sukses memecahkan rekor sebagai pelatih skuat Garuda pertama yang mampu membawa timnas berbeda generasi tampil di kompetisi tertinggi antar benua kuning.

Seperti diketahui, sebelum membawa Timnas U-19 ke Piala Asia U-20, Shin Tae-yong lebih dulu menghantarkan skuat Garuda senior lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga

Timnas Indonesia berhasil lolos dari babak kualifikasi dengan status runner up terbaik, mengungguli tim kuat Kuwait yang berada di tempat ketiga Grup A.

Keberhasilan tersebut sejatinya juga sudah memecahkan rekor, di mana Shin Tae-yong sukses mengakhiri puasa Timnas Indonesia tampil di Piala Asia selama kurang lebih 13 tahun.

Selain mampu membawa dua Timnas Indonesia berbeda umur lolos Piala Asia, Shin Tae-yong juga jadi pelatih pertama yang bakal menukangi timnas di gelaran Piala Asia secara bersamaan.

Baca Juga

Sebagai informasi, terakhir kali Timnas Indonesia U-19 dan senior sama-sama lolos Piala Asia sudah terjadi sangat lama yakni pada tahun 2004.

Dan di tahun 2023 nanti, skuat Garuda akan kembali mengulang momen tersebut.

Shin Tae-yong akan lebih dulu mengawal Timnas U-19 bertanding di AFC U-20 pada bulan Maret, kemudian pada bulan Juni baru memimpin skuat senior di AFC Cup 2023.

Baca Juga

Dengan membawa dua Timnas Indonesia berbeda generasi lolos ke Piala Asia, semakin membuktikan betapa jeniusnya taktik Shin Tae-yong saat menukangi sebuah tim.

Sebelum membesut Timnas Indonesia, sejatinya Shin Tae-yong sudah punya jam terbang melatih sangat banyak bahkan sukses membawa Korea Selatan mempermalukan raksasa Eropa, Jerman di Piala Dunia.

Momen tersebut terjadi pada gelaran Piala Dunia 2018 silam. Saat itu, Korea Selatan besutan Shin Tae-yong mampu mengalahkan Jerman arahan Joachim Low dengan skor 2-0.

Namun sayang, meski berhasil menang namun Korea Selatan gagal lolos dari penyisihan grup lantaran di dua pertandingan awal sudah telan kekalahan dari Swedia dan Meksiko.


2. Pujian Media Asing

Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Tak hanya sukses buktikan kualitas kepelatihannya, prestasi impresif Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia juga mendapat sorotan dari sejumlah media asing termasuk dari negara Vietnam.

Laman Soha asal Vietnam, memuji penampilan skuat Shin Tae-yong dan menyoroti prestasi sang pelatih yang sukses cantata kemenangan perdana atas Vietnam. 

Baca Juga

“Mengatasi Vietnam untuk pertama kalinya, pelatih Shin Tae-yong ‘meledak’  dengan gembira,” tulis media tersebut.

Menurut media ini, kemenangan Muhammad Ferrari dan kolega tersebut atas Golden Warriors juga berhasil mengangkat beban yang selama ini dipikul Shin Tae-yong.

Bagaimana tidak. Pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini menandai pertama kalinya Shin Tae-yong dan skuad Garuda Muda mengalahkan Vietnam.

Timnas Indonesia di bawah besutan Shin Tae-yong sudah lima kali bertemu Vietnam pada semua ajang kelompok umur. Empat laga sebelumnya berakhir dua kali kalah dan dua kali imbang.

Shin Tae-yong dan murid-muridnya kalah telak 0-4 di kualifikasi Piala Dunia, 0-3 di SEA Games ke-31 Hanoi, serta hanya meraih hasil imbang 0-0 di Piala AFF 2020 dan 0-0 di turnamen Piala AFF U-29 2022.

“Dengan demikian, tidak hanya memenangkan pertandingan pertama, tetapi Shin Tae-yong dan anak didiknya juga mencetak gol untuk pertama kalinya ke gawang timnas Vietnam,” sebut media ini.

Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023One FootballKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini