x

Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Thailand Masih di Ujung Tanduk

Senin, 19 September 2022 14:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, tetapi Thailand justru menangis karena nasibnya berada di ujung tanduk

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, tetapi Thailand justru menangis karena nasibnya berada di ujung tanduk.

Timnas Thailand U-20 masih harus menunggu satu bulan untuk bisa menyusul Indonesia dan Vietnam setelah gagal finis sebagai juara Grup G Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, sebagian besar pertandingan grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 sudah rampung digelar pada Minggu (18/09/22), kecuali Grup H yang baru akan dimainkan Oktober mendatang.

Timnas Indonesia U-20 sukses lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan usai menaklukkan Vietnam dengan skor 3-2 laga pamungkas Grup F tadi malam.

Hasil ini membuat pasukan Shin Tae-yong finis sebagai juara grup dengan meraup 9 poin sempurna dari 3 pertandingan. Selain itu, mereka mencetak  12 gol dan hanya kebobolan  3 gol.

Baca Juga

Sebelum menaklukkan Vietnam, Timnas Indonesia U-20 juga sukses menggasak Timor Leste 4-0 dan Hong Kong 5-1.

Vietnam, sementara itu, juga lolos menemani langkah Indonesia ke Uzbekistan. Sebab, mereka bisa menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2022.

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam, nasib Thailand justru berada di ujung tanduk dengan mereka hanya mampu finis kedua di grup dengan koleksi enam poin.

Baca Juga

Pasukan Gajah Perang tersebut sejatinya mengawali Grup G Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan catatan apik. Mereka sukses menaklukkan Afghanistan 3-0 dan Filipina 3-2 di dua pertandingan pertama.

Sayangnya, Thailand gagal meraih kemenangan penting di laga terakhir. Mereka takluk dengan skor 0-1 dari tuan rumah Omah yang dimainkan hari Minggu malam WIB.

Satu-satunya gol kemenangan yang dicetak Oman datang dari sepakan kaki Ahad Al-Mashaikhi pada menit ke-21.


1. Thailand di Ujung Tanduk karena Jadi Runner-up Kelima

Logo Piala Asia 2023.

Finish sebagai runner-up Grup G bukan berarti Thailand bisa langsung lolos ke putaran final Piala Asia U-20 karena mereka belum tentu lolos di antara lima runner-up terbaik di ajang ini.

Thailand, yang mengoleksi 6 poin, masih kalah secara agregat gol, dari Vietnam (+7), Kyrgyzstan (+7), China (+6), dan Suriah (+3).

Baca Juga

Thailand sejatinya punya selisih gol yang sama dengan Suriah, namun kalah dari poin disiplin yakni catatan kartu kuning.

Raksasa Asia Tenggara tersebut mencatatkan minus sembilan (-9) sementara Suriah mencatat minus delapan (-8).

Para pemain Thailan juga harus dibua ketar-ketir lantaran status mereka sebagai salah satu runner-up terbaik baru bisa dipastikan bulan depan.

Baca Juga

Pasalnya, masih ada satu grup lagi yang belum merampungkan serangkaian pertandingan babak penyisihan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Grup tersebut adalah Grup H yang dihuni oleh Australia, Irak, India dan Kuwait. Penyelenggaraan Grup H harus ditunda menjadi 14 Oktober karena  Australia sempat mengundurkan diri.

Australia memutuskan untuk mundur karena Irak menjadi tuan rumah. Irak diketahui tengah menghadapi krisis politik domestik yang menyebabkan Young Socceroos khawatir akan keamanan para para pemainnya.

Baca Juga

Oleh karenanya, AFC memutuskan memindahkan venue ke Kuwait. Imbasnya, penyelenggaraan laga-laga Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pun harus diundur ke tanggal 14 Oktober 2022.

Andai empat tim di Grup H tersebut bisa mengungguli poin dan selisih gol Thailand, maka Gajah Perang harus mengubur mimpinya tampil di ajang Piala Asia U-20 2023.


2. Shin Tae-yong Pecah Telur Lawan Vietnam

Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Menurut media Vietnam, Soha, kemenangan Muhammad Ferarri dan kolega tersebut atas Golden Warriors juga berhasil mengangkat beban yang selama ini dipikul Shin Tae-yong.

Bagaimana tidak. Pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini menandai pertama kalinya Shin Tae-yong dan skuad Garuda Muda mengalahkan Vietnam.

Timnas Indonesia di bawah besutan Shin Tae-yong sudah lima kali bertemu Vietnam pada semua ajang kelompok umur. Empat laga sebelumnya berakhir dua kali kalah dan dua kali imbang.

Shin Tae-yong dan murid-muridnya kalah telak 0-4 di kualifikasi Piala Dunia, 0-3 di SEA Games ke-31 Hanoi, serta hanya meraih hasil imbang 0-0 di Piala AFF 2020 dan 0-0 di turnamen Piala AFF U-29 2022.

“Dengan demikian, tidak hanya memenangkan pertandingan pertama, tetapi Shin Tae-yong  dan anak didiknya juga mencetak gol untuk pertama kalinya ke gawang timnas Vietnam,” sebut media ini.

Selain menyoroti keberhasilan Shin Tae-yong ‘pecah telur’ melawan Vietnam, Sohu sangat terkesan dengan performa Timnas Indonesia U-20 di sepanajng Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia U-20 2023, Catatan Impresif Shin Tae-yong  Disorot Media Vietnam

VietnamThailandBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini