x

Euforia Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam, Pedagang Marchandise Ini Ikut Kecipratan Untung

Senin, 19 September 2022 05:02 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ilham Oktafian
Euforia laga Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ikut memberi dampak positif bagi pada pedagang kaki lima, khususnya penjual marchandise.

INDOSPORT.COM - Euforia laga Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ikut memberi dampak positif bagi pada pedagang kaki lima, khususnya penjual marchandise.

Abdul Rahman, salah satu pedagang atribut Timnas yang jauh-jauh datang dari Bandung mengaku ikut kecipratan untung.

Baca Juga

Penunjukkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya sebagai tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, mulai memberi efek positif di sektor ekonomi.

Contohnya Abdul Rahman, yang berasal dari Bandung. Dia merupakan penjual atribut timnas. Rahman pun datang jauh-jauh hari ke Kota Pahlawan untuk mengais rezeki.

"Saya berenam dari Bandung ke sini. Bawa mobil rombongan dengan membawa dagangan timnas selama satu minggu disini," jelas Rahman.

Baca Juga

"Sebelumnya juga dagang baju yang sama. Kalau timnas main di Cikarang ya kami kesana, begitu pula saat bermain di Jalak Harupat, ya ke Bandung lagi," pungkas dia.

Sesuai prediksi, laga paling ramai ada pada di matchday ke-3 Minggu (18/9/22). Terutama ketika Timnas Indonesia U-20 menjamu Vietnam dalam penentuan peringkat klasemen.

Pertemuan dua kekuatan besar di sepak bola Asia Tenggara itu pun menarik minat tinggi. Masyarakat Surabaya dan sekitarnya berbondong-bondong menuju Stadion GBT. Hal ini lantas memberi dampak positif bagi Rahman.

Baca Juga

"Sejak pertandingan pertama, hari ini memang yang paling ramai," aku dia.

"Saya sampai kewalahan meladeni pembeli," beber Abdul Rahman.


1. Ikut Kecipratan Untung

Pedagang penjual syal beratribut Timnas Indonesia dijual berjejer di Stadion GBT.

Rahman menambahkan, jika lapaknya menjual item-item bernuansa Timnas Indonesia yang beragam. Mulai baju Timnas Indonesia untuk ukuran dewasa dan anak-anak, syal, topi hingga bendera mini.

"Yang paling laris tentu adalah baju dan syal. Banyaknya anak-anak yang datang juga membuat baju ukuran anak cukup laris," beber dia.

Baca Juga

Tak pelak, situasi ini cukup menguntungkan. Kendati tak menyebut detail, namun disinyalir omset penjual marchandise non resmi ini di kisaran 5 juta perhari.

Hitung-hitungan itu mengambil estimasi jika satu buah baju dewasa yang dibanderol Rp100 ribu, bisa laku sampai 50 baju per harinya.

Kendati bersifat non resmi, namun keberadaan para penjual ini berdampak signifikan. Setidaknya, sektor ekonomi di masyarakat turut bergerak lewat kehadiran Timnas Indonesia bertanding.

Baca Juga

Adapun, Timnas Indonesia U-20 sendiri sukses menang dramatis atas Vietnam pada Minggu (18/09/22). Bagaimana tidak, dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut Garuda Muda menang dengan skor 3-2.

Kejar-kejaran skor terjadi. Timnas Indonesia U-20 unggul lebih dulu di paruh kedua melalui tendangan roket Marcelino Ferdinand.

Namun gol tersebut hanya bertahan selama 6 menit setelah Vietnam mampu menyamakan skor melalui gol bunuh diri Muhammad Ferrari.

Baca Juga

Pada menit ke-78 Vietnam malah berbalik unggul. Beruntung Timnas Indonesia U-20 mampu menyamakan kedudukan melalui Ferrari di menit ke-81.

Seisi Stadion Gelora Bung Tomo kemudian bersorak saat Rabbani Tasnim mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-84. Gol tersebut bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 keluar sebagai juara grup dengan koleksi 9 angka hasil 3 laga yang sudah dimainkan.


2. Dibocorkan Shin Tae-yong, Momen Ini Bikin Timnas Indonesia U-20 Berapi-api Hancurkan Vietnam

Dinh Xuan Tien sumbang 2 gol kemenangan Vietnam atas Hong Kong Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Shin Tae-yong membocorkan momen krusial di balik Timnas Indonesia U-20 hajar Vietnam dengan skor dramatis di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dramatis. Kata tersebut rasanya cocok untuk menggambarkan laga antara timnas Indonesia U-20 vs Vietnam pada Minggu (18/09/22).

Bagaimana tidak, dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut Garuda Muda menang dengan skor 3-2.

Kejar-kejaran skor terjadi. Timnas Indonesia U-20 unggul lebih dulu di paruh kedua melalui tendangan roket Marcelino Ferdinand.

Namun gol tersebut hanya bertahan selama 6 menit setelah Vietnam mampu menyamakan skor melalui gol bunuh diri Muhammad Ferrari.

Baca selengkapnya: Dibocorkan Shin Tae-yong, Momen Ini Bikin Timnas Indonesia U-20 Berapi-api Hancurkan Vietnam

VietnamBola InternasionalTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia 2023Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini