x

Dibocorkan Shin Tae-yong, Momen Ini Bikin Timnas Indonesia U-20 Berapi-api Hancurkan Vietnam

Senin, 19 September 2022 01:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ilham Oktafian
Shin Tae-yong membocorkan momen krusial di balik Timnas Indonesia U-20 hajar Vietnam dengan skor dramatis di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong membocorkan momen krusial di balik Timnas Indonesia U-20 hajar Vietnam dengan skor dramatis di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dramatis. Kata tersebut rasanya cocok untuk menggambarkan laga antara timnas Indonesia U-20 vs Vietnam pada Minggu (18/09/22).

Baca Juga

Bagaimana tidak, dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut Garuda Muda menang dengan skor 3-2.

Kejar-kejaran skor terjadi. Timnas Indonesia U-20 unggul lebih dulu di paruh kedua melalui tendangan roket Marcelino Ferdinand.

Namun gol tersebut hanya bertahan selama 6 menit setelah Vietnam mampu menyamakan skor melalui gol bunuh diri Muhammad Ferrari.

Baca Juga

Pada menit ke-78 Vietnam malah berbalik unggul. Beruntung Timnas Indonesia U-20 mampu menyamakan kedudukan melalui Ferrari di menit ke-81.

Seisi Stadion Gelora Bung Tomo kemudian bersorak saat Rabbani Tasnim mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-84.

Gol tersebut bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 keluar sebagai juara grup dengan koleksi 9 angka hasil 3 laga yang sudah dimainkan.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 pun berhak mengunci satu tiket untuk lolos ke Piala Asia U-20 2023. Usai laga berakhir, Shin Tae-yong memberikan komentarnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut membocorkan momen krusial di balik Timnas Indonesia U-20 hajar Vietnam dengan skor dramatis di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.


1. Bocorkan Momen Krusial

Dinh Xuan Tien sumbang 2 gol kemenangan Vietnam atas Hong Kong Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Menurut Shin Tae-yong, momen penting bagi Timnas Indonesia U-20 terjadi saat Garuda Muda menyamakan kedudukan melalui gol Ferrari.

Gol tersebut, kata Shin Tae-yong mampu membalikkan kepercayaan diri Timnas Indonesia U-20 yang sempat mengendur usai kecolongan gol Vietnam.

Baca Juga

"Pemain merasa pertandingan (melawan Vietnam) akan berjalan mudah setelah mencetak gol pertama," beber Shin Tae-yong dalam post-match press conferrence.

"Namun lawan bermain baik dan membalas hingga 2 gol. Kami lalu mencetak gol penyeimbang dan meningkatkan kepercayaan diri," sambung dia.

"Gol ketiga yang dilesakkan pemain adalah bukti bahwa tim ini semakin tangguh (dalam hal mental bertanding)," beber Shin Tae-yong.

Baca Juga

Adapun, kemenangan ini pun membuat Shin Tae-yong tak sungkan lagi memberikan pujian setinggi langit kepada pemain. 

Pasalnya, Zanadin Fariz dkk berhasil menjawab ekspektasi suporter dengan sempurna. Indonesia dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun depan.

"Terima kasih kepada semua pemain atas kerja kerasnya. Saya sangat bangga dengan mereka," ungkap juru taktik kebangsaan Korea Selatan tersebut.

Baca Juga

Hasil ini pun menempatkan Indonesia berada di puncak klasemen Grup F dengan 9 poin. Selain kemenangan atas Vietnam, Indonesia juga menaklukkan Timor Leste 4-0 dan Hong Kong 5-1.

"Tetapi pasti akan ada evaluasi bagi tim ini ke depannya. Tetap ada perbaikan agar tim ini lebih baik lagi," tuntas eks Pelatih Timnas Korea Selatan itu.


2. Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Timnas Indonesia vs Vietnam: Dramatis, Garuda Terbang Tinggi

Pertandingan antara Vietnam vs Hong Kong Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Berikut hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, antara timnas Indonesia vs Vietnam, Minggu (18/09/22). Di mana skuad Shin Tae-yong bungkam The Golden Stars 3-2.

Pertandingan pamungkas yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Hokky Caraka langsung memulai duel dengan pemain belakang timnas Vietnam.

Hokky Caraka nyaris saja membuka keunggulan timnas Indonesia di menit ke-4, namun ia tampak tidak tenang sehingga bola justru melebar tipis.

Kombinasi ciamik dari Ronaldo Kwateh di menit ke-9 hampir saja membuat gawang Vietnam kebobolan. Tetapi, ia justru gagal mengejar bola.

Keributan terjadi di tengah lapangan, setelah pemain Vietnam melakukan pelanggaran keras kepada Hokky Caraka di menit ke-12.

Baca selengkapnya: Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Timnas Indonesia vs Vietnam: Dramatis, Garuda Terbang Tinggi

VietnamBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia 2023Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini