x

3 Laga Terbaik Curacao Lawan Tim-Tim Asia, Ancaman bagi Timnas Indonesia?

Kamis, 22 September 2022 17:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia memulai persiapan jelang menghadapi laga FIFA Match Day melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi lawan lumayan tangguh di FIFA Matchday pekan ini yakni Curacao.

Dari segi ranking, Curacao memang mengangkangi jauh Indonesia lantaran berada di peringkat 84 FIFA per tanggal 25 Agustus 2022.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas Indonesia terpaut setidaknya 71 tangga dari Curacao di klasemen. Mereka saat ini bertengger di ranking 155.

Timnas Curacao sendiri sudah mencetak cukup prestasi di dunia si kulit bundar meski bukan berasal dari negara besar.

Curacao merupakan negara yang berada di wilayah Laut Karibia. Dalam bahasa Belanda, Timnas sepak bola mereka bernama Curaçaose Voetbal Bond (CVB) yang didirikan pada tahun 1921.

Baca Juga

Sejak pertama berdiri, tim yang bernaung di bawah bendera CONCACAF ini sudah menggondol sejumlah gelar walau namanya tidak bergema seperti Meksiko, AS, Kanada, maupun Trinidad Tobago.

Selain itu, Timnas Curacao sepanjang perjalanannya pun sudah sering memakai jasa para pelatih Belanda macam Patrick Kluivert dan Guus Hiddink.

Sekarang, mereka pun ditangani pelatih asal Negeri Kincir Angin, Remko Bicentini. Eks pemain De Treffers tersebut sempat keluar masuk Timnas Curacao, hingga yang terkini bergabung pada tahun 2022 ini.

Baca Juga

Lantas seperti apa kekuatan Curacao jelang lawan Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday tanggal 24 September mendatang?

Berdasarkan catatan sejarah, mereka pernah punya catatan yang lumayan saat melawan tim-tim dari Benua Asia. 


1. King's Cup 2019

Pemain Curacao berlatih jelang hadapi Timnas Indonesia.

Semifinal King’s Cup 2019

Yang pertama dibahas adalah semifinal King’s Cup 2019 di mana Timnas Curacao bersua wakil Asia Selatan India.

Hanya diikuti empat negara, Curacao dan India langsung berjumpa di putaran semifinal. Pada waktu bersamaan, Vietnam dihadapkan dengan Thailand.

Baca Juga

Di pertandingan yang digelar pada 5 Juni 2019 tersebut, Curacao berhasil tampil sebagai pemenang dengan skor 3-1.

Tiga gol mereka kala itu dicetak oleh Roly Bonevacia, Elson Hooi, dan Leandro Bacuna. Sementara itu. India hanya bisa menceploskan satu bola ke gawang Curacao melalui Sunil Chhetri.

Hasil tersebut secara otomatis membuat Curacao lolos ke final dan berjumpa Vietnam, tim yang baru menekuk Thailand di laga semifinal lainnya.

Baca Juga

Final Kings’ Cup 2019

Mengalahkan India, meski dipandang sebagai kesuksesan saat bersua tim-tim sepak bola Asia, pada dasarnya belum seberapa.

Bagaimana tidak? Di final, Curacao berjumpa lawan yang berkali-kali lipat lebih berat dan sudah sering dianggap sebagai tim kuat di kancah sepak bola Benua Kuning.

Mereka bermain imbang 1-1 melawan Vietnam di partai final, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Baca Juga

Akan tetapi, setelah 2x15 menit tidak ada satu pun tim yang berhasil mencetak tambahan gol. Alhasil, pertandingan beralih ke babak adu penalti.

Timnas Curacao pun tampil sebagai juara King’s Cup 2019 setelah unggul adu penalti 5-4 atas Vietnam di final.


2. Melawan Tuan Rumah Piala Dunia

Pemain Curacao berlatih jelang hadapi Timnas Indonesia.

Selain dua pertandingan yang cukup lumayan melawan tim-tim Asia di King’s Cup 2019, mari beralih sejenak ke partai nonkompetitif Timnas Curacao vs Qatar pada tahun 2017.

Bertajuk laga persahabatan, pertandingan ini digelar pada Oktober 2017 dan berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Curacao.

Baca Juga

Dua gol untuk Curacao masing-masing dicetak oleh Leandro Bacuna dan Elson Hooi, sedangkan Qatar harus puas lewat sumbangsih gol semata wayang Hassan Al-Haydos.

Skuad Curacao dan Timnas Indonesia

Jelang berangkat ke Indonesia pekan ini, Curacao diketahui sempat melakukan perubahan di susunan skuadnya.

Awalnya, mereka menarik keluar Qulindschy Hartman dan Ruwendy Sumter, memasukkan Dylan Timber dan Shedrion Mathilda.

Baca Juga

Namun setelah itu, mantan pemain Newcastle United, Vurnon Anita, yang mengalami cedera harus keluar dan digantikan oleh Ayrton Statie.

Dua pemain andalan mereka yang cukup rajin mencetak gol yakni Leandro Bacuna dan Elson Hooi tercatat dalam daftar yang dibawa Remko Bicentini untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Pertandingan pertama Timnas Indonesia vs Curacao akan digelar pada 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Baca Juga

Setelah itu, mereka dijadwalkan berjumpa kembali di pertandingan kedua yang akan diselenggarakan pada Stadion Pakansari, Bogor, pada 27 September 2022.

Untuk menghadapi Curacao, Shin Tae-yong sudah memanggil 23 pemain untuk bergabun

Timnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini