x

3 Alasan Timnas Indonesia Bakal Menang atas Curacao

Jumat, 23 September 2022 17:05 WIB
Editor: Juni Adi
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia punya alasan mereka bisa menang atas Curacao meski secara peringkat di ranking FIFA mengalami perbedaan signifikan.

Duel seru tersaji di pertandingan uji coba resmi FIFA atau FIFA Matchday, antara Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, pada Sabtu (24/09/22) malam WIB.

Baca Juga

Pertandingan wajib dimanfaatkan dengan cermat oleh Timnas Indonesia, karena kemenangan bisa membawa mereka naik di tabel ranking FIFA terbaru nanti.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 155 dunia dengan mengumpulkan 1019,19 poin. Sementara Curacao berada di peringkat 84 dengan mengumpulkan 1295,35 poin. 

Jika mampu meraih kemenangan melawan Curacao, Timnas Indonesia bakal mendapat tambahan poin 7,41 per kemenangan.

Baca Juga

Sementara hasil imbang mendapat tambahan 2,4 poin, dan kalah mendapat pengurangan 2,6 poin.

Jika Timnas Indonesia mampu meraih dua kemenangan di pertandingan uji coba ini, pada 24 dan 27 September 2022, maka asumsinya Skuad Garuda bakal mendapat tambahan 14,82 poin.

Total Indonesia akan memiliki poin FIFA 134,01 dan naik ke peringkat 151 menggeser Afghanistan, Yaman, Andorra, dan Republik Dominika.

Baca Juga

Melihat pentingnya kemenangan demi mendongkrak posisi di ranking FIFA, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap anak asuh Shin Tae-yong bisa meraih hasil maksimal.

"Mudah-mudahan para pemain bisa melakukan yang terbaik untuk menaikkan ranking FIFA. Kalau menang [melawan Curacao], nantinya akan lagi [ranking Timnas]," kata Mochamad Iriawan.

Pertandingan ini juga akan kembali diharapkan tuah pelatih Shin Tae-yong, yang telah sukses meloloskan tim senior ke Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20 2023.

Namun, upaya meraih kemenangan atas Curacao diprediksi tidak akan mudah bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, calon lawannya punya pemain-pemain bagus yang memperkuat tim Eropa.

Kendati batal diperkuat eks Newcastle United, Vurnon Anita, yang mengalami cedera punggu, Curacao masih memiliki banyak pemain berkualitas seperti Rangelo Janga, asal klub divisi teratas Liga Rumania CFR Cluj.

Karenanya secara kualitas, Curacao bakal jadi lawan yang tangguh untuk Timnas Indonesia nanti. Kendati demikian, Skuad Garuda punya alasan untuk bisa menang. 


1. Dukungan Publik Tuan Rumah

Jumpa pers jelang laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao di Bandung, Jumat (23/09/22).

Bermain di kandang sendiri menjadi keuntungan lebih bagi Timnas Indonesia menghadapi Curacao, karena mereka bisa mendapat dukungan penuh dari publik tuan rumah.

Seperti diketahui, timnas Indonesia senior memang jarang sekali beberapa waktu belakangan ini berlaga di rumahnya sendiri.

Piala AFF 2021 lalu mereka bermain di Singapura, sedangkan Kualifikasi Piala Asia 2023 bermain di Kuwait. 

Haus melihat Elkan Baggott dan kolega bermain di rumah sendiri akan jadi antusiasme tinggi publik tanah air memberikan dukungan kepada tim merah putih.

Untuk pertandingan pada Sabtu, 24 September 2022 nanti, Timnas Indonesia akan bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Didukung penuh oleh masyarakat Tanah Air, tentu jadi penguat mentalitas Timnas Indonesia dihadapan lawan.

Misi Perbaiki Peringkat FIFA

Andai mampu kalahkan Curacao, Timnas Indonesia akan mendapat keuntungan yakni naiknya peringkat mereka di ranking resmi FIFA secara signifikan.

Timnas Curacao kini bertengger di peringkat 84 dunia sedangkan Timnas Indonesia menempati posisi ke-155 dunia di ranking FIFA.

Melawan negara 100 besar menjadi salah satu agenda dari pelatih Shin Tae-yong, untuk mengukur kekuatan tim sebelum berlaga di Piala Asia 2023 nanti.

“Masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk mencari tim dengan peringkat 50-100 (di FIFA Matchday),” ujarnya kepada awak media bulan Juni lalu. 

Kini, Curacao akhirnya setuju menjadi lawan Timnas Indonesia setelah sempat menemui banyak kendala. 

Seandainya menang dua laga, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 14,82 poin dan membuat koleksi angka di ranking FIFA menjadi 1.033,28 poin.

Artinya, dengan tambahan 14,82 poin yang didapat dari pertandingan uji coba itu, maka Tim Merah Putih akan naik empat peringkat di ranking FIFA menjadi ke posisi 151 dunia.

Timnas Indonesia kangkangi empat negara di atasnya, yakni Republik Dominika (1.031 poin), Andorra (1.028 poin), Yaman (1.023 poin) dan Afghanistan (1.023 poin).

Saking krusialnya laga Timnas Indonesia melawan Curacao, pelatih Shin Tae-yong akan memainkan skuad terbaiknya termasuk memanggil pulang pemain abroad seperti Egy Maulana Vikri hingga Elkan Baggott dipanggil pulang membela Timnas Indonesia.


2. Timnas Indonesia Dalam Tren Positif

Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket

Timnas Indonesia menantang Curacao dengan penuh percaya diri lantaran mereka tengah dalam performa yang apik. Di lima pertandingan terakhir, Skuad Garuda hanya kalah satu kali.

Sisanya tiga kali menang dan satu kali imbang. Termasuk mampu mengalahkan Kuwait dan menang besar atas Nepal 7-0 di Kualifiksi Piala Asia 2023.

Berbanding terbalik dengan calon lawannya Curacao. Negara kepulauan Karibia itu punya catatan negatif, dimana mereka hanya menang satu kali dari lima pertandingan terakhir.

Hal itu bisa jadi keuntungan bagi Timnas Indonesia untuk bisa mencuri kemenangan. Selain karena statistik tim, kondisi stamina para pemain Curacao yang baru saja menempuh perjalanan jauh, bisa jadi keuntungan lainnya.

Karena perjalanan jauh bisa menguras tenaga, sehingga minimal satu pertandingan bisa dimenangkan oleh Timnas Indonesia, dari rencananya dua kali bertemu nanti.

FIFATimnas IndonesiaTim Nasional CuracaoTRIVIAShin Tae-yong

Berita Terkini