x

Rekor Shin Tae-yong Melawan Tim CONCACAF, Timnas Indonesia Berpotensi Bantai Curacao?

Jumat, 23 September 2022 11:49 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong 2.

INDOSPORT.COM – Berikut rekor Shin Tae-yong kala melawan tim-tim dari zona CONCACAF jelang pertemuan Timnas Indonesia melawan Curacao.

Timnas Indonesia akan menjalani laga FIFA Matchday melawan tim dari zona CONCACAF atau zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, yakni Curacao.

Baca Juga

Laga melawan Curacao sendiri disebutkan akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni pada tanggal 24 dan 27 September 2022.

Duel ini pun dijadwalkan akan digelar di dua tempat berbeda, di mana laga pertama akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari Bogor.

Bagi Timnas Indonesia, laga melawan Curacao ini menjadi kesempatan emas untuk mengukur kekuatan skuad Garuda melawan tim besar.

Baca Juga

Maklum saja, Curacao terhitung sebagai tim besar karena duduk di peringkat ke-84 dunia, unggul 71 peringkat atas Timnas Indonesia.

Di sisi lain, laga ini juga menjadi kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk menaikkan ranking FIFA, dengan catatan wajib memenangkan dua laga melawan Curacao.

Untuk menang atas Curacao tentu tak akan mudah. Pasalnya, La Familia Azul memiliki materi pemain yang berkiprah di kancah teratas Eropa.

Baca Juga

Meski begitu, Timnas Indonesia masih punya senjata pamungkas pada sosok sang pelatih, Shin Tae-yong, yang kebetulan punya rekor apik melawan tim-tim asal CONCACAF, atau zona di mana Curacao berasal.

Lalu, bagaimana rekor Shin Tae-yong melawan tim-tim CONCACAF tersebut dan siapa saja lawan yang pernah dihadapi? Berikut rangkumannya.


1. Rekor Apik Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat preskon usai pertandingan.

Sejak melatih tim nasional secara tetap pada 2015 silam, Shin Tae-yong tercatat telah 7 kali berhadapan dengan tim-tim CONCACAF.

Dalam 7 pertandingan tersebut, juru taktik berusia 51 tahun ini mampu meraih 3 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan.

Berikut lawan-lawan dari CONCACAF yang pernah dihadapi oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Honduras U-23 (Uji Coba)

Lawan perdana Shin Tae-yong melawan tim asal CONCACAF terjadi pada Juni 2016 kala dirinya memimpin Korea Selatan U-23 menghadapi Honduras U-23.

Dalam laga bertajuk uji coba tersebut, Shin Tae-yong mampu membawa anak asuhnya bermain imbang 2-2 dengan Honduras U-23.

2. Meksiko (Olimpiade 2016)

Dua bulan setelah melakoni laga perdana melawan Honduras U-23, Shin Tae-yong kembali bertemu wakil CONCACAF pada diri Meksiko. Kala itu, pertemuan ini terjadi di Olimpiade 2016.

Dalam duel tersebut, secara mengejutkan Shin Tae-yong mampu membawa Korea Selatan menang atas Meksiko dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga

3. Honduras (Olimpiade 2016)

Usai mengalahkan Meksiko, Korea Selatan besutan Shin Tae-yong berhasil lolos ke perempat final dan menghadapi Honduras.

Dalam babak perempat final Olimpiade 2016 tersebut, Korea Selatan harus rela menelan kekalahan dengan skor tipis 0-1 dari Honduras.


2. Laga Lainnya

Pelatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong dalam sesi latihan jelang kontra Swedia di Grup F Piala Dunia 2018, Senin (18/06/18).

4. Honduras U-20 (Uji Coba)

Setahun setelah Olimpiade 2016, Shin Tae-yong yang memimpin Korea Selatan U-20 menghadapi Honduras U-20 dalam sebuah laga uji coba.

Dalam pertandingan melawan Honduras U-20 ini, Shin Tae-yong berhasil membalaskan dendamnya di Olimpiade 2016 dengan meraih kemenangan 3-2.

Baca Juga

5. Jamaika (Uji Coba)

Usai resmi ditunjuk sebagai pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong melakoni laga uji coba menghadapi Jamaika pada Januari 2018.

Dalam laga tersebut, Shin Tae-yong hanya mampu membawa Taeguk Warriors bermain imbang 2-2 dengan Jamaika yang memiliki sederet pemain ternama.

6. Honduras (Uji Coba)

Beberapa bulan setelah menghadapi Jamaika, Shin Tae-yong membawa Korea Selatan kembali beruji coba dengan Honduras jelang Piala Dunia 2018.

Dalam laga uji coba tersebut, taktiknya mampu meluluhlantakkan Honduras dengan skor 2-0 lewat gol Son Heung-min dan Moon Seon-min.

Baca Juga

7. Meksiko (Piala Dunia 2018)

Pertemuan terakhir Shin Tae-yong dengan tim CONCACAF terjadi pada ajang Piala Dunia 2018 kala melawan Meksiko di fase grup.

Dalam laga kedua babak grup itu, Shin Tae-yong harus rela melihat anak asuhnya menelan kekalahan tipis 1-2, yang membuat langkah Taeguk Warriors untuk lolos ke babak gugur Piala Dunia 2018 menipis.

Timnas IndonesiaCONCACAFBola InternasionalTim Nasional CuracaoShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini