x

Formasi Atraktif Juventus Andai Dilatih Gian Piero Gasperini, Gawang Lawan Siap Banjir Gol!

Sabtu, 24 September 2022 21:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Potensi formasi yang bakal digunakan klub Liga Italia (Serie A), Juventus, andai resmi dilatih Gian Piero Gasperini. Gawang tim lawan auto banjir gol!

INDOSPORT.COM – Melihat potensi formasi yang bakal digunakan klub Liga Italia (Serie A), Juventus, andai resmi dilatih Gian Piero Gasperini. Gawang tim lawan auto banjir gol!

Beberapa pekan belakangan, nama Massimiliano Allegri menjadi pembicaraan mengingat prestasi Juventus terus anjlok di Liga Italia.

Baca Juga

Pasalnya, kembalinya Massimiliano Allegri ke Juventus beberapa musim lalu justru berbuah kegagalan dan membuat tim terus terpuruk.

Padahal, eks pelatih AC Milan ini adalah peletak kemapanan Juventus yang sempat meraih 11 trofi dalam lima tahun sang juru taktik di Turin.

Juventus belum memutuskan untuk memecat pelatih, tetapi media Italia mulai kasak-kusuk dengan memasukkan rumor pemecatan Allegri dan suksesor potensial.

Baca Juga

Rumor teranyar menyebut bahwa nama Antonio Conte dan Gian Piero Gasperini masuk dalam daftar kandidat pelatih baru Juventus.

Kontrak Conte bersama Tottenham Hotspur akan habis pada musim panas 2023 nanti dan rumor di Italia menyebut tak ada diskusi perpanjangan kontrak.

Di sisi lain, nama Gian Piero Gasperini juga masuk dalam kandidat calon pelatih Juventus selepas sukses bersama Atalanta.

Baca Juga

Performanya bersama Atalanta dengan gaya bermain menyerang dan menekan, membuat Atalanta kemudian menjadi pemimpin klasemen Liga Italia bersama Napoli.

Meski belum ada pernyataan resmi, namun tampaknya sosok Gian Piero Gasperini memang layak untuk menukangi Juventus dan berpotensi membawa Bianconeri kembali ke jalur kemenangan.

Andai benar bakal menggeser posisi Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juventus, bakal seperti apakah formasi yang diperagakan Si Nyonya Tua bersama Gian Piero Gasperini? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Formasi Juventus Bersama Gian Piero Gasperini

Pemain Juventus, Angel Di Maria dan rekan satu tim bereaksi setelah dikartu merah oleh wasit Fabio Maresca REUTERS-Alberto Lingria

Melansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Gian Piero Gasperini sangat mengandalkan skema permainan tiga bek dan menumpuk pemain tengah untuk mendomplek lini serang klubnya.

Dalam dua musim terakhir, Gian Piero Gasperini biasanya memainkan taktik 3-4-2-1 yang bertumpu pada dua gelandang serang atau second striker untuk membantu penyerang utama Atalanta.

Baca Juga

Berkaca dari skuat Juventus saat ini, strategi all out attack ala Gian Piero Gasperini sejatinya sangat bisa diperagakan, bahkan mungkin bakal lebih superior ketimbang tim yang dilatih sebelumnya.

Melihat skuat Juventus musim ini, maka trio lini belakang yang layak dipilih Gian Piero Gasperini adalah Bremer, Leonardo Bonucci dan Daniele Rugani.

Bagi Bremer dan Leonardo Bonucci, bermain dalam skema tiga dipastikan tidak terlalu sulit lantaran keduanya sudah cukup sering ditempatkan sebagai center back di formasi 3-5-2.

Baca Juga

Bahkan Bremer sangat tangguh bersama Torino musim lalu kala diplot sebagai ball playing defender dalam trio Ricardo Rodriguez, David Zima dan dirinya.

Pasangan tiga bek Bremer, Leonardo Bonucci dan Daniele Rugani, diprediksi bakal jadi tembok kokoh untuk membantu kiper Wojciech Szczesny menghadang serangan lawan.

Kemudian untuk barisan lini tengah, empat pemain bakal jadi motor serangan sekaligus penyaring aliran bola lawan agar tak menembus ke pertahanan sendiri.

Baca Juga

Berbeda dengan taktik Conte yang mengandalkan satu gelandang bertahan plus dua mezzala di sisi kiri dan kanan, dalam taktik Gasperini bakal memainkan dua gelandang bertahan yang juga berfungsi sebagai deep playing midfielder.

Di posisi ini, Leandro Paredes dan Paul Pogba diprediksi bakal jadi tandem sempurna sekaligus metronome pengatur siklus bola Juventus.

Paul Pogba memegang peran kunci di lini tengah Juventus dalam era Gasperini nanti. Kemampuannya dalam melepas umpan akurat, bakal jadi senjata rahasia Bianconeri saat alami deadlock.

Sementara Leandro Paredes lebih ke sosok gelandang pengangkut air, yang bertugas memutus serangan lawan dari lini tengah.


2. Lini Serang Juventus Kian Mengerikan Bersama Gasperini

Penyerang Juventus, Dusan Vlahovic saat berusaha duel dengan pemain Sampdoria, Omar Colley di Liga Italia.

Membantu penyerangan, dua wingback juga jadi senjata rahasia lain taktik Gasperini. Di posisi ini, Filip Kostic dan Juan Cuadrado jadi pemain yang paling layak dimainkan.

Kemudian di sektor penyerangan, ada dua second striker atau gelandang serang yang bakal membantu ujung tombak Juventus dalam menggempur pertahanan lawan.

Baca Juga

Berkaca dari skuat saat ini, tampaknya nama Federico Chiesa dan Angel Di Maria jadi sosok yang sempurna untuk mengisi pos tersebut.

Walau kerap dimainkan sebagai sayap, namun akurasi tembakan ditambah kemampuan akselerasi dalam melakukan dribbling, membuat keduanya bisa jadi senjata rahasia Juventus dari posisi second line.

Untuk melengkapi lini serang Juventus, Dusan Vlahovic yang kini jadi top skor sementara klub bakal jadi ujung tombak sempurna dan bisa membuat Si Nyonya Tua kembali ke jalur kemenangan.

Lantas dengan potensi formasi yang bakal dipakai andai dilatih Gian Piero Gasperini, mampukah Juventus kembali akhiri tren negatif dan puncaki klasemen Liga Italia musim ini? Menarik dinantikan.

JuventusMassimiliano AllegriGian Piero GasperiniLiga Italia

Berita Terkini