x

Produktivitas Gacor, 3 Pemain Buangan Barcelona yang Bersinar di Awal Musim 2022/23

Senin, 26 September 2022 19:02 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Gerard Deulofeu, pemain Udinese.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain buangan Barcelona mampu memperlihatkan produktivitas mentereng, hingga bersinar di awal musim 2022/23.

Tak selamanya nasib didepak dari tim sebesar Barcelona, menjadi pertanda bahwa kehebatan seorang pesepak bola akan berakhir.

Bermain bersama klub lain yang mungkin lebih kecil reputasinya dibanding Barca, justru bukan mustahil mampu mengembalikan sentuhan emas si pemain.

Baca Juga

Contoh nyata bisa dirasakan langsung oleh beberapa pemain buangan Blaugrana yang performanya secara mengejutkan melejit di awal musim 2022/23.

Mereka dulu memang sempat harus menjalani periode menyakitkan di skuat Catalan, tak mampu menembus tim utama, sampai akhirnya dilepas permanen.

Namun, seiring berjalannya waktu, mereka berhasil bangkit kembali dan menunjukkan kualitas terbaik dalam karier sepak bola.

Sejauh awal musim 2022/23 berjalan, mereka terlihat menawan bersama klubnya masing-masing, dan bahkan lumayan soal produktivitas.

Ada pemain yang produktif mencetak gol, produktif menghasilkan assists, serta ada yang produktif di dua-duanya.

Lantas, siapa sajakah para pemain buangan Barcelona yang secara performa mampu tampil mengesankan di awal berjalannya musim 2022/23?


1. 1. Gerard Deulofeu

gerard deulofeu

Gerard Deulofeu sempat dua kali merasakan momen pahit dibuang oleh klub masa kecilnya, Barcelona. Meski demikian, pemain asli produk La Masia ini mampu bangkit sekarang.

Musim panas 2015, Deulofeu yang gagal menembus tim utama dan mendapatkan menit bermain reguler, untuk pertama kalinya dijual Barcelona.

Ia kala itu dilepas ke klub Liga Inggris, Everton, dengan nilai transfer yang tergolong sangat murah, cuma enam juta euro saja.

Dua tahun berselang, setelah melewati petualangan di Everton dan semusim masa peminjaman bersama AC Milan, Deulofeu kembali ke Barcelona.

Bursa transfer musim panas 2017, manajemen Blaugrana membawa pulang Deulofeu dari Everton dengan total nilai transfer sebesar 12 juta euro.

Namun kepulangannya ke Camp Nou tak berujung manis, sebab ia dibuang lagi oleh Barca pada bursa transfer musim panas 2018.

Deulofeu sepertinya tak kenal menyerah untuk unjuk gigi, terbukti lewat performa menawannya pada awal musim 2022/23 bersama tim Liga Italia, Udinese.

Ia kini berhasil mengantarkan tim yang dianggap medioker, menjadi kekuatan baru mengerikan di pentas Serie A.

Udinese sekarang berhasil menempati urutan tiga klasemen sementara, yang mana Deulofeu berperan besar dengan catatan lima buah assists dari tujuh laga.

Baca Juga

2. Malcom

Malcom berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter.

Musim panas 2018, harusnya menjadi awal karier yang bahagia buat Malcom, karena diboyong tim raksasa Eropa seperti Barcelona.

Dibeli dari Girondis Bordeaux seharga 41 juta euro, Malcom digadang-gadang bakal menjadi kekuatan baru bagi amunisi lini depan Catalan.

Namun hal yang terjadi berikutnya, ternyata sungguh meleset dari ekspetasi awal publik terhadap sosok Malcom.

Pemain asal Brasil itu kesulitan menembus tim utama Barca, hanya mencatatkan 24 kali penampilan berbagai ajang sepanjang musim perdananya.

Tak mau ambil risiko merugi lebih jauh, manajemen Barcelona langsung menjual Malcom ke klub Rusia, Zenit, pada musim panas 2019.

Setelah beberapa musim kurang maksimal di Zenit, Malcom akhirnya mampu bangkit dan tampil begitu menawan pada awal musim 2022/23.

Sejauh ini, ia mampu menunjukkan produktivitas menawan, baik dari segi mencetak gol, maupun dalam hal menyumbangkan assists.

10 kali tampil membela Zenit di pentas Liga Rusia 2022/23, Malcom berhasil mencetak total enam buah gol dan enam assists.


2. 3. Xavi Simons

Wonderkid PSG, Xavi Simons, mengeksekusi penalti di laga Piala Prancis 2021/22 melawan OGC Nice. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

Xavi Simons sejatinya merupakan aset berharga bagi Barcelona, tapi entah mengapa malah didepak ke Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2019.

Sepanjang membela tim junior Barca, Xavi Simons memang menampilkan bakat yang amat menjanjikan, hingga kerap meraih gelar bergengsi maupun penghargaan individu.

Namun, seperti yang sudah disebutkan tadi, Barca akhirnya tidak melihat kemampuan Xavi Simons pantas untuk dipertahankan klub hingga nantinya menembus tim utama.

Baca Juga

Dilepas menuju PSG, karier Xavi Simons perlahan berkembang hingga mampu mendapat jatah promosi ke tim utama pada musim dingin 2022 lalu.

Meski demikian, Xavi Simons lagi-lagi tak dipercaya oleh klubnya sendiri, hingga dilepas secara gratis ke PSV Eindhoven pada musim panas 2022 kemarin.

Sekarang, kebersamaannya dengan PSV ternyata membuahkan hasil manis bagi karier sepak bola Xavi Simons.

Ia mampu tampil menawan di awal musim Liga Belanda 2022/23, dengan catatan tujuh penampilan dan mencetak enam gol serta tiga buah assists. 

BarcelonaGerard DeulofeuXavi SimonsMalcomBola Internasional

Berita Terkini