x

Timnas Indonesia Hajar Curacao Lagi, Nama Shin Tae-yong Berkumandang di Pakansari

Rabu, 28 September 2022 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Nama Shin Tae-yong berkumandang di Stadion Pakansari menyusul kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao di FIFA Matchday.

INDOSPORT.COM – Nama Shin Tae-yong berkumandang di Stadion Pakansari menyusul kemenangan timnas Indonesia atas Curacao di FIFA Matchday.

Beberapa saat lalu, timnas Indonesia menjalani laga kedua FIFA matchday dengan menghadapi Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/22).

Baca Juga

Dalam laga tersebut, pasukan Shin Tae-yong kembali meraih kemenangan atas lawannya, setelah meraih kemenangan di pertemuan pertama, Sabtu (24/9/22).

Baru berjalan tiga menit usai memulai inisiatif serangan, Timnas Indonesia langsung unggul cepat atas Curacao lewat gol Dimas Drajad.

Penyerang Persikab tersebut mencetak gol cepat tersebut memanfaatkan bola rebound hasil sepakan keras Witan Sulaeman di awal pertandingan.

Baca Juga

Pasca gol tersebut, Timnas Indonesia mencoba menambah perolehan golnya. Namun serangan Skuat Garuda urung berbuah hasil sekaligus menutup paruh pertama dengan keunggulan 1-0.

Di babak kedua, Curacao langsung tancap gas dan mampu mencetak gol balasan dengan cepat lewat gelandangnya, Jeremy Antonisse, sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Usai gol penyama kedudukan itu, laga berjalan dengan intensitas tinggi sehingga banyak pelanggaran tercipta. Salah satunya, Juninho Bacuna pun harus diusir wasit karena kartu merah.

Baca Juga

Di menit-menit akhir waktu normal, timnas Indonesia pun berhasil menambah keunggulan sekaligus mengunci kemenangan lewat gol Dendy Sulistyawan memanfaatkan assist Witan Sulaeman.

Kemenangan ini membuat sang maestro timnas Indonesia, Shin Tae-yong, langsung dielu-elukan para pendukung yang hadir di Stadion Pakansari dalam laga tersebut.

“Ale-ale, ale-ale Shin Tae-yong,” demikian seruan para pendukung timnas Indonesia.

“Shin Tae-yong, Shin Tae-yong, Shin Tae-yong,” nama pelatih asal Korea Selatan itu tetap bergaung.


1. Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Terbang Tinggi

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemainnya Dimas Drajad, usai FIFA Match Day menghadapi Curacao.

Momen tersebut berlangsung sesaat sebelum para pemain Timnas dan penghuni tribun menyanyikan lagu ‘Tanah Airku’ untuk merayakan kemenangan atas Curacao.

Baca Juga

Bukan hanya itu, pujian untuk Shin Tae-yong juga datang dari sejumlah netizen yang mengomentari video momen tersebut di akun Goal di Twitter. 

Beberapa netizen juga menyoroti perubahan taktik yang dipakai Shin Tae-yong, salah satunya mengandalkan tiki-taka di lini tengah yang mampu mengoyak pertahanan Curacao. 

Baca Juga

Memang tak mengherankan jika para pendukung bangga dan berterima kasih kepadan Shin Tae-yong. Pasalnya, sang pelatih menunjukkan progress nyata dan positif sejak mengambil alih Timnas Indonesia pada 2019 lalu.

Terbaru, dua kali kemenangan atas Curacao ini membawa Timnas Indonesia semakin terbang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan posisi Timnas Garuda merangkak naik ke posisi ke-151 di ranking FIFA terbaru.

Baca Juga

Dilansir laman Football Ranking, Skuat Garuda pun kini menduduki peringkat ke-152, setelah mendapatkan tambahan 14,71 poin.

Timnas Indonesia mampu melewati 3 negara berkat kemenangan dua kali atas Curacao, yakni Afghanistan, Yaman dan Republik Dominika, setelah sebelumnya duduk di peringkat ke-155 dunia.


2. PSSI Akan Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

PSSI akhirnya menjawab perihal perpanjangan kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. PSSI memberikan perpanjangan kontrak Shin Tae-yong selama empat tahun, Selasa (27/09/22).

Perihal perpanjangan kontrak Shin Tae-yong, diutarakan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pemberian perpanjangan kontrak selama empat tahun yang akan diberikan PSSI ke Shin Tae-yong pun bukan tanpa perhitungan matang.

Iriawan mengatakan bahwa hal ini sudah berdasarkan analisa dan prestasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

"Kontrak sesuai dengan anaslisa dan diskusi dengan pihak terkait. Bahwa ada beberapa kemajuan pesat yang terasa dari semua level Timnas Indonesia," ucap Iriawan.

"Kontrak Shin Tae-yong memang habis di tahun 2023, dengan semua aspek tersebut minimal kita perpanjang kontrak per empat tahun," jelas Iriawan.

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia Tunjukkan Progres Nyata, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong 4 Tahun

FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaTim Nasional CuracaoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini