x

Rilis Jersey untuk Piala Dunia 2022, Timnas Denmark Selipkan Sindiran Tajam ke Qatar

Kamis, 29 September 2022 13:22 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Denmark yang baru saja merilis jersey untuk Piala Dunia 2022 rupanya menyelipkan sindirian tajam ke Qatar. (REUTERS/Lisa Leutner)

INDOSPORT.COM – Timnas Denmark yang baru saja merilis jersey untuk Piala Dunia 2022 rupanya menyelipkan sindirian tajam ke Qatar.

Seperti yang diketahui, persiapan yang dilakukan oleh Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menuai beberapa kontroversi yang banyak tersebar di internet.

Baca Juga

Salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh Qatar sendiri adalah banyaknya para pekerja imigran yang menjadi korban meninggal selama pengerjaan konstruksi stadion.

Hal inilah yang lantas membuat Timnas Denmark, menyuarakan aksi protes dengan merilis jersey mereka untuk Piala Dunia 2022 nanti. 

Hummel, selaku sponsor apparel Timnas Denmark, merilis jersey dengan desain logo dan tulisan yang hampir tak dapat dilihat sama sekali.

Baca Juga

Rupanya desain ini memiliki pesan terselubung Timnas Denmark kepada sang tuan Piala Dunia 2022, Qatar. 

Hummel mengungkapkan jika jersey De Rod-Hvide (julukan Timnas Denmark) yang akan digunakan untuk Piala Dunia nanti tersebut memiliki desain yang menandakan bungkamnya Qatar atas korban jiwa selama pembangunan stadion di sana.

“Hitam. Warna berkabung. Warna yang tepat untuk jersey ketiga untuk Denmark di Piala Dunia tahun ini,” berikut pernyataan Hummel yang dikutip dari akun Instagram mereka, @hummelsport.

Baca Juga

“Meskipun kami mendukung tim nasional Denmark sepenuhnya, ini tidak boleh disamakan dengan dukungan untuk turnamen yang telah merenggut nyawa ribuan orang,” lanjutnya.

“Kami ingin membuat pernyataan tentang catatan hak asasi manusia Qatar dan perlakuannya terhadap para pekerja migran yang telah membangun stadion Piala Dunia di negara tersebut,” pungkasnya.


1. Sindiran Timnas Denmark Dibantah oleh Qatar

Jelang bergulirnya Piala Dunia 2022, Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah masih menuai sorotan lantaran banyaknya rumor yang mengatakan jika pembangunan stadion di sana menelan banyak korban jiwa.

Jelang bergulirnya Piala Dunia 2022, Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah masih menuai sorotan lantaran banyaknya rumor yang mengatakan jika pembangunan stadion di sana menelan banyak korban jiwa.

Hal inilah yang lantas membuat Timnas Denmark mengambil sikap tegas atas bungkamnya Qatar terhadap kasus tersebut.

Baca Juga

Pihak penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar yang diwakili oleh Komite Tinggi untuk Pengiriman dan Warisan (SC) pun membantah klaim Hummel, sponsor Timnas Denmark.

SC pun membantah jika dalam pembangunan stadion yang akan menjadi venue pelaksanaan Piala Dunia 2022 tersebut telah memakan banyak korban jiwa.

“Kami telah terlibat dalam dialog yang kuat dan transparan dengan DBU (asosiasi sepakbola Denmark),” kata juru bicara SC kepada Reuters (via The Guardian).

Baca Juga

“Dialog ini menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang kemajuan yang dicapai, tantangan yang dihadapi, dan warisan yang akan kami berikan setelah tahun 2022,” lanjutnya.

“Kami dengan sepenuh hati menolak meremehkan komitmen tulus kami untuk melindungi kesehetan dan keselamatan 30.000 pekerja yang membangun stadion Piala Dunia FIFA dan proyek turnamen lainnya,” lanjut juru bicara SC.

“Komitmen yang sama saat ini meluas ke 150.000 pekerja di berbagai layanan turnamen dan 40.000 pekerja di sekor perhotelan,” pungkasnya.

Baca Juga

Pada edisi Piala Dunia 2022 kali ini, Timnas Denmark akan berada satu grup dengan sang juara bertahan Prancis, Australia, dan Tunisia.

Timnas Denmark pun tampaknya akan menggunakan jersey hitamnya saat melawan Tunisia di partai pembuka yang akan diselenggarakan 22 November nanti.


2. Louis van Gaal Lakukan Aksi Nyeleneh untuk Timnas Belanda

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal.

Louis van Gaal punya persiapan yang tidak biasa menjelang gelaran Piala Dunia 2022. 

Pelatih tim nasional Belanda itu bakal membawa pelatih voli ke Qatar demi meningkatkan performa timnya. 

Jaman sekarang memang spesialisasi pelatih dalam sepak bola memang sudah sangat beragam. Contohnya saja Liverpool yang memiliki coach khusus untuk lemparan ke dalam. 

Hanya saja untuk melibatkan seorang pelatih kiper dalam susunan staf kepelatihan sepak bola jelas sesuatu yang tidak lazim. 

Namun itulah yang dilakukan Van Gaal. Rupanya ia ingin memperkuat Belanda dalam sesi adu penalti.

Baca selengkapnya: Ingin Belanda Juara Piala Dunia 2022, Louis van Gaal Malah Nyeleneh Rekrut Pelatih Voli ke Timnya

Piala DuniaDenmarkPiala Dunia 2022Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini