x

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia

Jumat, 30 September 2022 15:09 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Berikut lima sosok penting di balik keberhasilan pelatih asal Korea Selatan bernama Shin Tae-yong, membuat Timnas Indonesia bertambah maju.

Seperti diketahui, dua kali kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao di pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday September 2022 membuat Shin Tae-yong semakin disayang oleh fans Garuda.

Baca Juga

Beberapa dari mereka menuntut agar PSSI mau memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia yang habis pada akhir 2023 mendatang.

Ketua umum PSSI yakni Mochamad Iriawan alias Iwan Bule juga membuka peluang untuk mengabulkan keinginan para penggemar Garuda.

Baca Juga

Sebelum membawa Witan Sulaeman dkk menang dua kali atas Curacao, Shin Tae-yong sukses menorehkan dua prestasi besar untuk Timnas Indonesia senior dan kelompok umur.

Untuk skuat senior, ia sukses membawa Elkan Baggott dkk lolos ke Piala Asia 2023. Setelah itu, Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Mereka berhasil mendulang tiga kemenangan beruntun atas Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam. Tentu hasil luar biasa ini tidak bisa dirinya raih dengan bekerja sendiri.

Redaksi media olahraga INDOSPORT telah merangkum lima sosok penting di balik keberhasilan Shin Tae-yong menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia:


1. 1. Kim Jong-jin

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Kim Jong-jin merupakan analis pertandingan bagi Shin Tae-yong. Ia berperan besar dalam membantu sang pelatih menganalisa bagaimana kekuatan lawan.

Selain itu pandai menganalisa  kekuatan lawan, Kim Jong-jin juga ahli dalam melihat kualitas pemain yang menjadi andalan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Seperti saat ini dirinya sedang dikirim ke Belanda bersama Indra Sjafri untuk memantau tujuh pemain keturunan yang akan dinaturalisasi.

2. Choi In-cheol

Selanjutnya ada asisten pelatuih Timnas Indonesia bernama Choi In-cheol. Pria asal Korea Selatan ini sangat berjasa besar dalam membantu Shin Tae-yong menyusun program latihan.

Baca Juga

Ia juga memiliki prestasi mentereng dengan membawa Timnas Wanita Korea Selatan meraih peringkat ketiga di ajang Peace Queen Cup, meraih medali perunggu Asian Games 2010, hingga lolos ke Piala Dunia Wanita U-20 2010 silam.

Baca Juga

3. Kim Bong-soo

Kim Bong-soo menjadi sosok kunci di balik kehebatan penjaga gawang Timnas Indonesia di bawah mistar. Ia merupakan pelatih kiper Skuat Garuda.

Kim Bong-soo berperan besar dalam membuat Timnas Indonesia era Shin Tae-yong memiliki beberapa kiper handal seperti Nadeo Argawinata.


2. 4. Shin Sang-gyu

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama Jeong Seok-seo sebagai penerjemah.

Yang keempat ada sosok bernama Shin Sang-gyu. Ia merupakan pelatih fisik yang membantu Shin Tae-yong untuk menjaga kebugaran Marc Klok dkk di Timnas Indonesia.

Berkat adanya Shin Sang-gyu, Timnas Indonesia mampu tampil apik selama 90 menit. Bahkan saat menghadapi Curacao yang berbada tinggi besar, Witan Sulaeman dkk tak gentar sedikitpun.

5. Jeong Seok-seo

Selain asisten pelatih, ada satu sosok yang dinilai paling penting yakni Jeong Seok-seo. Bila tidak ada Jeong Seok-seo, maka para pemain tidak bisa mengerti apa maksud ucapan yang disampaikan oleh Shin Tae-yong.

Pria yang akrab disapa Jeje ini merupakan pendamping setia Shin Tae-yong sebagai penerjemah di Timnas Indonesia. Bisa dikatakan, ia adalah penyambung lidah Shin tae-yong dengan ke para penggawa skuat Garuda.

PSSITimnas IndonesiaTim Nasional CuracaoShin Tae-yongChoi In-cheolJeong Seok-seo

Berita Terkini