x

Kapten Timnas Indonesia U-17 Waspadai 2 Negara Ini di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Minggu, 2 Oktober 2022 06:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kapten Timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022. Skuad Garuda Asia tergabung di Grup B dan jadi tuan rumah. 

Di Grup B, Timnas Indonesia U-17 akan bersaing dengan Guam, Palestina, Uni Emirat Arab (UEA) dan Malaysia. Tapi, hal tersebut tak menyiutkan nyali pemain Indonesia. 

Baca Juga

Kapten Timnas U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge menegaskan mereka akan memberikan penampilan terbaik di setiap laga. Tapi, dia menyebut ada dua negara yang wajib diwaspadai yakni UEA dan Malaysia. 

"Kami yakin dengan kekuatan tim kami sendiri dan akan berikan yang terbaik di semua peetandingan, sehingga bisa banggakan masyarakat Indonesia," bukanya. 

"Kalau lawan terberat saya belum lihat semua ya, tapi saya pribadi menilai UEA dan Malaysia," imbuh Iqbal. 

Baca Juga

Sementara itu, pelatih Timnas U-17, Bima Sakti menilai semua pesaing di Grup B tidak bisa dianggap remeh. Namun, dia dan tim pelatih telah lakukan analisa terhadap permainan empat calon lawan. 

"Untuk lawan kami, saya pikir semuanya bagus dan kami harus respek dan untuk persiapan memang kami gak uji coba intetnasional tapi melihat jadwal mudah- mudahan kami bisa," ujarnya. 

"Kami juga akan lihat laga pertama dan kedua lawan-lawan. Setiap makan siang dan malam kami juga bahas hasil dari  laga uji coba, lalu kami lihat tim lain seperti di Arab Cup seperti Aljazair vs Palestina, UEA dan Malaysia di AFF".

Baca Juga

"Jadi sudah ada gambaran lawan tim Arab dan saya pikir semua laga sangat penting," tegas Bima Sakti. 


1. Termotivasi Lolos

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti membawa jersey mendiang Alfin Lestaluhu saat sesi jumpa pers.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 diikuti 44 negara yang dibagi menjadi 10 grup. Masing-masing juara grup akan lolos ke Piala Asia U-17 2023 dan diambil enam runner up terbaik. 

Untuk itu Timnas U-17 semakin termotivasi karena peluang ke babak utama Piala Asia U-17 cukup besar. Tim asuhan Bima Sakti juga ingin mengikuti jejak Timnas U-20 dan senior yang telah lolos dan akan bermain di Piala Asia. 

Baca Juga

"Saya pikir itu menjadi motivasi buat tim kami. Kemarin kami mengajak mereka menonton FIFA Matchday (Timnas Indonesia vs Curacao). Pemain bisa melihat bagaimana atmosfer lapangan dan kebetulan kami akan main di Pakansari," ucap Bima Sakti. 

"Para pemain akan bisa memiliki cita-cita mereka untuk ke depan bermain di timnas senior. Saya melihat mereka sangat antusias dan senang melihat pertandingan itu dan saya pikir menjadi motivasi ingin seperti senior-senior maupun U-20," tambahnya. 

Hal yang sama diucapkan Muhammad Iqbal Gwijangge. Ia masih termotivasi untuk meraih kesuksesan lagi, setelah sebelumnya juara Piala AFF U-16 2022. 

Baca Juga

"Yang pasti menjadi motivasi para pemain. Itu menjadi motivasi tambahan karena kami juara Piala AFF U-16 2022. Alhamdulillah," ucap Iqbal.

"Tapi kami tidak menurunkan semangat untuk Kualifikasi Piala Asia, agar lebih baik dari Piala AFF kemarin. Pastinya para pemain ingin membanggakan masyarakat Indonesia dan orang tua," tuntasnya. 

Pada laga pembuka Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17, Indonesia akan berhadapan dengan Guam pada 3 Oktober 2022. Lalu di 5 Oktober akan melawan Uni Emirat Arab dan berikutnya menantang Palestina pada 7 Oktober, dan terakhir berhadapan dengan Malaysia di 9 Oktober. 


2. Malaysia Klaim Lebih Baik dari Timnas U-17

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam dan Juara Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Tim Nasional Malaysia U-17 tidak gentar menghadapi Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Pertandingan Timnas Indonesia U17 vs Timnas Malaysia U-17 akan berlangsung pada hari Minggu (09/10/22) mendatang di Stadion Pakansari, Bogor.

Baca selengkapnya: Segrup dengan Timnas Indonesia, Kapten Timnas Malaysia U-17: Kami Lebih Baik!

Liga EuropaBima SaktiKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini