x

Dapat Dukungan Semua Suporter Usai Insiden Kanjuruhan, Aremania Sampaikan Terima Kasih

Senin, 3 Oktober 2022 21:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Tragedi dalam Derby Jatim Liga 1 Indonesia antara Arema FC melawan Persebaya di Kanjuruhan membuat semua kelompok suporter tergerak.

INDOSPORT.COM - Tragedi yang terjadi dalam Derby Jatim Liga 1 Indonesia antara Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/22), benar-benar membuat semua kelompok suporter tergerak.

Hampir semua kelompok suporter klub sepak bola di Indonesia menggelar aksi doa bersama dalam mengenang peristiwa kelam itu secara serentak, pada Minggu (2/10/22) malam.

Baca Juga

Aremania pun melakukan aksi yang sama. Suporter setia tim berjulukan Singo Edan menggelar doa bersama di sejumlah titik baik di Malang, salah satunya di patung singa tegar jawara di Stadion Kanjuruhan.

Sementara ungkapan tanda duka cita mulai berjejal menghiasi sejumlah tempat. Sejumlah karangan bunga berderet di Kantor Arema FC, begitu juga yang terpampang di Stadion Kanjuruhan.

"Yang jelas, peristiwa ini adalah duka bagi sepak bola nasional. Kami sangat berterima kasih terhadap segala bentuk simpati dari teman-teman suporter," ucap Koordinator Aremania, Ahmad Ghazali Senin (3/10/22).

Baca Juga

Beberapa kelompok suporter sepak bola di tanah air yang mengirimkan tanda duka cita antara lain suporter Persija Jakarta, Persela Lamongan, Persik Kediri, PSIS Semarang, PSIM Yogyakarta hingga PSGC Ciamis.

Yang menarik, aksi simpati secara mendalam juga dilakukan oleh Bonek Mania yang notabene suporter setia Persebaya. Mereka tampak dengan khidmat melakukan doa bersama di Surabaya Minggu malam.

"Sekali lagi, duka kami juga duka bagi teman-teman suporter yang lain. Yang pasti, kami berharap kejadian ini menjadi yang terakhir dan jangan sampai terjadi lagi," tandas Ghazali.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, sebanyak 125 orang dipastikan menjadi korban yang meninggal dunia sejauh ini. Sementara ratusan korban lain menderita luka-luka dan masih dirawat intensif di rumah sakit.

Pada laga itu sendiri, Arema FC harus menelan kekalahan dengan skor 2-3 melawan Persebaya. Hasil itu lah yang memicu suporter memasuki lapangan untuk melampiaskan kekecewaannya.


1. Usut Tuntas

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

Seturut kemudian, Ahmad Ghazali juga sudah menghimpun suara dari Aremania perihal peristiwa paling kelam di sepak bola nasional tersebut.

Suporter setia Arema itu menuntut para pihak yang berkepentingan dalam hal investigasi, untuk mengusut kasus kematian sebanyak 125 orang ini dengan tuntas.

Baca Juga

"Kami menunggu hasil investigasi ini bisa diusut tuntas. Yang pasti, harus ada pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini," ungkap Ghazali.

Pada kesempatan terpisah, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya juga sudah menyatakan tekad yang sama. Pihaknya ingin kasus ini diusut dengan tuntas dan detail pada semua aspek.

Pihaknya bahkan sudah membentuk tim khusus dari berbagai unsur untuk menindaklanjuti tragedi paling memilukan di sepak bola Indonesia itu. Nantinya, semua hasil investigasi akan diumumkan kepada publik secara terbuka.


2. 4 Fakta Stadion Kanjuruhan, Markas Arema FC di Liga 1 yang Terjadi Insiden Maut

Stadion Kanjuruhan sudah bersolek, Arema FC siap menjamu tamu di Piala Presiden 2022. Foto: Arema FC

Berikut sejumlah fakta stadion Kanjuruhan, markas Arema FC di Liga 1 yang baru saja terjadi insiden maut tewasnya banyak suporter.​ 

Publik sepak bola dunia khususnya di Indonesia tengah berduka menyusul adanya tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu (01/10/22) malam WIB.

Insiden tragis itu terjadi usai pertandingan Liga 1 pekan ke-11 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya. Laga bertajuk Derby Jawa Timur itu berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Bajul Ijo.

Hasil itu juga sekaligus memutus rekor buruk Persebaya yang dalam 23 tahun terakhir, tak pernah menang atas Arema FC di Malang.

Namun sayang, kekalahan ini tampaknya tidak diterima oleh oknum pendukung tuan rumah, Aremania. Mereka pun langsung meluapkan kekecewaan, dengan melakukan protes turun ke lapangan.

Baca selengkapnya: 4 Fakta Stadion Kanjuruhan, Markas Arema FC di Liga 1 yang Terjadi Insiden Maut

AremaniaLiga IndonesiaStadion KanjuruhanArema FCLiga 1

Berita Terkini