x

Kelanjutan Liga 1 Masih Belum Jelas, Bali United Soroti Pembenahan Menyeluruh

Jumat, 7 Oktober 2022 11:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menginginkan evaluasi yang serius untuk Liga 1 Indonesia 2022-2023 supaya benar-benar siap ketika dimulai lagi.

Teco mendukung penuh ketika Liga 1 dihentikan sementara pasca-Tragedi Kanjuruhan yang merenggut nyawa 129 suporter dan dua anggota Polri.

Baca Juga

Tragedi ini menjadi pukulan telak bagi sepak bola Indonesia setelah sebelumnya juga ada kematian dua suporter di Bandung dalam hajatan Piala Presiden 2022.

Deretan kejadian ini membuat Teco menginginkan adanya evaluasi secara menyeluruh. Waktu jeda kompetisi menjadi momentum paling tepat untuk berbenah secara detail.

"Kami pikir sekarang harus ada evaluasi agar tak terjadi lagi. Bikin sepak bola lebih aman di dalam stadion, sehingga semua suporter bisa menikmati pertandingan," kata Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra.

Baca Juga

Teco berharap Tragedi Kanjuruhan menjadi pembelajaran besar bagi sepak bola Indonesia. Sebelum peristiwa mengenaskan ini terjadi, sepak bola Indonesia sedang disorot FIFA karena berstatus tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Salah satu aspek yang ditekankan FIFA adalah aspek keamanan bagi para penonton. Makanya, saat melakukan kunjungan ke beberapa stadion, FIFA turut menyoroti kualitas pagar pembatas sisi luar dan dalam stadion.

Baca Juga

Stefano Cugurra ingin evaluasi kali ini benar-benar dilakukan secara serius dan menyeluruh. Dengan begitu, ketika Liga 1 2022-2023 dapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo, semua aspek sudah siap.

"Kami semua harus benar-benar serius supaya tidak terjadi lagi. Ketika liga balik lagi, saya pikir semua seharusnya lebih siap," tutur Teco.


1. Penasaran Sanksi FIFA

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

Selama kompetisi Liga 1 dihentikan, Teco menegaskan Bali United tetap latihan. Tim pelatih serta manajemen berpegangan pada surat penundaan kompetisi selama dua pekan.

Ilija Spasojevic dkk. disiapkan dalam kondisi siap bertanding sekitar pertengahan bulan nanti. Bali United terjadwal melakoni laga tandang melawan Persita Tangerang di Indomilk Arena pada pekan ke-12 Liga 1 2022-2023.

"Kami menerima informasi di liga kemungkinan berhenti dua pekan. Kami tetap jalan latihan di sini, sampai kami tahu kapan main lagi," papar Stefano Cugurra.

Baca Juga

Namun, tentu saja Bali United menyiapkan beberapa opsi lain andai masa libur kompetisi diperpanjang lagi. Apalagi masih ada kemungkinan bahwa sepak bola Indonesia mendapat sanksi dari FIFA.

Sanksi terparah yang bisa dijatuhkan FIFA adalah pembekuan sepak bola Indonesia, seperti halnya 2015, meski dengan penyebab yang berbeda.

Baca Juga

"Inilah (kepastian ada sanksi FIFA atau tidak) yang harus kita tunggu informasinya dari PSSI," jelas pelatih berlisensi CBF Pro tersebut.


2. Usut Tuntas Dulu

Penyerang Bali United, Lerby Eliandry saat mengikuti latihan di Lapangan AIS, Denpasar, Bali. Foto: Nofik Lukman Hakim

Sementara itu, penyerang Bali United, Lerby Eliandry, berharap Tragedi Kanjuruhan bisa tuntas terlebih dulu sebelum Liga 1 2022-2023 berlanjut lagi. Hal itu penting agar jalannya kompetisi lebih lancar.

Jelas ketika kompetisi dihentikan, para pemain dan pelatih yang sudah dalam performa puncak sangat kecewa. Namun di satu sisi, jika berlanjut juga lebih tak mengenakkan lagi.

Situasi ini dirasakan Lerby Eliandry. Meninggalnya lebih dari 100 orang usai laga tersebut menimbulkan duka mendalam bagi seluruh pelaku sepak bola nasional, bahkan dunia.

Baca Juga

Maka, Lerby Eliandry lebih memilih bersabar, sembari menjaga kondisi, ketimbang kompetisi harus berlanjut saat penanganan Tragedi Kanjuruhan masih berjalan.

"Tragedi yang terjadi biar diusut dulu secara tuntas. Jadi, untuk melanjutkan kompetisi juga lebih enak," pungkas Lerby Eliandry.

FIFABali UnitedLiga IndonesiaStadion KanjuruhanLerby EliandryStefano Cugurra TecoLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini