x

4 Pemain Kawakan Aktif di Piala Dunia 2022 yang Punya Rekor Gol Terbanyak

Sabtu, 8 Oktober 2022 18:59 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Banyak pemain kawakan yang masih akan tampil Piala Dunia 2022 dengan catatan golnya.

Para pecinta sepak bola di dunia akhir tahun ini akan dimanjakan oleh turnamen paling bergengsi dan ditunggu-tunggu yakni Piala Dunia 2022. 

Baca Juga

Setelah hampir menunggu empat tahun, Piala Dunia 2022 akan segera dimulia pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang di Qatar.

Ini merupakan Piala Dunia edisi kedua yang akan digelar di Asia setelah 20 tahun lalu saat Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah di tahun 2002 silam.

Tak hanya itu, Piala Dunia 2022 Qatar juag mencatatkan sejarah baru yaitu dengan digelarnya pertama kali di musim panas untuk Asia, dan musim dingin di Eropa.

Baca Juga

Biasanya FIFA selalu menggelar Piala Dunia di pertengahan tahun, saat kompetisi-kompetisi di Eropa berakhir rentang Juni hingga Juli.

Sementara untuk jumlah peserta masih sama yaitu 32 negara. Siapa-siapa yang lolos juga sudah ketahuan, menyusul babak kualifikasi selesai digelar.

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Baca Juga

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Kendati demikian, tidak menghilangkan ketegangan dan keseruan dari Piala Dunia itu sendiri. Apalagi ini bisa jadi edisi terakhir bagi sejumlah pemain bintang.

Salah satunya adalah Lionel Messi. Sepanjang kariernya, La Pulga sudah bermain pada empat edisi Piala Dunia yakni 2006, 2010, 2014, dan 2018.

Namun, tak satupun gelar mampu dipersembahkan La Pulga untuk Timnas Argentina.

"Ada beberapa kecemasan dan kegelisahan pada saat yang sama. Ini yang terakhir," kata Lionel Messi dalam wawancara dengan Star Plus dikutip dari ESPN.

Pencapaian terbaik Messi bersama Argentina terjadi pada edisi 2014. Ketika itu, Messi hampir mempersembahkan gelar Piala Dunia, namun kalah 0-1 dari Jerman pada laga final.

Usia Messi sendiri pada Piala Dunia 2022 adalah 35 tahun. Ia akan jadi salah satu pemain kawakan yang tampil di Qatar. Ada beberapa pemain tua lainnya yang juga berusia tua dan aktif mencetak gol di Piala Dunia, siapa saja?


1. Thomas Muller (10 gol)

Robert Lewandowski dan Thomas Muller merayakan gol kelima Bayern Munchen ke gawang RB Salzburg (09/03/22). (Foto: REUTERS/Andreas Gebert)

Pemain aktif dengan gol terbanyak di Piala Dunia saat ini ternyata juga berasal dari Jerman. Ia adalah Thomas Muller, penyerang versatile yang membela Bayern Munich di sepanjang kariernya. Muller sejauh ini sudah tampil di tiga edisi Piala

Dunia dengan torehan 10 gol dalam 16 pertandingan.

Rinciannya adalah masing-masing lima gol di Piala Dunia 2010 dan 2014. Muller juga tampil di Piala Dunia 2018, tetapi saat itu ia gagal mencetak gol.

Kemungkinan besar Muller akan bermain lagi di Piala Dunia 2022 sehingga ia berpeluang menambah koleksi golnya.

Luis Suarez (7 gol)

Berikutnya ada Luis Suarez, bomber Timnas Uruguay yang sudah mencetak tujuh gol di Piala Dunia.

Jumlah itu ia koleksi dalam tiga belas penampilan di tiga edisi terakhir Piala Dunia. Capaian terbaik Suarez bersama negaranya adalah peringkat ketiga Piala Dunia 2010.

Suarez kini tercatat sebagai top skor sepanjang masa Timnas Uruguay dengan 68 gol dalam 133 penampilan.

Meski sudah berusia 35 tahun, Suarez masih jadi andalan negaranya di lini depan. Kemungkinan besar ia juga akan jadi striker utama Uruguay di Piala Dunia 2022.
 


2. Cristiano Ronaldo (7 gol)

Aksi Cristiano Ronaldo (kanan) di laga UEFA Nations League Portugal vs Spanyol (28/09/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Cristiano Ronaldo juga sudah mengoleksi tujuh gol di Piala Dunia sejauh ini.

Namun, jumlah penampilannya lebih banyak dari Suarez, yaitu tujuh belas pertandingan. Ronaldo pun menjadi salah satu pemain aktif dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia saat ini.

Ronaldo sejauh ini sudah tampil dalam empat edisi Piala Dunia sejak 2006. Sudah berusia 37 tahun, Piala Dunia 2022 kemungkinan besar akan jadi edisi terakhirnya.

Sebagai kapten sekaligus top skor timnas, Ronaldo pasti akan jadi penyerang andalan Portugal di Piala Dunia 2022.

Harry Kane (6 gol)

Berikutnya ada lima pemain aktif yang masing-masing mencetak enam gol di Piala Dunia.

Dari antara mereka, Harry Kane memiliki rasio gol yang terbaik. Striker Inggris tersebut mencetak 6 gol dalam 6 penampilan di Piala Dunia, semuanya di Piala Dunia 2018.

Jumlah tersebut membuat Kane merebut gelar top skor Piala Dunia 2018. Timnas Inggris sendiri tampil apik di turnamen tersebut hingga mencapai babak semifinal.

Di Piala Dunia 2022, Kane kemungkinan besar akan kembali jadi andalan Inggris untuk memburu trofi yang baru sekali mereka menangi pada 1966.
 

PortugalPiala DuniaPiala Dunia 2022TRIVIA

Berita Terkini