x

Bikin Tutorial Cara Mundur, Komika Bintang Emon Sindir Ketum PSSI?

Sabtu, 8 Oktober 2022 20:47 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Komika Indonesia, Bintang Emon. Foto: instagram/bintangemon.

INDOSPORT.COM – Pasca Tragedi Kanjuruhan, komika Bintang Emon membuat konten tutorial mundur yang diduga warganet ditujukan untuk menyindir Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Konten yang diduga menyindir Iwan Bule atau Mochamad Iriawan itu sebagaimana dilansir dari instagram sang komika pada Jumat (07/10/22). 

Baca Juga

“Nih tutorial mundur, siapa tahu ada yang nggak tahu caranya mundur,” ucap Bintang Emon di video instagram-nya.

Kemudian, komika bernama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra itu mengatakan tidak semua orang bisa melakukan kegiatan ‘mundur.’

Usai berbicara demikian, Bintang Emon lalu berdiri di depan tembok, sehingga ketika dia mundur, langsung mentok tembok putih yang ada di belakangnya.

Baca Juga

“Nggak semua keadaan orang bisa mundur, kayak gua nih. Tuh gak bisa, karena ada ininya nih (tembok),” tulis Bintang Emon.

“Jadi kita tuh harus mengerti, gak setiap orang disuruh mundur langsung mundur. Gak, kita tuh harus mengerti keadaannya. Itu hak mereka,” lengkapnya.

Konten Bintang Emon itu ditutup dengan video yang berisikan tembok dengan tulisan "mau nyalon", "sayang duitnya", "udah modal buat jabatan", dan "biar tetap ada kerjaan".

Baca Juga

Lantas banyak warganet yang berkomentar bahwa video kreatif Bintang Emon itu digunakan untuk menyindir Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Apalagi, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini sedang panas dituntut mundur oleh sejumlah pihak karena dianggap gagal bertanggung jawab dan lalai melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan.


1. Iwan Bule Ramai Dituntur Mundur Netizen

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT.

Ya, Iwan Bule atau Mochamad Iriawan memang sempat panas dituntut mundur beberapa pihak atas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (01/10/22). 

Hanya saja, dari bombardier tuntutan mundur, purnawirawan Polri tersebut tetap bersikukuh untuk mempertahankan posisinya sebagai Ketum PSSI.

Baca Juga

Iwan Bule menganggap, mundur bukan jawaban yang tepat. Jika ia mundur dari kursi petinggi PSSI, maka ia lepas tanggung jawab.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan publik. Bahkan, muncul petisi Iwan Bule mundur di sosial media yang telah ditandatangani puluhan ribu orang.

Komika Bintang Emon yang membuat tutorial mundur pun tak pelak disangkutpautkan dengan Iwan Bule atau Mochamad Iriawan oleh publik di kolom instagram-nya.

Baca Juga

Meski tak menyebut secara spesifik, namun Bintang Emon memang beberapa kali pernah melempar sindiran halus kepada sang ketua Umum PSSI tersebut. 

Seperti beberapa waktu lalu kala Bintang Emon sempat menyinggung Ketua Umum PSSI, Iwan Bule dalam materi stand up komedinya, perihal jabatan yang bisa didapat Iwan dengan sangat mudah.

Bintang Emon menyebut jika polisi saja bisa menjabat sebagai ketum PSSI, maka pesepak bola Ismed Sofyan mestinya juga bisa menjabat sebagai Kepala Kepolisian.

Baca Juga

Maka ketika Iwan Bule dibombardir serangan mundur oleh publik pasca kanjuruhan, tak pelak konten Bintang Emon langsung dianggap menyindir Ketua Umum PSSI Iwan Bule.

Sekadar diketahui, Tragedi Kanjuruhan terjadi pasca pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (01/10/22). 

Kejadian menewaskan ratusan korban meninggal dan luka-luka lainnya. Banyak dampak dari tragedi Kanjuruhan itu, termasuk mundurnya beberapa pihak.


2. Santuni Korban Kanjuruhan, Iwan Bule Dituntut Mundur

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan santunan kepada korban Tragedi Kanjuruhan, netizen sibuk berikan kritikan.

Momen ini diunggah Iriawan dalam akun instagram pribadinya. Ia terlihat mengunjungi beberapa keluarga korban insiden di Stadion Kanjuruhan. 

Dalam keterangannya Iriawan menuliskan “Hari ini saya mengunjungi rumah dari seorang ayah yang kedua anaknya menjadi korban insiden Kanjuruhan.

“Semoga keluarga almarhum diberi ketabahan dan Allah memberi tempat terindah di sisi-Nya. Amin YRA,” ujarnya.

Namun, beberapa warganet masih mengkritik terkait dengan beberapa pernyataan Ketum PSSI, Iwan Bule, terkait penanganan Tragedi Kanjuruhan. 

Baca selengkapnya: Ketum PSSI Iwan Bule Santuni Korban, Netizen Minta Mundur 

PSSILiga IndonesiaBola IndonesiaIwan BuleMochamad IriawanBintang EmonTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini