x

Markus Horison Trending Topic di Twitter Usai Timnas Indonesia Gagal Lolos Piala Asia U-17 2023

Senin, 10 Oktober 2022 10:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sosok Markus Horison langsung jadi trending topic di Twitter menyusul kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke Piala Asia U-17 2023 usai dikalahkan Malaysia.

INDOSPORT.COM – Sosok Markus Horison langsung jadi trending topic di Twitter menyusul kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke Piala Asia U-17 2023 usai dikalahkan Malaysia. 

Markus Horison merupakan salah satu staf pelatih Timnas Indonesia U-17 yang menyuarakan tentang “Local Pride” bersama staf pelatih timnas lainnya saat merayakan juara Piala AFF 2022.

Baca Juga

Istilah local pride ini diteriakkan karena tim kepelatihan Timnas Indonesia U-16 kala itu diisi oleh para pelatih lokal, termasuk Bima Sakti sebagai pelatih kepala dan tentu saja para pemainnya.

Video yang memuat teriakan “Local Pride… Campione” tersebut jadi viral di media sosial karena netizen menganggap para pelatih Timnas U-16 saat itu bersikap sombong dan takabur.

Selain itu, banyak mengasumsikan video ini adalah sindiran untuk Shin Tae-yong yang gagal membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19 2022 dan mengusulkan banyak pemain naturalisasi.

Baca Juga

Bak menuai hasil, Markus Horison kembali jadi sorotan tatkala Arkhan Kaka dan rekan-rekan dilumat 1-5 oleh Malaysia dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (09/10/22).

Hingga Senin (10/10/22) pagi, nama Markus masih nangkring di pucuk trending topic Twitter dengan hampir 11,5 ribu cuitan menyertakan nama mantan kiper Timnas Indonesia ini.

Beberapa netizen juga menganggap sikap sombong dan takabur Markus Horison dan staf pelatih lainnya jadi penyebab Timnas Indonesia U-17 kalah di laga penting melawan Malaysia kemarin.

Baca Juga

Seorang netizen memelintir istilah "local pride" menjadi "local prett", saking kecewanya dengan taktik Bima Sakti dkk saat Timnas Indonesia U-17 dilumat Malaysia. 


1. 'Local Pride' Markus Horison Jadi Biang Kegagalan Timnas Indonesia Lolos

Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

Selain itu, ada juga netizen yang mengkritik pelatih lokal yang melatih Timnas Indonesia U-17, termasuk Bima Sakti dan Markus Horison serta meminta tolong Shin Tae-yong mencari pelatih baru untuk Timnas kelompok usia remaja tersebut. 

Baca Juga

Netizen lain bahkan sampai mengunggah meme yang mengasumsikan Shin Tae-yong menertawai kekalahan Timnas Indonesia U-17 di bawah arahan para pelatih lokal. 

Bermain di Stadion Pakansari, Bogor, Timnas Indonesia sejatinya hanya butuh satu poin alias imbang untuk bisa mematikan tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Akan tetapi, Arkhan Kaka dkk malah bermain sangat buruk dalam duel semalam. Mereka kebobolan lebih dulu lewat bek sayap Negeri Jiran bernama Muhammad Zainurhakimi Zain pada menit ke-17.

Tiga menit berselang, Garuda Asia kembali kebobolan ketika Malaysia mampu memanfaatkan lubang di pertahanan dan mencetak gol melalui Muhammad Arami Wafiy pada menit ke-20.

Baca Juga

Kemudian lima menit berselang, pasukan Bima Sakti harus kembali menundukkan kepala. Malaysia berhasil mencetak gol usai dua bek, Habil Abdallah dan Femas Crespo, gagal melakukan kontrol dengan baik.

Tertinggal 0-3 membuat Timnas Indonesia semakin terbenam. Mereka kenbali kebobolan satu menit berselang lewat gol dari Muhammad Afiq Danish.

Jelang babak pertama selesai, tendangan penalti yang dilepas oleh Arami Waffy pada menit ke-39 membawa Malaysia unggul 5-0 atas Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-17 baru bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 1-5 jelang babak kedua selesai. Arkhan Kaka mencetak gol pada menit ke-92 memanfaatkan bola rebound hasil tepisan Farish Farhan.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-17 harus menelan pil pahit karena gagal lolos sebagai runner-up terbaik ke Piala Asia U-17 2023.


2. Mengapa Timnas Indonesia U-17 Tak Lolos Piala Asia U-17 2023?

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22).

Kekalahan Garuda Asia dari Malaysia tersebut semakin terasa pahit. Pasalnya, Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 nanti di Bahrain.

Kekalahan telak dari Malaysia membuat Timnas Indonesia U-17 yang sebelumnya berada di puncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 harus turun ke posisi kedua.

Selain itu, Timnas Indonesia U-17 harus puas menempati posisi ketujuh dari enam runner-up terbaik untuk tiket lolos ke putaran berikutnya.

Arkhan Kaka berada di bawah Laos dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023, karena hasil laga melawan peringkat keempat dan kelima fase grup tidak dihitung.

Keenam tim runner-up terbaik ini yaitu Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos. Timnas Indonesia U-17 hanya puas di posisi ketujuh klasemen.

Baca selengkapnya: Dipermalukan Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Resmi Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

MalaysiaBola InternasionalMarkus HorisonKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini