x

Markus Horison Klarifikasi soal 'Local Pride' Timnas U-16: Ada Orang Adu Domba

Sabtu, 3 September 2022 16:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Markus Horison, eks kiper Timnas Indonesia, kini menjabat sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Staf pelatih timnas Indonesia U-16, Markus Horison akhirnya mengklarifikasi, apa maksud 'local pride' yang ia ucapkan di Piala AFF U-16 2022.

Beberapa waktu lalu, timnas Indonesia U-16 besutan Bima Sakti berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022. Euforia tak hanya dirasakan oleh pemain, tetapi juga staf pelatih Timnas.

Baca Juga

Ketika kamera TV menyoroti staf pelatih, pelatih kiper imnas U-16, Markus Horison dan pelatih fisik, Gilang Ramadhan lantas mengucapkan kata 'local pride' ke kamera.

Banyak yang mengungkapkan bahwa Markus Horison tengah menyindir Shin Tae-yong, pelatih asing timnas senior, dan kerap menggunakan pemain naturalisasi.

Mengingat banyaknya pendukung Shin Tae-yong di Indonesia, akhirnya hujatan justru datang kepada Markus Horison.

Baca Juga

Saat menjadi bintang tamu dalam program Bibit Tiento Indonesia, Markus Horison pun membuat klarifikasi, bahwa sebetulnya tak ada indikasi menyinggung pihak-pihak lain.

"Dengan kata local pride itu, saya meminta maaf kalau ada yang tersinggung, tetapi itu sebenarnya buat timnas U-16, bukan buat siapa-siapa," ungkap Markus Horison.

Kondisi timnas Indonesia U-16 yang baru dibentuk, tetapi bisa meraih juara Piala AFF, membuat Markus girang secara spontan.

Baca Juga

"Timnas U-16 tahu sendiri dong, beda sama kakak-kakaknya yang di senior. Kita ibarat anak kecil yang belum meraih prestasi."

"Kita mau menunjukkan kalau kita bisa, dengan staf pelatih yang lokal semua, kita mampu. Saya bangga sebagai champion, tanpa menyinggung orang lain," ujarnya.


1. Duka Pelatih Lokal yang Dirasakan Markus Horison

Asisten pelatih Timnas U-16, Markus Harison dan Firmansyah pantau laga Piala Soeratin U-15. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

Sebagai mantan kiper Timnas Indonesia, dan kini menjabat sebagai pelatih kiper Timnas U-16, Markus Horison mengaku bangga dengan pencapaiannya.

Maka dari itu, ia refleks menyebut kata 'local pride' untuk pencapaiannya bersama skuat Timnas U-16. Andai dilatih oleh sosok asing, maka tidak ada perasaan local pride lagi.

Baca Juga

"Kalau misal pelatih lokal bisa dapat juara buat Timnas, bangga dong, ini local pride," kata Marcus Horison di Tiento Indonesia.

"Kalau misal pelatih asing yang membawa juara untuk Timnas Indonesia, kan berarti namanya bukan local pride, entah asing pride atau apa," sambung eks kiper itu.

"Tidak ada yang salah dengan kata-kata itu. Mungkin ada orang atau opini tertentu yang menggoreng-goreng, adu domba, Indonesia ini cepat diadu domba," lanjut Markus lagi.

Baca Juga

Markus Horison berharap hujatan yang mengarah padanya harus dihentikan, sebab ia totalitas membela sepak bola Indonesia.

"Kita pelatih lokal sudah capek loh, yang dicaci itu pelatih lokal. Kalau pelatih asing, habis kontrak, merela pulang ke negaranya, tidak dicaci maki," jelas Markus Horison.

"Tapi kita pelatih lokal, sampai dipercaya membela Timnas, kita terus dicaci maki, dihina, tapi kita tetap di sini seumur hidup, loyalitasnya tetap untuk Timnas Indonesia."

Baca Juga

Markus Horison dan staf pelatih lainnya masih disibukkan dengan latihan Timnas U-16, sebab setelah ini akan ada agenda Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B.

Timnas Indonesia U-16 bakal bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022, dan menghadapi Malaysia, Palestina, Guam, serta Uni Emirat Arab.


2. Jadwal Timnas U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam dan Juara Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

3 Oktober 2022
Guam vs Timnas Indonesia U-16

5 Oktober 2022
Timnas Indonesia U-16 vs Uni Emirat Arab

7 Oktober 2022
Palestina vs Timnas Indonesia U-16

9 Oktober 2022
Timnas Indonesia U-16 vs Malaysia

Timnas Indonesia U-16AFF Championship U-16PelatihMarkus Haris MaulanaKiperPiala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalMarkus HorisonBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Piala AFF U-16 2022

Berita Terkini