x

Shin Tae-yong Bocorkan Skuat Timnas Impian untuk Piala AFF 2022, Ada 3 Naturalisasi

Rabu, 31 Agustus 2022 13:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah mempunyai rencana matang untuk mengarungi Piala AFF 2022, September mendatang. 

Shin Tae-yong menegaskan akan memanggil para pemain terbaik yang ada, termasuk Jordi Amat, Shandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Baca Juga

Meski ketiga pemain keturunan itu sedang dalam proses naturalisasi, diyakini mereka bisa tampil di Piala AFF 2022.

Keyakinan tersebut karena status mereka sejauh ini sudah disetujui DPR RI. Jordi dan Shandy hanya tinggal menunggu Kepres dan disumpah jadi WNI. 

"Untuk pemilihan pemain saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi. Apalagi saat ini Sandy Wals, Jordy Amat, dan Shayne Pattynama masih dalam proses naturalisasi," katanya. 

Baca Juga

"Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia," imbuh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga akan memanggil para pemain lokal terbaik untuk memperkuat Timnas Indonesia dia ajang dua tahunan tersebut. 

Baca Juga

Pelatih asal Korsel itu akan memantau para pemain ini di kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 ini.

Juga sejumlah nama yang berkareir di luar negeri seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott dan Pratama Arhan.


1. Pemain Pilihan

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Shin Tae-yong mengisyaratkan sudah punya nama para pemain pilihan untuk segara dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. 

Sebelum ke Piala AFF 2022, para pemain itu kemungkinan dites terlebih dahulu kemampuannya pada FIFA matchday pada 24 dan 27 September mendatang. 

Baca Juga

"Tak bisa disebutkan namanya, tapi yang pasti ada pemain yang akan dipanggil. Pastinya harus pantau lebih laga-laga (Liga 1) berikutnya," tutur pelatih 51 tahun itu. 

"Kami akan pilih pemain dengan kondisi terbaik saat ini. Sudah masuk dalam list dan akan kita pantau terus," imbuhnya. 

Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang play off antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Baca Juga

2. Target Juara

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Shin Tae-yong menegaskan akan mempersiapkan Timnas dengan baik. Targetnya kali ini adalah raih juara setelah kalah di final edisi sebelumnya.  

Menurut eks pelatih Timnas Korea Selatan itu, Thailand adalah lawan terberat di grup A. Tim Gajah Perang menyandang status juara bertahan Piala AFF setelah kalahkan Indonesia dengan agregat 6-2 tahun lalu. 

Piala AFF 2022 dijadwalkan mulai bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up setelah kalah dari Thailand.

PSSI menjadikan Piala AFF 2022 jadi ajang pemanasan bagi Timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023 nanti. 

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaShin Tae-yongShayne PattynamaPiala AFF 2022

Berita Terkini