x

Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand Beri Respons Mengejutkan

Rabu, 31 Agustus 2022 13:05 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Thailand memberikan responnya menyusul hasil drawing grup Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Tergabung dalam satu grup bersama Timas Indonesia, Thailand akhirnya memberikan respons yang mengejutkan soal hasil drawing Piala AFF 2022.

Seperti yang diketahui, Thailand yang berada di pot 1 akhirnya tergabung dengan Timnas Indonesia di Grup A setelag dilakuka  drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada Selasa (30/08/22) siang WIB.

Baca Juga

Dalam drawing kemarin, Laos otomatis menghuni Grup B di pot kelima, sementara Grup A masih menunggu pemenang laga playoff antara Brunei Darussalam kontra Timor Leste.

Kamboja yang berada di pot keempat mendapat giliran masuk ke Grup A, sedangkan Myanmar berada di Grup B. 

Selanjutnya adalah Indonesia yang menempati pot ketiga bersama Singapura. Tanah Air tercinta kali ini masuk dalam Grup A, sedangkan Kota Singa otomatis berada di Grup B.

Baca Juga

Timnas Indonesia nyaris bentrok dengan Malaysia yang mana mereka menghuni pot kedua. Namun, drawing tersebut mengatakan bahwa Filipina yang tergabung dengan Grup A dan Negeri Jiran menghuni Grup B. 

Di pot paling atas, Vietnam masuk ke dalam grup B, sementara Thailand bakal satu sel dengan Indonesia di Grup A. Dengan ini komposisi Grup A terdiri dari Thailand, Filipina, Indonesia, Kamboja, dan Brunei Darussalam/Timor Leste. 

Baca Juga

Sementara itu, Grup B diisi oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Mengetahui hasil drawing tersebut, Thailand akhirnya buka suara ikut mengomentari calon lawannya yang tergabung dalam grup A.


1. Respons Thailand Menyusul Hasil Drawing Piala AFF

Skuad Timnas Thailand Piala AFF 2020.

Tergabung dalam Grup A bersama Timnas Indonesia, Thailand yang saat ini dikenal sebagai salah satu tim unggulan Asia Tenggara pun memberikan respon yang mengejutkan.

Menyusul hasil drawing tersebut, Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand, Letnan Jenderal Somyot Poompanmoung, mengungkapkan bahwa Thailand akan menebarkan ancaman dan tak akan menganggap enteng lawannya di Grup A.

Baca Juga

Meski berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF edisi lalu, Somyot beranggapan bahwa setiap negara memiliki kesempatan untuk menang. 

“Setiap lini itu penting. Karena sepak bola di era ini, setiap negara telah berkembang,” kata Somyot, dikutip dari Thairath.

“Jangan remehkan negara mana yang lemah, karena setiap negara berhak menang. Atau bisa saja menjadi juara kalau punya peluang bagus,” imbuhnya.

Baca Juga

“Yang terpenting adalah jika kita ingin menang, jika kamu ingin menjadi juara, (maka) kamu harus berkembang dan lakukan yang terbaik,” pungkasnya.

Meski diprediksi tidak akan menurunkan penuh skuadnya pada Piala AFF 2022, Somyot pun mengatakan bahwa Timnas Thailand tetap akan berusaha mempertahankan gelar juara. 

“Itu normal untuk diharapkan. Setiap tim pasti punya ekspektasi, atau tujuan semua dengan semua negara adalah bahwa setiap tim ingin menang,” ucapnya.

Baca Juga

“Bukan hal yang aneh bagi tim nasional Thailand untuk mengharapkan hal yang sama (merengkuh gelar juara,” sambungnya.

Sementara itu, Indonesia dan Thailand akan berjumpa dalam babak penyisihan grup pada Rabu (04/01/23) nanti. 


2. Respons Shin Tae-yong Soal Hasil Drawing Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sempat bingung karena Indonesia berada di pot ketiga untuk drawing Piala AFF 2022. Padahal sebelumnya, skuad Garuda jadi runner up di 2020 lalu.

Timnas Indonesia menempati pot tiga bersama Singapura. Pot pertama ditempati juara bertahan Thailand dan Vietnam, sedangkan pot kedua dihuni Malaysia dan Filipina.

Sedangkan pot empat diisi Myanmar dan Kamboja. Adapun pot kelima dihuni Laos dan pemenang babak kualifikasi yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste. 

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham," kata Shin Tae-yong. 

"Saya berpikir kita di posisi pot satu. Kaget di pot tiga. Tapi mau kita pot tiga pot dua atau pot satu, kita harus siapkan tim dengan baik agar hasil jadi baik," lanjutnya.

Baca selengkapnya: Kaget dengan Pot Drawing Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Waspadai Semua Tim Grup A

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini