x

Piala AFF 2022: Jumpa Thailand, PSSI Usung Misi Balas Dendam Pakai Jordi Amat Cs

Selasa, 30 Agustus 2022 20:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Usai memberikan wejangan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan berfoto bersama pemain Timnas Indonesia U-19. Foto: Triyoga Sandi Pamungkas/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Hasil drawing Piala AFF 2022 menempatkan timnas Indonesia di Grup A, Selasa (30/8/22). Skuad Garuda akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi (Brunei Darussalam atau Timor Leste).

Hasil drawing tersebut akan mengulang final Piala AFF edisi sebelumnya, di mana Indonesia juga bertemu Thailand. Potensi duel seru mencuat. 

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan timnas Indonesia siap menghadapi ajang bergengsi antar negara Asia Tenggara tersebut. Dia ingin pasukan Shin Tae-yong membalaskan kekalahan di final Piala AFF 2020. 

"Kekuatan semua negara-negara di Asia Tenggara saat ini hampir semua mengalami perkembangan," buka Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan. 

Baca Juga

"Kami segrup dengan juara bertahan Thailand, tentu harus membalas kekalahan saat final Piala AFF 2020 lalu dan jangan meremehkan kekuatan negara-negara lain yang di grup A," imbuhnya.

Iwan Bule berharap Shin Tae-yong segera mempersiapkan skuat, termasuk yang bermain di luar negeri. Untuk pemain lokal, hal itu bukan masalah besar mengingat kompetisi Liga Indonesia sudah bergulir. 

Baca Juga

PSSI juga berniat menggunakan Piala AFF 2022 sebagai ajang pemanasan timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023 nanti. 

"Saya berharap Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik dari Liga 1 dan kompetisi luar negeri. Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023," tutur Ketum PSSI.


1. Pakai Naturalisasi

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

PSSI akan mengusahakan agar para pemain yang dari luar negeri, termasuk dua calon naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh ikut beraksi di Piala AFF 2022. 

Baca Juga

"Formatnya Home away. Insya Allah kalau Desember anak-anak kita yang naturalisasi sudah bisa gabung. Insya Allah saya targetkan mereka bisa menang di AFF 2022," tandas Iwan Bule. 

Baca Juga

Piala AFF 2022 dijadwalkan mulai bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand.


2. Pembagian Grup Piala AFF 2022

Piala AFF 2022.

Grup A

Thailand
Filipina
Indonesia
Kamboja
Brunei/Timor Leste

Grup B

Vietnam
Malaysia
Singapura
Myanmar
Laos

PSSIThailandTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaIwan BuleBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini