x

5 Pemain Naturalisasi yang Bakal Bela Timnas Indonesia vs Curacao: Vietnam Ketakutan Dengar Nama Ini

Selasa, 30 Agustus 2022 15:16 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Latihan Timnas Indonesia di Stadion Persib. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain naturalisasi yang kemungkinan dipanggil Shin Tae-yong membela Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday September 2022.

Sebagaimana diketahui, di FIFA Matchday September 2022, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong dijadwalkan bakal bentrok melawan Curacao.

Baca Juga

Duel Timnas Indonesia vs Curacao rencananya berlangsung dalam dua leg. Laga pertama akan tersaji pada 24 September di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sementara leg kedua digelar 27 September di Jakarta International Stadium (JIS).

Kemenangan wajib didapatkan oleh skuat Garuda Senior demi mendongkrak ranking FIFA yang kini tertahan di posisi 155 dunia. Tidak hanya itu, duel kontra Curacao juga sebagai persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023 mendatang.

Baca Juga

Menang atas tim yang bertengger di peringkat ke-84 dunia tentu bukan hal mudah bagi Shin Tae-yong. Oleh sebab itu, ia perlu mendapatkan tambahan amunisi pemain naturalisasi.

Berikut lima pemain naturalisasi yang kemungkinan dipanggil membela Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday:

1. Mark Klok

Hasil buruk Persib Bandung di Liga 1 2022-2023 sepertinya tidak akan mempengaruhi Shin Tae-yong untuk ogah memanggil Mark Klok.

Baca Juga

Gelandang berdarah Belanda ini masih cukup tangguh di lini tengah. Ia dipercaya tampil sebanyak tujuh laga di Liga 1 2022-2023 dengan mengoleksi satu gol dan satu assist.
 
Mark Klok juga sempat membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2022 di Vietnam beberapa waktu lalu.


1. 2. Jordi Amat

Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

Shin Tae-yong sedikit bernafas lega karena roses naturalisasi dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh telah disetujui Komisi III DPR RI pada Senin (29/08/22) kemarin.

Hal ini membuat Timnas Indonesia kemungkinan sudah bisa memakai jasa Jordi Amat di FIFA Matchday kontra Curacao.

Baca Juga

Jordi Amat mengatakan sangat senang karena urusan naturalisasi mereka menemui kejelasan, setelah sebelumnya berkasnya tertahan karena DPR sedang masa reses.

"Buat saya hari ini kami berdua hadir jadi kami senang, jadi terima kasih atas undangannya," kata Jordi lewat virtual.

Baca Juga

3. Sandy Walsh

Hal senada juga diungkapkan Sandy Walsh, apalagi dia sudah cukup lama ingin jadi WNI. Pemain asal Belanda itu sudah menanti sejak 2019 lalu, bahkan sempat bertemu dengan eks Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

"Terima kasih buat semuanya atas waktu dan kesempatannya. Saya senang dan bangga untuk mewakili bangsa Indonesia dan akhirnya dapat kesempatan ini, jadi saya senang bertemu kalian," ujar Sandy Walsh.

Baca Juga

"Saya bisa bicara bahasa indonesia sedikit," tuturnya menambahkan.

Kehadiran Jordi Amat dan Sandy Walsh tentu akan menambah kuat Timnas Indonesia senior. Pasalnya, kedua pemain ini sudah memiliki pengalaman hebat bermain di kompetisi Eropa.


2. 4. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly saat bermain di J. League

Stefano Lilipaly diprediksi akan kembali mendapatkan panggilan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia senior.

Bukan tanpa alasan, ia baru saja tampil gemilang bersama Borneo FC di Liga 1 2022-2023. Dari tujuh penampilan, pemain berdarah Belanda ini menyumbang satu gol dan tiga assist.

Berkat penampilan Stefano Lilipaly, Borneo FC kini menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 18 poin.

5. Lee Yu-jun

Pemain terakhir yakni gelandang milik Madura United bernama Lee Yu-jun. Pemain naturalisasi berdarah Korea Selatan ini baru saja mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) setelah tinggal selama enam tahun di Tanah Air.

Kabar tersebut sempat membuat media Vietnam semakin ketakutan karena skuat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong bakal semakin solid.

"Lee Yu-jun akan ditambahkan ke Timnas Indonesia dan menjadi murid Shin Tae-yong. Jika semuanya berjalan lancar, Lee Yu-jun dapat sepenuhnya bermain untuk Indonesia di Piala AFF," tulis Soha.vn.

Baca Juga
FIFAStefano LilipalyNaturalisasiTimnas IndonesiaTim Nasional CuracaoSandy WalshMarc KlokShin Tae-yongJordi AmatLee Yu-Jun

Berita Terkini