x

3 Kutukan Legendaris di Piala Dunia, Prancis dan Brasil Wajib Waspada!

Rabu, 12 Oktober 2022 21:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga kutukan legendaris yang ada di ajang Piala Dunia jelang bergulirnya Piala Dunia 2022 di Qatar November mendatang.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1930, Piala Dunia selalu menghadirkan kisah unik dalam setiap penyelenggaraannya.

Baca Juga

Kisah unik ini terbilang beragam. Dari serba-serbi perjalanannya, hingga kutukan yang menghantui Piala Dunia sejak pertama kali dihelat.

Salah satu kutukan yang melegenda adalah kutukan Timnas Inggris. Tim berjuluk The Three Lions ini disebut-sebut dikutuk setiap mengikuti Piala Dunia.

Timnas Inggris mendapat kutukan tak akan pernah menjuarai ajang empat tahunan tersebut selamanya, usai menjadi juara pada edisi 1966 silam.

Baca Juga

Kutukan tersebut tercipta saat Jerman Barat tumbang di tangan Timnas Inggris pada final Piala Dunia 1996 yang digelar di tanah Ratu Elizabeth tersebut.

Usai tumbang di babak final dari tuan rumah, Jerman Barat dirumorkan mengutuk Timnas Inggris tak akan bisa menjuarai Piala Dunia lagi, alias Piala Dunia 1966 itu menjadi gelar terakhir The Three Lions.

Entah nyata atau tidak, kutukan itu ternyata berbuah hasil. Sejak Piala Dunia 1966, Timnas Inggris tak pernah lagi menjadi juara Piala Dunia.

Baca Juga

Alih-alih menjadi juara, Timnas Inggris bahkan kesulitan untuk menembus final di setiap partisipasinya pada ajang empat tahunan tersebut, berbanding terbalik dengan Jerman yang bisa menjadi juara.

Nyatanya, kutukan Timnas Inggris itu bukanlah satu-satunya kutukan di Piala Dunia. Masih ada kutukan lainnya yang menghantui jelang Piala Dunia 2022. Apa saja kutukan itu?


1. Kutukan-kutukan di Piala Dunia

Prancis mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

1. Kutukan Juara Bertahan

Salah satu kutukan paling melegenda di Piala Dunia adalah kutukan yang menghampiri sang juara bertahan di edisi selanjutnya.

Percaya atau tidak, dalam gelaran Piala Dunia, banyak juara bertahan yang tak bisa lolos dari fase grup Piala Dunia edisi selanjutnya.

Baca Juga

Sebagai contoh, Spanyol yang juara Piala Dunia 2010 malah terhenti di babak grup Piala Dunia 2014. Lalu Jerman yang juara di Piala Dunia 2014 malah terhenti di babak grup Piala Dunia 2018.

Hal ini tak ayal menghantui Prancis sebagai kampiun Piala Dunia 2018. Namun kutukan ini bisa saja patah di Piala Dunia 2022 andai Les Bleus bisa menang atas Australia, Denmark, dan Tunisia.

2. Kutukan Pelatih

Piala Dunia pun juga menghadirkan kutukan lainnya untuk setiap pelatih yang menukangi negara-negara partisipan ajang ini.

Percaya atau tidak, sejak Piala Dunia 1930 pelatih yang berhasil membawa negaranya juara Piala Dunia adalah pelatih lokal atau pelatih asal negara tersebut.

Baca Juga

Dengan kata lain, tak ada pelatih asing yang pernah mengantarkan negara yang bukan asalnya menjuarai Piala Dunia.

Padahal, di Piala Dunia sendiri banyak kontestannya yang menggunakan jasa pelatih asing atau pelatih yang berasal dari luar negaranya.


2. Kutukan Lainnya

Aksi selebrasi pemain Brasil atas Paraguay dengan skor 4-0 tanpa balas ada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, Rabu (2/2/2022)

3. Kutukan Ranking 1 FIFA

Kutukan lainnya menyangkut nasib Brasil jelang Piala Dunia 2022, yakni kutukan bagi penghuni peringkat 1 di ranking FIFA.

Sejak perhelatan Piala Dunia 1950 silam, negara yang menduduki ranking 1 FIFA tak pernah keluar sebagai juara Piala Dunia.

Baca Juga

Saat ini, ranking 1 FIFA sendiri dipegang oleh Brasil yang menduduki posisi teratas dengan raihan 1841,3 poin, unggul atas Belgia dan Argentina di tempat kedua dan ketiga.

Akankah Brasil bisa memutuskan kutukan ini? Mengingat saat ini Selecao dihuni oleh para pemain bintang yang punya kiprah individu mentereng.

BrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022Timnas InggrisTim Nasional PrancisTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini