x

Kylian Mbappe ke Liverpool, Mohamed Salah Auto Siaga Tiga!

Rabu, 12 Oktober 2022 14:54 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Prancis Kylian Mbappe beraksi dengan Luka Modric dari Kroasia REUTERS-Gonzalo Fuentes

INDOSPORT.COM – Bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, ke raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, pada bursa transfer buat Mohamed Salah auto siaga tiga.

Sebelumnya, dunia sepak bola internasional dikejutkan dengan berita keretakan hubungan antara Kylian Mbappe dengan Paris Saint-Germain.

Baca Juga

Kylian Mbappe sejatinya baru saja melupakan tawaran Real Madrid dan memperpanjang masa baktinya di Paris pada bursa transfer musim panas ini.

Mbappe dikabarkan merasa ‘terkhianati’ dengan perlakuan PSG padanya sehingga rumor pria berusia 23 tahun tersebut untuk angkat kaki Januari mendatang segera merebak ke jagat maya.

Marca menyebutkan bahwa Liverpool, yang sudah memantau Mbappe sejak lama, dikabarkan merupakan ‘satu-satunya klub yang bisa menampungnya’.

Baca Juga

Sementara itu, menurut Foot Mercato, PSG dikabarkan meminta harga senilai 400 juta euro atau sekitar 5,97 triliun rupiah untuk menjual Mbappe di Januari nanti.

Namun, dalam hal gaji, Marca mengeklaim bahwa Mbappe tidak masalah gajinya dipotong asal bisa cabut dari Paris Saint-Germain.

Meskipun Liverpool menginginkan Mbappe, tetapi mewujudkan kesepakatan tersebut di Januari tampaknya bakal begitu rumit.

Baca Juga

Akan tetapi, seandainya Kylian Mbappe fix berlabuh ke Old Trafford, Mohamed Salah pastinya langsung auto siaga tiga.


1. Alasan Mbappe Bisa Bikin Salah Keringat Dingin

Selebrasi pemain Liverpool Mohamed Salah usai mencetak gol ke gawang Fulham di Liga Inggris, Minggu (06/08/22). Foto: Reuters/Peter Cziborra

Seperti yang diketahui, Mohamed Salah tampil melempem bersama Liverpool di musim 2021/2022 ini. Meskipun demikian, pemain asal Mesir itu tetap saja menjadi langganan starter.

Tidak memiliki pengganti yang sepadan tampaknya menjadi alasan utama mengapa Jurgen Klopp ogah menepikan megabintangnya tersebut.

Baca Juga

Selain itu, Salah setidaknya butuh pesaing yang bisa membuatnya ketar-ketir jika sampai terpinggirkan di bangku cadangan.

Normalnya, seorang pemain bisa saja tampil dengan menunjukkan kemampuan terbaiknya jika tahu pada pertandingan berikutnya mereka bakal starter lagi meskipun bermain buruk.

Dengan demikian, kedatangan Kylian Mbappe bisa benar-benar mengancam tempat utama Mohamed Salah mengingat keduanya sama-sama berposisi sama di winger kanan. Berikut perbandingan statistik kedua pemain.

Baca Juga

Shooting

Sebagai seorang penyerang, tentu memiliki kemampuan shooting yang apik adalah sebuah keharusan. Berikut perbandingan akurasi tembakan kedua pemain pada musim ini: Kylian Mbappe (48,7%) dan Mohamed Salah (30,4%).

Statistik tersebut jelas lebih baik bagi Kylian Mbappe padahal jumlah tembakan on target Mbappe (19) lebih banyak ketimbang Salah (7).

Sementara, dari 19 tendangan yang mengarah ke gawang, Mbappe mampu membukukan delapan gol, sedangkan Salah hanya dua gol saja dari tujuh tembakan on target.

Baca Juga

Tentu pastinya Salah auto keringat dingin jika Mbappe sampai berlabuh ke Anfield Stadium sebab peluangnya menjadi starter menjadi menipis.


2. Passing

Pemain Liverpool Mohamed Salah memegang trofi Playmaker dan Golden Boot. Foto: REUTERS/Phil Noble

Passing adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pesepak bola. Terlebih lagi, mengumpan adalah teknik kunci dalam menjalankan sebuah sistem.

Logikanya, demi mencetak sebuah gol, para pemain harus bisa mengalirkan bola ke depan. Dengan kata lain, setiap pemain harus punya akurasi passing yang bagus dahulu baru kemungkinan terciptanya gol jauh lebih tinggi.

Baca Juga

Berikut statistik akurasi umpan kedua pemain musim ini: Kylian Mbappe (83,9%) dan Mohamed Salah (77,8%).

Di hal ini, akurasi umpan pun Mbappe jauh lebih unggul yang berarti Salah serasa kurang bernilai dan berpotensi bisa jadi menghuni bangku cadangan terus-terusan.

Pressing

Di era sepak bola modern, pressing sudah lumrah diberlakukan oleh klub top Eropa. Tentu, mempunyai pemain yang mau melakukan pressing adalah keunggulan tersendiri.

Selain itu, penyerang tentu juga dituntut untuk bisa melakukan hal ini sebab pertahanan pertama dimulai dari striker.

Berikut statistik pressing yang membuat lawan sampai kehilangan bola: Kylian Mbappe (31%) dan Mohamed Salah (26,6%).

Namun, poin positifnya adalah Salah jauh lebih rajin melakukan pressing (64) ketimbang Mbappe (58) meskipun persentase pressing yang membuat lawan kehilangan bola lebih banyak dipegang oleh pria berusia 23 tahun tersebut.

Dribble

Kemampuan ini pastinya harus dimiliki oleh setiap penyerang sayap. Keterampilan itu dibutuhkan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan atau melakukan penetrasi masuk ke dalam demi mencetak gol.

Berikut statistik dribble sukses yang dibuat kedua pemain: Kylian Mbappe (37%) dan Mohamed Salah (57,1%).

Di sini jelas terlihat Salah keliatan jauh lebih baik dalam melakukan dribble. Namun, pria asal Mesir itu pastinya harus sadar diri sebab sang pemain hanya unggul dalam melakukan hal ini daripada Mbappe.

Dengan demikian, dengan modal memiliki akurasi shooting dan umpan, serta kemampuan pressing yang lebih baik, Mbappe pastinya sangat bisa membuat Mohamed Salah auto siaga tiga jika nantinya datang ke Anfield Stadium.

LiverpoolParis Saint-GermainMohamed SalahLiga Primer InggrisLiga InggrisKylian MbappeOne Football

Berita Terkini